Sony kembangkan camera melihat di kegelapan malam hari


Kategori : Technology | Date : 12 September 2014
Sony mengembangkan camera dengan zero lux atau mengambil gambar di malam hari. Pencahayan dari camera yang diambil, mengunakan cahaya infrared. Jarak yang dapat ditangkap sekitar 30 meter dari posisi camera.

Camera secara otomatis akan menyalakan lampu infrared dan merekam gambar hitam putih. Dari emisi cahaya lampu infrared tersebut ditangkap kembali ke camera dan ditangkap ke CMOS. Tingkat minimum pencahayaan yang dapat ditangkap pada objek mencapai 0,05 lux atau nyaris tidak ada cahaya.



Contoh gambar dari Nikkeibp

Dibandingkan generasi camera sebelumnya hanya mampu menangkap objek dengan pencahayaan 0,5 lux. Sedangkan model baru yang dikembangkan kali ini 10x lebih kuat dengan 0,05 lux. Cara kerja camera dengan mengambil  2 shutter speed dalam satu frame.

Sony IMX586 ketajaman resolusi 48 Mega Pixel untuk foto dan video. Kemampuan sensor dapat dimanfaatkan untuk rekaman video 4K 90fps. Tetapi procesor apa yang mampu mengolah data gambar dari sensor tersebut. Sejauh ini masih terbatas.

Disain sensor camera mahal, dengan kemampuan mengambil gambar pada pencahayaan rendah. Dibuat solusi dengan Samsung Isocell. Samsung Isocell Plus bekerja sama dengan teknologi Fujifilm. Membantu disain sensor menangkap cahaya lebih baik walau kondisi malam

Sony SNC-VB770 adalah camera security dengan sensor Full Frame dan mounting lensa E-Mount. Disebut camera security walau teknologi sudah setara camera DSLR atau camera untuk film. Di dalam camera terdapat sensor Exmor CMOS SNC VB770, memiliki kemampuan merekam 4K video atau foto 12,2 MPix.



Flir Vue Pro sebuah camera ringan yang dapat dipasang di quadcopter. Berbeda dengan camera biasa, camera Flir Vue Pro hanya menangkap gelombang panas dari sebuah objek. Perangkat camera Flir Vue Pro nantinya dapat dibawa oleh quadcopter untuk melihat gambar dalam bentuk thermal panas.

Canon ME20F-SH akan bersaing dengan camera papan atas sekelas Arri Alexa atau Red. Bahkan dapat merekam video dengan ISO 4 juta, dimana mata manusia tidak dapat melihat dalam pencahayaan sangat gelap seperti pencahayaan alami. Camera ini khusus untuk pembuatan film.

Sharp membuat sensor CMOS dengan ukuran 1 inci dengan kemampuan merekam video 4K. Sensor tersebut dapat digunakan camcorder. Kemampuan sensor Sharp RJ5DY1BA0LT tidak hanya mengabadikan gambar lebih cerah tapi termasuk warna vivid.

Repot bila manusia harus mencari sebuah planet mirip bumi. Satu teleskop dibuat untuk mencari planet kembaran Bumi. Teleskop dengan perlengkapan Robo-AO membuat sistem teleskop robot yang bergerak sendiri.



Toshiba keluarkan CMOS sensor M3211PB berukuran 1/4 inch dengan ketajaman resolusi VGA. Sensor ini cocok untuk CCTV dan video camera lalulintas. Bahkan dengan pencahayaan bulan dengan tingkat 0.2 lux, gambar tetap terlihat jelas

Canon berhasil mengabadikan kunang kunang atau Yaeyama malam hari. Mengunakan sensor baru 35mm CMOS yang sensitif pada Maret 2013 lalu. berbeda dengan sensor yang ada saat ini. Sensor Canon 35mm memiliki ukuran sensor Full Frame.

Perusahaan Pelican Imaging menawarkan lensa Plenoptic camera. Memiliki 4x4 lensa atau total 16 buah. Kabarnya fitur camera lensa ini sedang dikembangkan dan diuji oleh produsen. Dan menjadi sensor baru untuk camera smartphone tahun depan.


No popular articles found.