Bintang Neutron benda apakah ini


Kategori : Science | Date : 12 September 2018
Bintang neutron adalah bintang berbahaya dengan radiasi sangat kuat setingkat lubang hitam
Sebuah bintang neutron adalah bekas sebuah bintang yang mati.

Bintang neutron tidak memiliki cahaya lagi setelah habis gas terbakar dan meledak.

Tapi apakah bintang ini benar benar mati menjadi sebuah planet kembali. Atau berubah menjadi sebuah benda yang berbeda di ruang angkasa.

Bintang neutron di dominasi 2 tekanan yang seimbang. Antara gravitasinya sendiri dan tekanan radiasi di inti. Bentuknya sangat berbeda dibanding planet, yang memiliki bola raksasa seperti inti besi cair, dan di bagian luar adalah bebatuan.

Seperti apa bentuk bintang neutron, tentu tidak ada yang dapat melihat. Karena bintang ini tidak memiliki cahaya, hanya saja begitu padat.

Terbentuknya sebuah bintang Neutron
Bintang ketika hidup, berisikan hidrogen yang melakukan fusi ke helium.

Bila ukuran bintang sangat besar, setelah hidrogen habis, sisa helium menjadi fusi komponen karbon.

Lapisan bintang neutron seperti lapisan bawah bentuknya berlapis lapis, dan atom sangat berat membentuk inti bintang neutron



Carbon memfusikan ke dalam neon. Dimana terjadi kebocoran menjadi oksigen atau silikon. Reaksi fusi ini juga membuat fusi ke bagian bahan besi.



Ketika fusi nuklir disana berhenti, tekanan radiasi turun tajam. Akhirnya bahan di dalam bintang mulai tidak seimbang.

Bila dahulunya sebuah massa bintang mencapai 1.4x lebih besar dari ukuran matahari. Yang terjadi adalah keruntuhan, dan dilapisan paling luar akan mencapai kecepatan sampai 70 ribu km perjam. Dan berakhir sebuah bintang meledak, itulah akhir dari hidup sebuah bintang.

Setelah itu terjadi proses ledakan dimulai pembentukan bintang neutron.

Bagaimana dengan sisa inti bintang disana, semua akan berubah menjadi sangat padat. Ukuran materi 1 cm kubik setara dengan berat besi sepanjang 700 meter. Gravitasi di bintang neutron sangat kuat, walau belum mencapai kekuatan Black Hole.
1 kotak kecil seperti gula, memiliki berat setara 1 triliun kg. Kira kira sama beratnya seperti sebuah gunung.
500.000 x massa bumi, dikecilkan menjadi sebuah bola seukuran kota.

Bila kita menjatuhkan benda di ketinggian 1 meter diatas permukaan bintang neutron. Benda akan jatuh dengan kecepatan sangat cepat atau benda akan lansung menyentuh permukaan dalam waktu 1 mikro detik (ilustrasi).

Bagaimana dengan permukaan bintang neutron. Permukaan disana sangat rata, benar benar seperti bola besi. Sisa atmosfer atau sisa gas hanya plasma yang tipis. Begitu panas permukaan bintang neutron, mencapai 999.800 derajat celcius. Bandingkan dengan panas di matahari hanya mencapai 5000 derajat celcius.

Mengapa begitu panas, karena bintang ini menjadi besi (atau materi lain) dan di dominasi dengan bahan besi. Intinya belum bisa diperkirakan. Diperkirakan seperti Quark plasma. Perubahan benda seperti ini hanya terjadi dalam kondisi lingkungan luar biasa ekstem. Bila diperumpamakan sebuah bintang neutron adalah atom raksasa. Bedanya dengan atom kecil terkait dengan gaya tariknya sendiri. Di bintang neutron, yang terjadi karena gravitasi sangat kuat.

Perbedaan bintang Neutron vs Lubang Hitam (Black Hole)
Bila bintang neutron memliki massa 2.16x dari massa matahari disebut bintang Neutron.

Bila massa lebih dari 2,16x (3x+) dari massa matahari, disebut Lubang Hitam.

Lubang hitam terlihat memiliki magnet, tapi bintang neutron memiliki magnet.

Bintang Neutron  dapat terlihat dengan radiasi X-ray yang ditimbulkan oleh magnet. Karena radiasi X-ray, bintang neutron dapat teridentifikasi oleh teleskop X-Ray Chandra.



