DisplayPort Alt Mode mengunakan konektor USB


Technology | 23 September 2014

DisplayPort ikut mendukung konektor USB 3.0 tipe C. Vesa baru mengumumkan bahwa USB 3.0 dibuat untuk konektor DisplayPort sebagai alternatif. Disebut DisplayPort Alt Mode, dapat dilewati data audio dan video. Sehingga USB port tidak terbatas pemanfaatannya sebagai tranfer data saja

Untuk resolusi 4K membutuhkan standar port USB 3.1. Konektor juga mendukung DisplayPort AUX Channel dan HPD atau Hot Plug Detection.

Bagaimana cara kerja kabel DisplayPort dimasukan ke 4 wire kabel USB. Vesa mengatakan,  sebagai contoh satu lane DisplayPort memiliki kecepatan 8.1Gbps per lane. Mengijinkan kabel melakukan simulasi tranfer data melalui SuperSpeed USB sampai 10GBps dari satu arah. Docking dapat dikonfigurasikan dengan protokol DisplayPort untuk mendukung HDMI, VGA atau DVI.

Untuk implementasi awal diperkirakan masih mengunakan teknologi dari DisplayPort 1.2a. Versi ini mendukung sampai 5,4Gbps per lane (dengan SuperSpeed enable 10Gbps).  Untuk mencapai resolusi 3096x2160 dengan 60Hz dan 32Bit color masih memungkinkan mengunakan semua jalur dengan 4 lane.


Berita terkait
USB 3.1 keluar dengan port tipe C. Konektor USB 3.1 memiliki colokan simetris. USB 3.2 Gen menyusul dengan kecepatan 2x2 20Gbps, USB 3.2 Gen2 dan USB 3.2 Gen1 adalah teknologi lama USB 3.0. USB 3.2 akan tampil tahun 2020, dan hanya USB 3.2 Gen 2x2 bekerja di port USB tipe C. Penguna sebaiknya menyiapkan USB PD untuk model 2020.

Kabel USB tipe C kedepan dapat terhubung ke HDMI. Beberapa produk third party atau produk yang dipasarkan secara umum dari produsen lain, tidak bisa charge dengan baik bahkan merusak perangkat smartphone.



LG menyiapkan TV 4K dengan teknologi Triluminos. Memberikan 30% warna lebih baik dibanding TV LED biasa. Warna dihhasilkan dari quantum dot TV akan mendekati kualitas warna gambar TV OLED. Tapi harganya lebih murah.

USB 3.0 Super Speed baru mungkin menghapus perangkat charger. Penampilan demo USB 3.0  memberikan kecepatan antara 5-10Gbps. Semakin cepat walau masih dibelakang Thunderbold, cerita USB 3.0 lebih menjanjikan.

SuperSpeed USB akan memberikan power 100W dengan kecepatan tranfer 10GB/s. Spesifikasi USB baru tersebut kabarnya akan disahkan pertengahan tahun ini. Semua dapat dimasukan kedalam 1 kabel




No popular articles found.
< /body>