Blackhole ikut serta dalam pembentukan bintang dari galaksi lain


Science | 19 September 2014

Mengatakan lubang hitam adalah benda pemusnah. Bila mendekat ke benda ini, maka semua akan tertarik gravitasi sangat kuat. Lubang hitam adalah benda dalam ukuran besar sekali. Jauh dari apa yang bisa dibayangkan oleh manusia. Jangankan benda, cahaya saja tidak bisa melewati. Dengan kata lain, benda ini tidak bercahaya dan manusia tidak bisa melihat bentuk lubang hitam di setiap galaksi.

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Menurut peneliti, lubang hitam menjadikan bintang bisa lahir dari sebuah galaksi. Awalnya gas dan debu kosmik akan tertarik ke lubang hitam. Sisa gas akan dilempar dari benda ini, sedangkan sebagian debu membentuk lubang hitam semakin besar.

Proses pembentukan lubang hitam disebut juga Quasar. Blackhole akan melemparkan jet. Menjadi pertanyaan kemana arah jet yang mengandung radiasi tersebut. Bisa saja menghantam benda disampingnya atau di galaksi disebelahnya. Tentu kejadian ini terjadi dalam beberapa miliar tahun lalu. "Jet" yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang.



Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar. Beda ini membatu pembentukan bintang di galaksi sebelahnya. Jarak HE0450-2958 berada 5 miliar tahun cahaya dari bumi.  Disana terdapat quasar tanpa rumahnya sendiri menembakan radiasi ke galaksi lain. Quasar dengan galaksi disebelahnya saling berdekatan. Mungkin keduanya akan bergabung, dan memberikan benda quasar dengan rumah baru.

Seperti video dibawah ini menceritakan


Berita terkait
Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Dua lubang hitam ini berada pada jarak 750 juta tahun cahaya menunjukan kehancuran dua galaksi 0402-379 akibat kedua lubang hitam. Bentuk visual dari galaksi Galaksi 04020-379 dahulu kedua galaksi memiliki lengan spiral yang terbentuk dari garis bintang. Update foto VLBA



Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.

Di satu sistem tata surya VFTS 352, terdapat 2 bintang kembar yang sedang berciuman. Keduanya sudah sangat dekat dan saling menyentuh satu sama lain. Nantinya keduanya akan bersatu dan membentuk bintang tunggal yang lebih besar. Atau bisa saja menjadi lubang hitam biner.

Nasa temukan lubang hitam terbesar dan diberi nama black hole PDS 456. Mengunakan Nasa Nuclear Spectroscope Telescope Array (NuSTAR dan ESA XMM Newton Telescope. Para ilmuwan di CalTech dapat memperkirakan kekuatan benda ini dalam waktu dekat.

Para ilmuwan melaporkan mereka menemukan lubang hitam sangat besar yang disebut Quasar. Quasar adalah lubang hitam yang aktif , sementara banyak gas dan materi padat jatuh ke dalamnya. Tapi yang ditemukan oleh ilmuwan adalah benda ini selaras

Galaksi di Spiderweb atau MRC 1138-262 adalah cluster galaksi. Dimana kumpulan galaksi terbentuk 11 miliar tahun lalu. Foto terbaru terlihat pembentukan bintang disana bisa muncul di tepian galaks. Cluster Galaksi adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta.



Teleskop NuStar dirancang untuk mencari informasi lubang hitam. Tapi secara tidak sengaja menemukan hal berbeda. NuStar menemukan energi X-Ray sangat tinggi dari sebuah pulsar, tercatat sebagai radiasi paling tinggi yang pernah ditemukan di ruang angkasa.

Pada tahun 2008 2 blackhole di galaksi 3C 75 terlihat seperti berdansa. Blackhole kembar tersebut berada di cluster galaksi Abell 400, letaknya 296 tahun cahaya. Tepatnya berada di konstelasi Cetus.

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Kita mungkin bertanya, apakah mungkin di sebuah galaksi ada 2 black hole. Atau mungkin saja 3 black hole. Beberapa tahun lalu astronom menditeksi karakteristik spektrum ganda yang memuncak dari jantung AGN di SDSS J1502 1115, disana ada 3.

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.

Sebuah galaksi Messier 83 atau dengan nama lain M83, NGC 5236 sedang diteliti oleh astronom. Jaraknya hanya 15 juta km dari bumi dan letaknya di konstelasi Hydra. Galaksi ini bisa kadang bisa terlihat walau mengunakan binocular.




No popular articles found.
< /body>