Belajar foto Stargazer dari BBC


Stuff | 19 September 2014

Katanya tidak perlu pergi jauh, cukup dibelakang rumah. Tidak perlu peralatan mahal, cukup camera DSLR yang ada. Yang penting setting camera dan diatur secara manual. Apa saja yang diceritakan untuk membuat foto bintang.



Pertama setting manual camera:
  • Tripod camera ini harus ada
  • Setting lensa camera ke F/5.6.
  • Buka lensa selama 30 detik
  • Setting ISO 800
  • Jangan lupa fokus objek
Itu saja, setting camera untuk objek malam hari. Sisanya adalah cuaca dengan kondisi langit sangat cerah. Bila beruntung satu kota mati lampu adalah kesempatan untuk melihat galaksi Bima Sakti sendiri.

Bagaimana mengabadikan sebuah konstelasi bintang atau planet. Yang ini butuh teleskop.
Tekniknya lebih hemat, cukup mengunakan camera pocket. Dipasang ke teleskop dengan adaptor, biasanya dijual di toko teleskop.
Untuk mengintip jendela bidik dan terhubung ke computer. Dapat mengunakan camera Webcam dan adaptor, nantinya gambar di capture di computer atau notebook.



Untuk software cari di Google seperti Registax
Software ini untuk mengabung foto dengan fitur menyamakan objek foto dari Align & Stack



Dibawah ini video tentang Stargazer dari BBC.


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/Aplikasi-Astronomi
www.obengplus.com/artikel/articles/152/DeepSkyStacker-software-stack-astronomi
www.obengplus.com/artikel/articles/153/Startrail-mengabungkan-cahaya-bintang
wwwobengplus.com/artikel/articles/117/Panolapse-untuk-video-Timelapse
Untuk mereka yang suka foto. Jana memberikan teknik fotografi untuk pose wanita. Mengunakan lensa prime lens, dan ISO 250, bagian penting adalah kecepatan bukaan lensa.

Membuat video mengambang dibuat oleh Edelkrone. Tekninya mengambil 2 gambar berbeda pada tempat yang sama, mengunakan setting video DSLR dan direkam dalam 2 video berbeda.



Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast

Satu lagi teknik foto disebut Time Stack. Tekniknya seperti membuat video Timelapse, foto dibuat berurutan dengan objek yang sama. Foto yang sudah diambil nantinya di gabung dengan Photoshop.

Rumus mengambil foto star dan galaksi. Terserah untuk single shot atau multi shot untuk foto stacker atau untuk foto Timelapse stargazer Rumus paling umum dipakai dengan lensa 16mm, f2.8, 25 detik, ISO 3200.

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Cara membuat teleskop dari Sciencetech.technomuses.ca hanya membutuhkan 2 kaca pembesar, tabung dan penutup agar cahaya tidak masuk. Gambar yang dilihat akan terbalik, tapi itu tidak penting.



Fotographer bintang Michael Shainblum mengatakan yang dibutuhkan hanya camera DSLR dan lensa Wide, tidak perlu teleskop untuk membuat foto bintang. Hasil fotonya bagus dan dia menceritakan pengalaman dari camera yang dimiliki.

Foto menarik bisa dibuat dengan sederhana, tidak perlu mahal. Tidak perlu ruang studio yang mahal yang penting kreatif. Bisa menjadi ide untuk foto pernikahan yang murah.

Pengunaan Adobe After Effect lebih banyak digunakan untuk efek video yang lebih luas, seperti video text, objek 3D dan lainnya. Video dari The JOY of Color Correction in After Effects memberikan gambaran efek apa yang bisa dibuat




No popular articles found.