Hal aneh dari bintang neutron adalah rotasi yang amat sangat cepat. Bintang neutron muda dapat berputar beberapa kali setiap detik. Bila mendapatkan gas dari planet di sebelahnya, seperti memakan gas dari benda disekitar bintang neutron. Kecepatan bintang neutron akan semakin cepat dan naik menjadi beberapa ratus dan ribuan kali perdetik.



Contoh sebuah objek PSRJ1748-2446AD memiliki putaran 252 juta km perjam ditemukan tahun 2004. Benda tersebut adalah bintang neutron yang mengeluarkan radio menjadi bintang pulsar. Dahulunya memiliki ukuran seperti 2x dari matahari kita.

Dengan putaran begitu cepat, bintang PSRJ1748-2446AD megeluarkan frekuensi 716hz. Menjadi bintang pulsar paling cepat yang ditemukan manusia, letaknya 28 ribu cahaya dari bumi.

Tunggu angkanya 252 juta km perjam. Artinya bintang ini memiliki putaran hampir 1/4 kecepatan cahaya. Bagaimana dengan bentuknya, kemungkinan tidak utuh bulat tapi sedikit gepeng.





Bagaimana dengan medan magnit dari bintang neutron, kemungkinan mencapai triliunan kali dari magnetik di bumi.



Walau bintang neutron mejadi benda paling ekstrem, bintang ini menjadi bintang paling menarik di alam semesta.

Mungkin suatu hari manusia bisa mempelajari lebih lanjut tentang bintang neutron, dan dapat mengambil gambar lebih jelas. Tentu saja tidak boleh terlalu dekat, atau akan tertarik oleh gravitasi bintang ini.

Penelitian bintang neutron tidak dapat diketahui dengan melihat langsung karena ukurannya relatif lebih kecil dari sebuah planet. Bintang neutron hanya terditeksi adanya radiasi sinar gamma sebagai energi terkuat.

Dan putaran bintang yang sangat cepat dapat dianalisa dengan gelombang radio termasuk perangkat teleskop Fermi.
Putaran bintang dapat diketahui dengan mengukur frekuensi, semakin tinggi diartikan putaran bintang neutron semakin cepat.

Beberapa literatur tentang bintan neutron

Dari wikipedia perkiraan inti bintang neutron. Bentukna tidak besar, kecil saja tapi kekuatan gravitasi yang sangat luar biasa.



Peneliti Luciano Rezzolla dari universitas Goethe Jerman (Jan18)
Dia mengatakan batas ukuran bintang neutron hanya 2,16x massa matahari.

Jangan dibayangkan bintang ini berukuran besar, mungkin radiusnya hanya 12km. Tapi kepadatannya sangat dasyat, membentuk gravitasi sangat kuat.

Walau disebut bintang mati, beberapa bintang neutron yang ditemukan diperkirakan memiliki massa sampai 1,4x massa matahari.

Dari ilmu fisika dasar, ketika sebuah benda berputar sangat cepat, maka benda tersebut akan menghasilkan massa lebih besar dibanding benda yang tidak memiliki putaran. Diakibatkan dari daya sentrifugal.

Walau kepadatan bintang neutron begitu padat, ada batas. Dan dapat membuat putaran memecahkan benda itu sendiri.

Seperti apa bentuk bintang Pulsar, Nasa memberikan gambaran dengan kecepatan, putaran yang sangat cepat. Dan menghasilkan partikel energi, termasuk sinar gamaa sampai X-ray dan gelombang radio




Gambar artis dari bintang  PSR B1257+12. Terletak di konstelasi Virgo. Bintang ini mengeluarkan sinyal pulsar dengan putran sekitar 9.650 per menit.



Bintang pulsar PSR B1509-58.
Jaraknya sekitar 17 ribu tahun cahaya. Berada di konstelasi Circinus dan diabadikan dengan teleskop Einstin X-Ray pada tahun 1982.

Umurnya diperkirakan 1.700 tahun dan berada di sekitar nebula yang memiliki rentang 150 tahun cahaya. Bintang ini berputar dengan kecepatan 7 kali perdetik.



Bintang neutron PSR J0348+0432.
Yang ini diperkirakan 1 bintang kembar. Tapi bintang neutron berada di bagian tengah dengan ukuran kecil memiliki kekuatan setara massa 2.01 dari massa matahari.

Ukuran bukan hal penting dari bintang neutron, tapi kekuatan massa yang sangat besar di dalamnya membuat gravitasi dengan bintang di sebelahnya dapat seimbang.



