Messier 11 atau Wild Duck Cluster bukan foto bebek tapi kelompok bintang


Science | 2 October 2014

Teleskop Southern Observatory Eropa di La Sillar Chile mengabadikan foto dari lokasi Messier 11 atau NGC 6705 atau nama lain Wild Duck Cluster. Bukan bebek, tapi kelompok bintang yang sangat kompak. Jaraknya tidak jauh, hanya 6000 tahun cahaya

Kelompok bintang atau Cluster Stellar membentuk sudut segitiga atau disamakan dengan formasi kawanan bebek yang sedang terbang. Cluster Stellar terbentuk dalam kelompok bintang, mereka lahir pada waktu bersamaan dan terbentuk dari gas yang sama.

Lokasi Wild Duck Cluster berada di konstelasi Scutum, salah satu tempat dimana begitu kaya bintang dan sekitar 3000 bintang berada dalam bentangan radius 20 tahun cahaya. Seandainya kita hitung, 20 tahun cahaya berisikan 8000 tahun tahun cahaya persegi. Bila Bumi berada disana, mungkin sekitar 1-2 tahun cahaya akan ada satu bintang disana. Cahaya bintang akan terlihat sangat dekat dan terang.

Kebanyakan cluster seperti ini berada di bagian lengan sebuah galaksi. Atau bagian padat galaksi yang tidak beraturan dan terus terjadi pembentukan bintang baru. Akhirnya bintang tersebut terlepas tapi tertarik dan membentuk kelompok sendiri.

Kelompok bintang di Wild Duck Cluster setidaknya sudah terbentuk 250 juta tahun, kemunginan akan memecah dalam beberapa juta tahun kedepan. Penemuan cluster bintang ini ditemukan oleh astronom Jerman Gottfried Kirch, itupun ditemukan pada tahun 1681. Ketika itu Kirch melihat gumpalan yang kabur di teleskop. Sampai pada tahun 1733 akhirnya bintang tersebut mulai terlihat berbeda seorang pendeta yang jua astronom William Derham dari Inggris tahun 1764 Charless Messier memasukan ke dalam katalognya dengan nama Messier 11. atau M11.

Untuk mengintip tempat ini, akan terlihat sangat samar bila mengunakan teleskop kecil. Tetapi dapat diamati dengan teleskop ukuran 8 inch atau lebih besar dan bisa melihat titik cahay kecil seperti berlian. Nah kalau foto yang dibawah ini mengunakan teleskop 86 inch atau 2,2 meter dari ESO di La Sillar, barulah semua benda tersebut terlihat jelas.

Messier 11 Wild Duc Cluster foto kumpulan bintang

Berita terkait
Presiden Obama sempat berbagi di akun Twitternya. Bukan urusan politik tapi sebuah gambar tentang tempat dimana terdapat sekumpulan bintang di planet Bima Sakti. Foto diambil oleh teleskop Hubble.

23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.



Letak galaksi M60-UCD1 dengan ukuran 1/500 dari galaksi Bima Sakti. Galaksi ini memang kecil dengan bentangan sekitar 300 tahun cahaya saja. Di Bumi setiap malam hanya ada 4000 bintang, disana 1 juta bintang sangat padat.

Galaksi Sparky teerlihat seperti galaksi yang baru terbentuk. Menurut astronom, galaksi ini mulai terbentuk sejak 11 miliar tahun lalu. Tapi galaksi Sparky adalah pabrik bintang raksasa. Berdasarkan pengamatan teleskop, disana terbentuk 300 bintang setiap tahun karena padat

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.




No popular articles found.
< /body>