Bintang Canum Venaticorum kecil tapi kilatan cahaya sangat panas


Kategori : Science | Date : 1 October 2014
23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga dari matahari tapi masih aktif

Stephen Drake astrofisikawan dari Nasa mengatakan tentang superflare tersebut. Kalau dihitung , kekuatan panasnya mencapai 200 juta deg C, 12x lebih panas dari kilatan matahari yang pernah tercatat oleh manusia.

Kejadian superflare ini terjadi di bintang biner yang disebut DG Canum Venaticorum (DG CVN) dengan jarak 60 tahun cahaya dari bumi. Bintang kembar di tata surya tersebut hanya memiliki ukuran sepertiga dari matahari, dan terlihat cahayanya masih redup. Keduanya saling mengorbit dengan jarak hanya sepertiga dari jarak bumi ke matahari. Peneliti tidak mengetahui bintang yang mana yang mengeluarkan cahaya sangat kuat.

Secara umum di radius terjauh sampai 100 tahun cahaya dari bumi. Bintang yang ada memiliki ukuran seperti matahari dan baru berusia separuh. Selain ukuran cukup besar, sekitar seribuan bintang memiliki ukuran kecil dengan warna merah muda. Peneliti memperkirakan bintang DG CVN ini umurnya masih sangat muda, baru terbentuk 30 juta tahun. Jadi baru 0.7 persen dari usia tata surya kita dan masih sangat aktif. Tingkat kecerahan bintang terditeksi oleh satelit Swift dengan tingkat 10-100x, dan diukur dengan sensor X-Ray.

Gambar ilustrasi dari NASA dengan bintang DG Canum Venaticorum

The star DG Canum Venaticorum

Mungkin pernah ingat ketika matahari mengeluarkan kilatan kelas X pada bulan November 2003 dan mencapai skala X.45. Tapi disana mencapai 10.000x lebih besar bahkan diperkirakan harus dimasukan dengan skala X.100.000.

Peneliti memperkirakan penyebab bintang kecil ini memiliki letupan cahaya sangat besar. Karena putaran bintang yang begitu cepat menjadi bahan penting dari medan magnit. Bintang ini berputar sangat cepat hanya 1 kali rotasi setiap hari atau 30x bahkan lebih dari putaran matahari. Mungkin matahari kita juga seperti itu ketika masih berusia muda. Beruntung bagi kita, saat ini matahari sudah stabil.


Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang neutron terbesar PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari matahari. 2 bintang GW170817 neutron bertabrakan melontarkan jet dengan 4x kecepatan cahaya.

Bintang K2-239 diperkirakan disana terdapat 3 planet, bahkan ketiga planet memiliki ukuran seperti Bumi. Dan besarnya tidak jauh berbeda dengan Bumi. Bintang K-240 juga ditemukan 2 planet seperti bumi dengan permukaan batuan, diperkirakan 2 planet tersebut memiliki ukuran 2x lebih besar dari Bumi.

Setiap tingkat dibagi dalam skala logaritmik dari 1-9. Misalnya A.9 atau X.1. Tetapi hanya di tingkat X memiliki pengukuran paling kuat. X2 memiliki kekuatan dua kali dari X1. September 2017 matahari kembali memancarkan kilatan atau monster flare



Ada cerita bintang Scholz bermasa rendah dahulu pernah melintas di tata surya kita. ESA menghitung ada berapa banyak bintang lain akan melintas dekat ke tata surya. Sekitar 16 cukup dekat dan satu bintang mungkin menganggu orbit awan Oort, dan mengeser batuan es menjadi komet di Bumi.

Mengapa nama planet disebut Kepler, Koi, Hat, Wasp dan lainnya. Demikian juga nama bintang bisa berbeda beda karena dinami dari nama kuno dan nama modern. Dahulu mengunakan nama rasi bintang atau nama binatang. Semakin banyak bintang dan galaksi ditemukan bintang dipisah menjadi 2 bagian. Sedangkan nama Galaksi dibuat dari sudut temuan

Bintang Luminous blue variables (LBV) jarang ada di galaksi kita, tapi yang ini tampak. Bahkan teleskop tidak dapat melihat ukuran bintang ini, karena cahayanya begitu terang. Salah satu bintang adalah AG AG Carinae, nasibnya tidak lama lagi dan bintang ini akan mati

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.



Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.

40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru

Teleskop NuStar dirancang untuk mencari informasi lubang hitam. Tapi secara tidak sengaja menemukan hal berbeda. NuStar menemukan energi X-Ray sangat tinggi dari sebuah pulsar, tercatat sebagai radiasi paling tinggi yang pernah ditemukan di ruang angkasa.

Teleskop Southern Observatory Eropa di La Sillar Chile mengabadikan foto dari lokasi Messier 11 atau NGC 6705 atau nama lain Wild Duck Cluster.  Kelompok bintang atau Cluster Stellar membentuk sudut segitiga atau disamakan dengan formasi kawanan bebek yang sedang terbang.

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.



Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A

Teleskop di Chili menelaah sebuah bintang kuning yang pernah di abadikan saat ini ternyata kembar. Menjadi bintang kuning terbesar yang pernah di abadikan. Bintang HR 5171 A memiliki jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi.


No popular articles found.