Bintang Neutron PSR J0952?0607
Bintang Neutron dengan putaran 42.000 kali permenit. Menjadi bintang neutron kedua tercepat nomor 2 yang pernah ditemukan.
Bintang tersebut berada pada jarak 3200-5700 tahun cahaya.

Mengunakan instrumen LOFAR, melihat sumber energi, instrumen LOFAR dapat membedakan antara radiasi dari neutron, pulsar, supernova atau di sekitar lubang hitam.

Dari frekuensi yang ditemukan tercatat 707Hz atau stara 42000 putaran permenit. Bahkan di sisi bintang neutron tersebut terdapat sebuah bintang berukuran kecil dan massa bintang di hempaskan pulsar oleh bintang neutron.



Sebuah bintang yang berada disamping bintang neutron PSR J0952?0607, perlahan gas bintang akan diterpa angin bintang neutron. Perlahan gas dari massa bintang akhirnya akan habis dan mencapai mengecil sampai seukuran 8x planet Jupiter.

Bila 2 bintang Neutron bertabrakan
Peneliti melakukan test kemungkinan dampak dari 2 bintang neutron bertabrakan. Bila 2 planet bertabrakan maka salah satu akan hancur, bila 2 planet bertabarakan maka keduanya akan sama kuat dan hancur bersama sama.

Bila 2 bintang saling bertabrakan, sebelum keduanya bersatu, salah satu bintang yang lebih kuat akan menarik gas dari bintang lain.

Tetapi, bila 2 bintang neutron yang memiliki kepadatan massa sangat tinggi, gravitasi luar biasa kuatnya dan magnetik yang kuat. Apa yang terjadi.
Keduanya dapat membentuk sebuah benda yaitu lubang hitam.

Karena keduanya memiliki kekuatan massa amat sangat besar, lalu bersatu. Maka kedua massa bintang neutron akan bersatu menjadi lebih kuat dan besar. Tetapi sebelum keduanya bersatu, ada keanehan yang terjadi.

Peneliti Planck Jerman melakukan test dengan simulasi computer. Ketika keduanya saling mendekat, maka magnetik keduanya akan menyemburkan jet.

Bila 2 bintang neutron bertabrakan

Seperti itulah keanehan di alam semesta. Bintang bercahaya, suatu hari akan kehabiasan bahann bakar dan meledak. Berubah menjadi White Drawf atau bintang kerdil. Tapi kecil cabe rawit, pedasnya adalah kekuatan gravitasi.



Apa yang terjadi ketika kita mendekat ke bintang Neutron. Membandingkan seperti ini. Sebuah bintang neutron memiliki gaya tarik / gravitasi sangat kuat.

Bila benda mendapat gaya tarik dari bintang Neutron, maka semakin dekat akan tertarik sampai kecepatan maksimum 1.5% dari kecepatan cahaya. Bintang ini memiliki kekuatan daya tarik 200 miliar dari kekuatan gravitasi di bumi.

Sehingga benda apa pun yang mendekat, dan belum mencapai permukaan bintang neutron. Maka akan tertarik oleh gravitasi sangat kuat walau masih berada di ruang hampa. Seperti spageti yang terus mulur bahkan semua benda akan terurai menjadi molekul.

Bintang neutron PSR J2215-5135 terbesar yang ditemukan (Juni 2018)
Sekitar 2000 bintang neutron ada di galaksi Bima Sakti. Sebagian di klasifikasi sebagai bintang pulsar. Tapi perkiraan lain jumlah bintang neutron mencapai 100 juta bintang di galaksi kita.
Bintang neutron terbesar sebelumnya disebut PSR J0348+0432 dengan massa 2.01x lebih besar dari matahari.

Bintang PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari massa matahari kita.
Membuat bintang ini masuk sebagai bintang neutron terbesar yang pernah ditemukan. Ketika bintang neutron memiliki massa lebhh besar dari 3x massa matahari. Maka bintang tersebut sudah diklasikfasi sebagai lubang hitam.
PSR J2215+5135 sebenarnya terdiri dari 2 bintang. Satu bintang neutron dan satu bintang biasa memiliki massa 0,33 matahari. Bintang neutron yang disebut Redback, menghasilkan gelombang radio atau pulsar dalam hitungan milidetik. Dan dalam skala kosmos,  keduanya saling mengorbit 4,14 jam sekali
Dibawah ini gambar artis, di bawah bentuk cahaya putih adalah bintang neutron dan pendampingnya adalah bintang biasa.

