September 2014
Apakah bisa planet Mars dan Bulan ditanam pepohonan.

Di jawab mungkin bisa kata tim Universitas Wageningen. Walau disana tanahnya miskin gizi untuk tumbuhan, setidaknya dapat diteliti terlebih dahulu di Bumi. Tapi bagaimana caranya.

Tim Wageningen membuat simulasi tanah yang sangat sukar ditanami seperti kondisi di Bulan dan Mars. Tanah di Bulan memiliki Ph yang tinggi, peneliti mengatakan tumbuhan jenis kecambah masih bisa tumbuh. Bahkan peneliti mengatakan, tumbuhan bisa hidup di bulan dan Mars. Bahkan tumbuhan bisa memproduksi biji dan bunga.

Masalah di Bulan. sejauh ini tanah di bulan memiliki kandungan nutrisi sangat miskin. Tanah di planet Mars lebih baik dan tumbuhan dapat berkembang seperti biasa. Dari simulasi, tumbuhan yang diuji coba tetap tumbuh sampai 50 hari. Tentu saja bukan ditanam langsung ke Mars, tapi uji coba di lab dengan persamaan kandungan tanah di Mars. Menurut peneliti, tumbuhan di Mars akan lebih besar dibanding ditanam di Bumi. Hanya tidak semua tumbuhan bisa berkembang di ruang percobaan. Yang berhasil seperti tomat, gandum, selada diperkirakan bisa di tanam di planet Mars.

Mungkin percobaan ini cukup menjanjikan, tetapi ada satu pertanyaan bagaimana tumbuhan bisa hidup di planet Mars yang kering tanpa air. Bagaimana mengendalikan suhu, apakah cahaya di planet Mars cukup bagi tumbuhan melakukan fotosintetis. Bagaimana dengan efek gravitasi disana.

Prinsipnya, kemungkinan tumbuhan bisa hidup di Mars dan Bulan. Hanya di bulan sangat sukar tumbuhan dapat bertahan disana. Ini baru percobaan dengan simulasi kandungan tanah diantara planet Mars dan Bulan.



Maret 2017
Pernah menonton film Martian, ketika seorang astronot tertinggal temannya sendirian di planet Mars. Dia berusaha menanam pohon di ruang pelindung.
Nasa melihat skema seperti menanam pohon kentang dari film Martian memang bisa bekerja di planet Mars.
Februari 2016, International Potato Center / CIP. Percobaan dilakukan di gurun Peru,  jadi kentang bisa tumbuh dengan lahan minim nutrisi.
Percobaan sesuai lingkungan di planet Mars dengan CubeSat dapat dicoba untuk menanam umbi.
Julio Valdivia dan rekan dari institut SETI yang terlihat dalam proyek tersebut. Bila tanaman dapat mentolerir kondisi ekstrim, maka tumbuhan dapat berkembang di planet Mars. Yang diperlukan adalah mencari varietas kentang terbaik.
Tekanan atmofer di planet Mars sangat rendah hanya 0,6% tekanan di permukaan laut Bumi.  Sulit membayangkan tananam dapat berevolusi dengan tekanan tersebut.
Apakah percobaan tersebut memang menjadi replikasi kondisi planet Mars. Masih perlu di coba. Setidakanya ilmuwan sudah melakukan beberapa percobaan dan mencari tanaman yang mungkin dapat berkembang dalam kondisi planet Mars

Dibawah ini simulasi pengujian menanam kentang dengan gas CO2 (karena di Mars kandungan oksigen sangat rendah), tekanan atmofer rendah dan simulasi dengan cahaya lampu LED seperti cahaya matahari yang ada di planet Mars.



Streaming Cubesat One

Juli 2017
Percobaan lain dilakukan seperti kondisi sebenarnya di planet Mars. Ternyata cahaya ultraviolet dari matahari dapat menghapus semua mikroba di seluruh planet. Jadi tanah di Mars adalah steril.
Hanya kondisi tanah di kedalaman 2-3 lebih ramah dari radiasi kata ahli astrobiologi universitas Edinburgh Jennifer Wadsworth.
Penelitian Jennifer didorong penemuan oksidan kuat yang di kenal di tanah Mars beberapa tahun lalu. 40 tahun lalu pesawat Viking melakukan pendaratan di Mars, disusul penelitian kedua robot Curiosity. Dan data lain dari satelit di orbit Mars - Mars Reconnaissance Orbiter yang melihat tanda-tanda perklorat di goresan basah dan putih dan merembes si cekukan permukaan dan dinding kawah.

Peneltii Charles Cockell juga dari Edinburgh melakukan test. Ketika bakteri terkena sinar UV dengan adanya perklorat ,oksida besi dan Peroksida. Mahluk hidup akan mati 11x lebih cepat dibanding adanya kandungan perklorat saja. Jadi tanah di Mars sangat beracun, karena adanya oksidan, oksidasi besi, perkolat dan radiasi UV.

Andrew Coates ilmuwan bidang planet UCL yang memimpin tim ExoMars panoramic camera akan dikirim pada tahun 2020. Planet Mars jauh lebih ramah dari perkiraan sebelumnya dan harus diteliti lebih lanjut. Dengan melakukan pengeboran dari rover ExoMars, dapat diambil sampel tanah di Mars , dan mengukur di setiap milimeter sampai kedalaman tanah. 1 meter berada di tanah beracun, dan 1,5 meter berada dibatas aman radiasi matahari dan galaksi.