Planet Wasp-18b Exoplanet sudah panas tapi besar


Science | 2 October 2014

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas. Posisinya sangat dekat dengan bintang induknya dan mengorbit hanya 23 jam setiap hari

Jarak planet Wasp-18b berada 330 tahun cahaya, sama seperti planet kita memiliki sebuah bintang induk. Hanya planet Wasp-18b berukuran 10x dari masa Jupiter alias planet bongsor. Orbit planet ini begitu ketat, mungkin umurnya tidak akan lama. Peneliti memperkirakan planet ini akan dihancurkan oleh bintang induknya dalam 1 juta tahun ke depan.

Umur matahari yaitu sekitar 5 miliar tahun. Sedangkan bintang di tata surya Wasp-18 diperkirakan baru berusia antara 500 juta sampai 2 miliar tahun. Jadi bintang ini masih sangat aktif. Nasib planet Wasp-18b menganggu gravitasi maagnit bintang ditengah. Seperti bulan dan bumi saling tarik menarik dan menimbulkan pasang laut ketika bulan purnama. Tapi yang ini skalanya lebih besar.

Dibawah ini ilustrasi artis posisi keduanya.


Berita terkait
Live jam 7 Malam, waktu WIB. Planet Merkurius dengan suhu ekstrem, dari 430 deg.C dan anjlok malam hari -180 deg.C. Satu hari 58 hari waktu bumi, orbit setahun 88 hari ke matahari. Pesawat Messenger terakhir di Merkurius 2015, video planet Merkurius. Bercak merah adalah sejarah adanya gunung berapi

Inlah penyebab mengapa bintang sedang menjadi ukuran raksasa. Ketika gugus bintang dapat mencapai jumlah 1 juta bintang. Sebagian besar bintang lahir dalam periode yang sama. Uniknya bintang di  Large Megallanic Cluster muncul bintang besar dan usianya muda. Mengapa bintang tersebut ada disana. Peneliti memberi 2 pendapat.



Update dugaan planet X ditemukan, diberi nama VG18, memiliki orbit ekstrem dan masuk dengan orbit Trans Neptunus. Planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total tidak jelas ada berapa planet yang mengorbit ke di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet.

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.



Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.

Mencari planet di sebuah bintang tidak perlu peralatan canggih, seperti teleskop ruang angkasa atau teleskop besar. Bisa mengunakan camera DSLR. Caranya diberikan oleh IEEE Spectrum David Schneider, yang penting punya tele lensa dan alat tracking.

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.
< /body>