News | 14 September 2014

Harga DVD Dual Layer kapasitas dua kali sampai 8GB


Apa yang dimaksud DVD DL atau DVD Dual Layer

Apakah anda tahu harga sebuah DVD DL sudah turun. Banyak yang jual DVD dual layer sekarang hanya 5000 sampai 6000 rupiah.

Kapasitasnya sekitar 8GB lebih. Bila dihitung lebih ekonomis mengunakan DVD Dual Layer dibanding DVD Single Layer.

Merek DVD Dual Layer yang dipasarkan murah datang bukan dari merek ternama seperti Verbatim DVD.

Salah satu produk yaitu DVD Dual Layer dari Ritek yang cukup terkenal dijual paling mahal Rp.6-7000. Yang merek tidak kurang dinekal, lebih murah lagi, sekitar 5000 ribu.

Untuk membeli dalam jumlah besar, akan lebih murah lagi dengan potongan 500 rupiah.

Apakah ekonomis memasukan data backup, film, video pribadi untuk backup data ke DVD Dual Layer. Sepertinya sudah cukup ekonomis.

Bila dihitung, harga 1GBnya DVD Dual Layer dan Single Layer dapat menampung 8GB dan 4GB sekitar 1000- rupiah perGB. Harga DVD Single Layar juga turun, sekarang tidak lebih dari 1500-2000 rupiah per Disc

Walau harga jual DVD Dual Layer dan DVD Single Layer tersebut sangat bersaing dengan harddisk.

Saat ini harga harddisk 1 TB juga lebih murah, hanya 750 ribuan saja. Biayanya perGB hanya Rp.750 untuk kapasitas 1TB. Sedangkan harddisk kapasitas 2TB malahan lebih jatuh lagi sekitar Rp.500 /GB.

Kapasitas berbanding harga harddisk, DVD relatif lebih mahal. Dan lebih ekonomis dengan harddisk untuk menyimpan data sementara waktu. Tapi untuk backup permanen lebih aman mengunakan DVD. Setelah di Burning dan disimpan dengan rapi.



DVD Dual Layer

Berapa kapasitas DVD Dual Layer.
Angkanya sekitar 8.5 GB, tetapi batas aman untuk DVD DL harus di isi dibawah  8GB (disebut DVD 9)

Size Name Marketed Size Sides Layers Data Storage Size
DVD5 4.7GB, 120 minutes single single up to 4.38GB
DVD9 8.5GB, 240 minutes single dual layer / double up to 7.95GB
DVD10 9.4GB, 240 minutes double single up to 8.75GB total
DVD15 N/A double one single, one dual up to 12.33GB total
DVD18 N/A double dual up to 15.9GB total


Penulisan DVD dual layer dilakukan oleh DVD Writer sebanyak dua kali.


  • Untuk DVD data. Pertama Writer akan menulis Layer 1 dari sisi tengah ke arah luar. Setelah kapasitas DVD Dual Layer di lapis pertama penuh, proses penulisan berpindah ke Layer 2 dan di awali dari sisi tengah ke arah luar kembali. Khususnya penulisan data DVD yang belum di tutup / Close Session
  • Untuk DVD Video atau format DVD Film, umumnya langsung di tutup atau Close Session dimana DVD Disc tidak dapat di tulis kembali. Penulisan data DVD Video langsung dibagi menjadi 2. Misalnya data film DVD berisi 6GB, penulisan Layer 1 akan diisi 3GB dan Layer kedua 3GB. Hasil Write DVD Dual Layer untuk DVD Video, akan terlihat hanya terisi di sisi dalam, sementara sisi kearah luar / tepian disc akan terlihat kosong. Penulisan DVD Dual Layer dimulai dari sisi dalam keluar untuk Layer 1, dan dari luar kedalam untuk Layer 2

