Lensa tua yang bagus tapi kita tidak tahu


Kategori : Product | Date : 20 September 2014
Lensa model lama dari Canon mungkin dijual murah. Tapi banyak yang tidak mengetahui kemampuan lensa ini. Dari Canon 28-80 f3.5-5.6 USM, Canon 70-210 f3.5-4.5 USM, Canon 100-300 f5.6 L dan, Canon 100-300 f4.5-5.6 USM serta lensa Prime Canon 24mm f2.8.

Untuk kualitas lensa lama, selain harganya sudah murah tapi kualitas gambar masih bagus. Dapat menjadi alternatif  dengan melihat harga lensa tua yang jauh lebih murah saat ini.Dibawah ini beberapa alternatif model lensa tua buatan Canon.

Lensa Canon 28-80 f3.5-5.6 USM.
Lensa model lama ini dijual dibawah $100. Setelah Canon menawarkan kit lens 28-80mm dan digantikan dengan model baru. Tapi lensa pertama ini yang terbaik. Bukan kemampuan teknologi, tapi di kualitas kaca lensanya yang bagus.



Lensa Canon 70-210 f3.5-4.5 USM
Ini lensa telephoto.Disainnya mirip seperti 70-210mm, termasuk konstruksi, dan kualitas pembuatan. Memiliki motor yang cepat untuk auto fokus. Harganya sekarang di kisaran $100.



Lensa Canon 100-300 f5.6 L
Salah satu lensa klastik Canon tipe L. Pertama kali camera EOS ditawarkan pada tahun 1987. Kelihatan disain bodi lensanya tidak terlalu bagus. Lensa ini memiliki elemen fluorite dan UD. Kualitas gambarnya cukup bagus.



Lensa Canon 100-300 f4.5-5.6 USM


Alternatif lensa 70-201 USM untuk telephoto. Spesifikasi dan disainnya hampir sama. Tapi zoom lensa tua ini lebih jauh. Lensa ini cocok untuk foto kegiatan sport atau di alam terbuka. Sayangnya walau bekas, harganya masih cukup mahal.



Lensa Canon 24mm f2.8
Lensa prime dibuat untuk camera EOS. Bila di pakai ke bodi Full Frame memiliki setting 24mm, dengan bodi APS-C menjadi 36mm. Untuk foto portrait, lensa ini harganya masih terjangkau dengan versi bekas sekitar $200.



Lensa Wide Angle atau sudut lebar umumnya digunakan untuk foto pemandangan, landscape yang membutuhkan pengambilan bidang gambar lebar. Beberapa lensa cukup murah. Walau tidak semuanya tersedia untuk tipe sensor dan mounting. Lensa Wide memiliki satu fungsi untuk mendapatkan foto dengan bidang lebih lebar dibanding lensa biasa.

Lensa Nikon 105mm f/1.4 menjadi lensa paling cepat di kelas 105mm. Dapat digunakan untuk bodi FX dan DX, rentang aperture minimum f2.4 sampai f16. Memiliki pelindung Nano Cyrstal Coating, disain motor silent wave, internal focus atau manual, dengan 9 blate.

Produsen lensa Venus Optic dari China mengeluarkan lensa baru Laowa 105mm f/2 Smooth Trans Focus. Disebut dengan The Bokeh Dreamer. Lensa tersebut ditujukan untuk camera Full Frame, tapi disain untuk manual fokus. Memiliki ciri khusus dengan elemen Apodization - APD, sehingga tampilan latar belakang lebih halus dan bagian objek tetap tajam.



Kipon adapter untuk camera Canon lensa EF ke bodi Micro Four Third. Bukan adapter lensa untuk di tempel saja, tapi berfungsi seperti lensa biasa. Autofocus, image stabilization sampai fitur data Exif dari tipe lensa yang dikirim ke bodi.

Lensa Leica 600mm f5 tipe Apo Telyt masih dalam disain prototipe 230 ribu dollar. Mengapa begitu mahal, karena hanya satu saja lensa ini dibuat perusahaan Apo Telyt tapi tidak pernah di produksi.

Lensa Nikon 2000mm f11 ini mengunakan sistem cermin relaktor. Tapi asli dibuat Nikon dengan zoom terkunci 2000mm. Lensa ini muncul di toko lelang eBay, mungkin sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya.

Kantong air untuk pemberat tripod camera ini disebut WaterWeight. Dibuat dari bahan plastik nantinya di isi air untuk penahan tripod camera. Kelihatan alat ini sangat sederhana, tapi fungsi bagi fotographer akan berguna. Karena cukup di isi di tempat yang terdapat air



Lensa Nikon 13mm f5.6 muncul di eBay. Ken Rockwell pernah mengulas lensa ini sebagai The Holy Grail. Lensa ini tidak banyak, hanya 350 unit saja. Rockwell mengatakan lensa terbaik karena lebarnya dan distorsi sangat rendah.

Perusahaan Kowa menawarkan lensa Kowa MFT untuk camra micro four third di Photokina. Lensa ini buatan tangan, konstruksinya mantap dan gambarnya tajam dari tepi ke tepian lensa.

Salah satu lensa sangat langka yang pernah dibuat Canon adalah Canon EF 1200mm f/5.6L USM. Lensa ini mantek di 1200mm, alis enga bisa dikecilin lagi. Langsung zoom mengambil gambar jarak jauh. Apa yang anda pikirkan bila memilih lensa atau mobol Lamborghini.

Samyang memperkenalkan lensa 50mm f1.5 untuk camera micro four third. Lensa ini dapat digunakan untuk Panasonic GH4 dan sekelasnya. Samyang masih mengunakan manual fokus

Apa kata penting tentang fotographer. Lensa atau bodi camera, pastinya lensa. Bodi camera akan usang dalam 3-5 tahun. Apakah lensa kit yang diberikan ketika membeli camera DSLR kurang berkualitas, karena harganya memang murah.


No popular articles found.