Bintang neutron terbesar psr-j2215-5135

Bintang neutron bergabung apa yang terjadi.
Ketika 2 bintang neutron bergabung atau bertabrakan, tidak ada yang tahu akan membentuk seperti apa. Besar kemungkinan menjadi sebuah lubang hitam.
Tapi dampak dari tabrakan keduanya dapat melemparkan materi dengan kecepatan dari kecepatan cahaya.

Peneliti Adam Deller dari Swinburne University of Technology di Australia membuat pernyataan apa yang diteliti di National Radio Astronomy Observatory.
Ada materi yang disebut Jet, meledak keluar dengan kecepatan 197% dari kecepatan cahaya atau setara 1,97% berdasarkan pencitraan gelombang radio yang tertangkap di Bumi.

Tabrakan bintang neutron yang disebut GW170817. Telah terjadi pada 130 juta tahun cahaya dari Bumi.
Tabrakan 2 bintang dengan kepadatan luar biasa, lalu 2 bintang tersebut bergabung menjadi sebuah lubang hitam / Black Hole.
Materi yang ada disekitar pembentukan lubang hitam baru berputar disekeliling lubang hitam. Tidak lama kemudian terlempar dengan munculnya jet kembar dari 2 kutub lubang hitam.
Pengamatan benda GW170817 dilakukan setetlah terditeksi 75 hari dan 230 hari. Menunjukan hal tersebut memang terjadi.

Awalnya, jet berinteraksi dengan puing di sekitar lubang hitam dan membentuk seperti kepompong. Dan bergerak menjauh lebih lambat dari jet itu sendiri. Tetapi bagian yang disebut jet akhirnya terlontar bebas ke ruang antar bintang sangat cepat.

Pada hari ke 155 antara 2x pengamatan dalam waktu berbeda. Jet tersebut mengarah ke bumi tapi telah melompat dengan kecepatan 2 tahun cahaya jauhnya. Bila dihitung, pergerakan jet mencapai 4x dari kefcepatan cahaya.
Peneliti terbaru menunjukan pengabungan bintang neutron merupakan sumber penting dari semburan gas gamma jangka pendek kata anggota tim studi.

Penemuan GW170817 dari semburan kedua bintang neutron dalam ilustrasi dibawah ini.

Bintang neutron GW170817 bertabrakan

Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Sebuah nebula yang dinamai nebula Henize 2-428. Disana ditemukan bukan satu bintang tapi 2 bintang kerdil dan saling mengorbit. Jadi dua bintang seperti cahaya putih ini sedang saling tarik menarik dengan gravitasinya. Sebagai bom waktu, kapan saja bintang ini akan meledak ketika terjadi pengabungan



Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

Bintang raksasa akan saling bertabrakan dan bergabung menjadi satu. Bintang MyCam, keduanya begitu dekat dan suatu hari akan bersatu menjadi ukuran lebih besar lagi. Sekarang keduanya saling mengorbit sangat dekat

Bintang Beta Pictoris baru terbentuk 23 juta tahun lalu, letaknya hanya 64,4 tahun cahaya dari bumi. Ada keunikan tata surya disana. Memiliki 2 grup komet yang mengitari bintang, serta ditemukan sebuah planet gas ukuran sangat besar, 11x ukuran planet Jupiter.

Data dari film Star Trek mungkin dikisahkan memuat data sangat besar tentang bintang. Catatan galaksi Bima Sakti nantinya  tercatat, setidaknya lebih lengkap dari cerita film Star Trek. Pesawat Star Trek belum mampu menjangkau dari isi galaksi Bima Sakti.



40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru

Pada tahun 2008 2 blackhole di galaksi 3C 75 terlihat seperti berdansa. Blackhole kembar tersebut berada di cluster galaksi Abell 400, letaknya 296 tahun cahaya. Tepatnya berada di konstelasi Cetus.

23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.

Bila bintang meledak mati menjadi bintan neutron atau black hole. Bila menjadi bintang neutron dan ada benda lain disampingnya, apa yang terjadi. Akan hangus terbakar karena radiasi si bintang induknya.

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak

Satu objek di galaksi M82 ditemukan sebuah cahaya sangat besar. Ilmuwan mengatakan sebuah cahaya begitu cerah di galaksi tersebut, ada sebuah ledakan supernova. Cahaya yang terditeksi 21 Januari 2014 kemarin



Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.


No popular articles found.