DVD Dual Layer

Masalah dengan DVD DL Disc
  • Apakah semua player dapat memutar DVD Dual Layer : Kebanyakan player model lama belum tentu bisa memutar disc tipe DVD DL untuk video. DVD model baru tidak masalah. Untuk computer tidak masalah dengan DVD dual layer.
  • Apakah ada masalah kompatibel dengan DVD DL : Ada, DVD DL Ritek masuk produk kelas 2, sedangkan Taiyo Yuden buatan Jepang adalah kelas 1. Untuk kualitas, DVD kelas 1 tidak mengalami masalah, sedangkan DVD kelas 2 kadang kurang kompatibel dengan player DVD. Tetapi DVD blank DL kelas 2 sudah bagus untuk kita pakai. Seperti storage di computer.
  • Hindari pengunaan DVD tanpa merek, kadang suka gagal ketika di write dengan kecepatan tinggi, dan hanya kompatibel dengan kecepatan 2x ketika di write.
Ketahui daya tahan penyimpan DVD
Rata rata media disc, dari CD, DVD, Blu-ray Disk, data disimpan dengan baik dari 20 tahun sampai 50 tahun.
Tapi tidak semua disc memiliki kualitas yang sama. Dari jenis bahan berbeda, dan kondisi ruang penyimpan dapat mempengaruhi kerusakan disc.

Menyimpan disc mempengaruhi daya simpan data di dalamnya.
Simpan dengan posisi vertikal, tidak direkomendasikan meletakan kertas, atau plastik dan ruang di sekitar disc karena dapat bereaksi secara kimia atau tergores.

Simpan diruang tertutup (tanpa cahaya),dan suhu ruang paling tinggi 23 derajat. Dan suhu tidak lebih dari 32 derajat.
Menyimpan di tempat sejuk dan kering dapat memperpanjang media disc.
Bila data di dalam disc penting, periksa setiap 5 tahun sekali.
Bila ingin menyimpan data penting, gunakan merek reputasi yang baik. Dibanding kehilangan data akibat disc usang dalam beberapa tahun.

Harga DVD Disk
Harga DVD kosong atau DVD Blank tetap bertahan, karena tidak ada yang tertarik menurunkan harga lagi. Melihat kapasitas, kita tidak lagi ingin mengunakan CD disk.

Harga DVD Blank 4.7GB sekarang hanya di kisaran Rp.2.500-5.500 per keping
Harga DVD Blank 8.5GB dual layer Rp.5.000 - Rp8..000 per keping
Tentu harga tersebut dari DVD Taiwan, untuk kualitas cukup baik. Merek umum seperti Maxell, GT-Pro dan Ritek serta yang lebih mahal Verbatim

Perkembangan BluRay disc dengan daya tampung 25GB dan 54GB lebih besar dari DVD

Butuh kapasitas lebih besar. Sekarang Disc Bluray lebih murah, hanya 25 ribu per Disc dengan kapasitas 25GB. Atau 1GB hanya seribu rupiah.
Juli 2020, harga Blu-ray Disk 25GB Rp.5.000- 7.500 perkeping


Juli 2020, harga Blu-ray Disk 50GB DL Rp.23.000-25.000 perkeping.

April 2018 harga Blu-ray Disk 25GB.Rp.7.500 untuk brand Ritek
Masalahnya alat driver Blu-ray Writer relatif lebih mahal, dibanding DVD Writer.
Harga DVD WRiter hanya Rp.150.000
Harga Blu-Ray Writer kisaran Rp.600.000, Samsung masih bertahan Rp.1.000.000 model internal untuk PC

Perlu menunggu waktu untuk harga drive Blu-ray dan disc Blu-ray turun, perkembangan teknologi Bluray menjadi lambat dengan terbatasnya produsen pembuat Bluray drive.
Walau dalam kapasitas Bluray lebih ekonomis, sejauh ini drive DVD masih lebih murah dibanding drive Bluray.

Tapi paling murah mengunakan layanan Cloud Server seperti Google Drive, SkyDrive dan DropBox. Karena storage diberikan gratis dengan kapasitas setara 1 DVD.


Artikel Lain

Disc fisik kembali lagi, setelah hilangnya ketertarikan pasar untuk CD, DVD dan Bluray disc. Pioneer meluncurkan drive Blu-ray Pioneer BDR-213JBK. Mampu menulis data 128GB Bluray BD-R XL. 1 disc 25GB hanya 7.500 Rupiah



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.