Air di Bumi mungkin lebih tua dari tata surya kita sendiri


Kategori : Science | Date : 26 September 2014
Air di Bumi menutup sampai separuh permukaan. Dari mana datangnya air ke Bumi. Air mungkin bukan dibawa oleh meteor sendiri ketika dimulainya pembentukan Bumi. Mungkin air sudah lebih dahulu ada sebelum matahari terbentuk. Alasannya sederhana, hampir disebut planet terkandung air.

Tapi bentuknya tidak seperti di Bumi dalam bentuk cairan H2O, melainkan es. Karena hanya Bumi dan Mars yang memungkinkan air dalam bentuk cairan. Tetapi di Mars mengalami masalah, kandungan atmofer disana terlalu tipis. Ilmuwan mengatakan air di Mars mungkin sudah menguap sejak ratusan ribu tahun lalu.

Lalu dari mana datangnya air untuk kehidupan ini. Ketika galaksi mulai terbentuk, seperti Matahari terbentuk dari nebula atau digambarkan sebagai debu dan gas yang mengambang di ruang hampa. Kepadatan nebula meningkat, gravitasi di tengah akhirnya runtuh kedalam dan membentuk sebuah bola gas. Ketika bola gas terus mendingin, bagian tengah semakin padat dan meningkatkan putaran. Gas dan materi dari nebula dan sekitarnya akhirnya berbentuk cakram pipih  dan berputar ke dalam tarikan gravitasi bintang

Disc ini disebut akresi atau protoplanet. Sebagai gas di tengah mulai stabil jadilah sebuah bintang dewasa.  Sisanya dari materi debu yang padat menjadi planet yang terbentuk dari bebatuan dan asteroid. Semua perlahan tertarik oleh gravitasi matahari lalu berputar mengorbit seperti sekarang ini.

Menjadi pertanyaan, apakah air sudah ada di gas nebula tersebut dan jauh sebelum matahari mulai menyala. Atau kelahiran tata surya yang miliaran tahun lalu juga menjadi cikal bakal munculnya air di sekitar tata surya. Apakah penting mempelajari asal mula air, peneliti mengatakan cukup penting karena dapat memperkirakan tata surya lain dalam pencarian Exoplanet. Atau bisa saja di planet lain memang memiliki kehidupan seperti di bumi.

Ilustrasi pembentukan tata surya.

Ilustrasi pembentukan tata surya dengan sumber air

Peneliti  Conel M  Alexander melakukan simulasi temuan kimia di tata surya, memiliki dari 2 jenis air. Air biasa dengan kandungan hidrogen dan air berat dengan kandungan isotop deuterium. Air kedua dengan nama Heavy ini berbeda dengan atom hidrogen biasa ditemukan di batuan meteor. Air jenis deuterium sering ditemukan pada komet dibanding di lautan, sedangkan di ruang angkasa lebih banyak ditemukan jenis air deuterium karena kondisi dingin. Kesimpulannya bisa saja air memang terkandung di tata surya lain. Karena air (dalam bentuk berbeda) lebih tua dari umur matahari kita sendiri. Dan air deuterium mungkin sudah ada di beberapa planet, termasuk usia air sebenarnya lebih tua dari tata surya kita sendiri.

Air Deuterium Oxide adalah jenis air berat. Memiliki molekul H20 Light Water vs D20 Heavy Water. Memiliki kandungan isitop deuterium hidrogen atau dikenal dengan heavy hidrogen.

Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air.

Mengapa nama planet disebut Kepler, Koi, Hat, Wasp dan lainnya. Demikian juga nama bintang bisa berbeda beda karena dinami dari nama kuno dan nama modern. Dahulu mengunakan nama rasi bintang atau nama binatang. Semakin banyak bintang dan galaksi ditemukan bintang dipisah menjadi 2 bagian. Sedangkan nama Galaksi dibuat dari sudut temuan



Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Ahli astronomi memperkirakan dahulunya bintang ini memiliki kembaran dengan ukuran lebih kecil dan bergabung. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse diabadikan dengan resolusi tinggi, dipublikasikan 26 Juni 2017 oleh ESO

Seandainya matahari menghilang satu detik saja. Apa yang terjadi dengan kita. Bagaimana tata surya terlindung dari ruang antar bintang. Matahari memiliki pancaran angin yang membentuk gelembung dan melindungi planet

Ratusan tahun lalu hanya sebatas teori, sekarang teori tersebut mulai terungkap. Tim peneliti LIGO mendapatkan 3 juta dollar. Beberapa teori muncul sekitar 100 tahun lalu. Beberapa teori yang dibuktikan dan menjadi kenyataan saat ini yaitu teori Big Bang, Lensa Gravitasi, dan Gelombang Gravitasi.

Terdapat 2 sabuk asteroid di tata surya dan daerah paling luar. Sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, tapi sabuk asteroid Kuiper dimulai di belakang planet Neptunus, dan terkonsentrasi di belakang planet Pluto. Satu lagi objek terbesar ada di Oort Cloud dengan kandungan batuan es



Sebuah penemuan awan hidrogen yang besarnya 20x lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Tempat ini menjadi awan hidrogen terbesar yang pernah ditemukan. Gas yang ditangkap teleskop membentang seperti saling menghubungkan 3 galaksi yang begitu jauh

Siapa yang mampu minum air murni. Lihat saja rumusnya, H2O nah itulah air murni. Benar benar murni, hanya terdiri dari dua unsur itu saja. Seperti apa rasanya.

Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Bumi mengitari matahari setiap 365 hari, apakah matahari juga mengitari  benda lain. Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak kepinggir galaksi. Lalu sudah berapa kali matahari mengorbit



Pria bisa meminum 3 liter air atau setara 13 cangkir, Wanita sekitar 2,2 liter atau 9 gelas perhari. Tetapi dalam kondisi tertentu seperti panas, olahraga, bisa menambah jumlah minum yang dibutuhkan. Patokan kebutuhan air adalah rasa haus.


No popular articles found.