Bagaimana reaktor nuklir bekerja


Kategori : Technology | Date : 2 October 2014
Dari video BBC menceritakan bagaimana cara kerja reaktor nuklir

Seperti memasak air, uap panas akan mengalir naik dari ketel, tekanan dari ketel dialirkan ke turbin pembangkit. Seperti pembangkit tenaga uap, sebuah boiler dimasukan air dan dipanaskan. Dari panas menghasilkan uap bertekanan tinggi dan mendorong mesin turbin listrik.



Demikian cara kerja reaktor nuklir. Air dipanaskan dengan tungku reaktor nuklir. Air dipanaskan sampai suhu 300 derajat lebih. Di bagian dalam reaktor terdapat dimasukan palet uranium seperti dibawah ini. Ketika uranium bereaksi, mereka akan terpisah dengan cepat dalam bentuk atom. Ketika atom begitu cepat terpental akan menghasilkan panas disekitar. Penyebabnya dari neutron yang terpisah



Ukuran planet plutonium



Tentu saja cara kerja reaktor nuklir tidak seperti memasak air di dalam ketel. Saat ini sekitar 450 reaktor nuklir di 30 negara dibangun untuk menghasilkan listrik. Reaktor nuklir memiliki radiasi yang membahayakan, dan dibuat tertutup. Video lengkap tentang cara kerja reaktor nuklir dari BBC dibawah ini.


Berita terkait
Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.

Bagaimana reaktor fusi nuklir bekerja. Mengapa lebih aman dan menjadi energi masa depan.Reaktor fusi nuklir Wendelstein 7-X di  Jerman, dan reaktor ITER rampung 50 persen. Mengapa fusi nuklir sangat penting, atau harapan energi. China EAST berhasil membuat matahari buatan dan 5x lebih panas, biayanya hanya 5% reaktor barat



China Manned Space Agency mempublikasikan modul stasiun ruang angkasa berawak China. Penyusunan ruang angkasa berawak pertama akan dimulai tahun 2020.  Pertama diberangkatkan dengan roket Heavy Long March 5B, modul lain menyusul dengan membawa astronot untuk merakit. China mengundang para ilmuwan dan melakukan percobaan sendiri di stasiun ruang angkasa Tianhe.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak, bagaimana kehidupan tanpa manusia disana. Sekarang sedang ditutup dengan plat baja berbentuk kubah. Itu kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Selesai ditutup dan dilupakan sampai ditemukan teknologi baru.

Teknik umum menyambung dua metal adalah di solder atau di las. Dibutuhkan panas, dan satu bagian atau dua bagian akan dirusak. Lem metal ke metal MesoGlue bentuknya seperti lem, dapat merekatkan bagian metal ke metal. Termasuk menyambung pipa, pendingin heatsink ke CPU bahkan bahan kaca.

Video ini direkam di pabrik KPZ yang mengkhususkan untuk memproduksi baut ukuran besar. Satu video ini memperlihatkan teknologi membuat baut tanpa perlu waktu lama untuk menjadi sebuah sekrup seberat 2,6 ton. Proses awal dimulai dengan pembakaran besi menjadi lunak, dan tekniknya sama seperti menempa.



Perusahaan Lafarge Tarmac menyediakan solusi konstruksi. Mengembangkan beton beronga yang dapat menyerap air. Satu menit dapat menyerap air sampai 4000 liter. Bagaimana cara kerja beton diatas jalan ini bisa menghilangkan air, dan membuat permukaan jalan selalu kering.

Osram perkenalkan teknologi optik sensor SFH 7060 untuk mengukur denyut nadi dan tingkat level oksigen. Alat berbentuk sensor kecil dapat dipasang seperti smartwatch atau armband

Samsung dan Samsonite bekerja sama membuat koper pintar atau Smart Luggage. Tas akan dipasang alat GPS dan melaporkan data lokasi ke smartphone. Bahkan bisa check in sendiri di Airport.

Dalam 10 tahun kedepan reaktor fusi nuklir hanya seukuran truk saja. Kontraktor pertahanan Amerika Lockheed Martin membuat terobosan baru di bidang nuklir dan bentuk prototipe akan dibuat dalam 5 tahun kedepan. Unit yang berfungsi nantinya siap digunakan tahun 2024.

Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah. Bahan thorium lebih banyak dibanding uranium, biaya perawatan murah. Skala kecil dengan biaya 1000 dollar menyalakan 10 rumah seumur hidup

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron




No popular articles found.