Pesawat MOM foto pertama dari planet Mars.


Kategori : Science | Date : 24 September 2014
Hari ini pesawat tanpa awak atau probe MOM sudah memasuki orbit planet Mars. Pesawat tersebut bukan milik ESA Eropa atau Nasa Amerika bahkan dari Rusia. Tapi dari India.

Mars Orbiter Mission (MOM) nama aslinya Mangalyaan diluncurkan pada 5 November 2013 oleh Indian Space Reseach Organisation / ISRO. Mungkin lebih tetap disebut satelit atau probe. Membuat negara India sukses mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars.

Sejarah MOM dimulai dari penelitian tahun 2010, setelah India meluncurkan Chandrayaan 1 tahun 2008 ke bulan. Pemerintah India mengesahkan dana 21 juta dollar untuk penelitian dan pengembangan pesawat untuk mengorbit di Mars. Pesawat tersebut menghabiskan dana 25 juta dollar. Pesawat MOM diluncurkan 5 November 2013.

Pesawat ini membawa beberapa instrumen, dibantu dari Nasa yang menyediakan peralatan alat navigasi dan komunikasi dalam mendukung misi ini. Pesawat tersebut hanya memiliki berat 15kg dengan 5 instrumen. Yang akan dipelajari dari atmofer, gas metana, partikel di atmosfer Mars, permukaan dengan thermal dan foto spektrum.



4 gambar diatas diambil dari pesawat MoM di orbit Mars. Foto ini adalah foto pertama, mengambil atmosfer Mars serta permukaan tanah. Ketinggian pesawat MoM milik negara India berada di 7200km dari permukaan tanah planet Mars.

Foto lain dapat dilihat via Indian Space Research Organization (ISRO)

Sebuah satelit Osiris Rex milik Nasa diluncurkan 8 September 2016. Akan melintas ke Bumi untuk Slingshot mengitari matahari. Satelit ini akan mengejar asteroid Bennu. Juni 2018 berhasil melakukan manuver DSM-2.

Setelah mempelajari selama 8 tahun dari planet urutan ke 2 di tata surya kita. Pesawat tanpa awak Peneliti mengatakan ada perbedaan antara Venus dan Bumi. Venus tidak memiliki perisai magnetik seperti Bumi, mungkin inilah yang menyebabkan Venus tidak memiliki lautan.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.



Pesawat tanpa awak Juno menjadi benda buatan manusia tercepat. Hari ini akan terlempar dari gravitasi Bumi untuk mempercepat kecepatan sampai 160 ribu mil perjam. Disiarkan oleh Slooth jam 8 pagi WIB via Youtube


No popular articles found.