Dinosaurus terbesar Dreadnoughtus dan fosil dinosaurus terlihat utuh dengan kulit


Shortstory | 12 May 2016

Dinosaurus dengan bentuk tubuh lengkap ditemukan di Alberta

Dreadnoughtus adalah penemuan baru dari dinosaurus berukuran besar. masuk kategori Titanosaurian karena bobotnya diperkirakan mencapai 60 ton.

Penemuan fosil berusia jutaan tahun lalu, baru ditemukan sebuah tim peneliti di Argentina. Mengapa berita penemuan Dreadnoughtusini menarik.

Nama Dreadnoughtus saja sudah menyebutkan keganasan. Artinya ketakutan bukanlah hal apa apa. Artinya binatang ini sangat besar dan tidak ada yang ditakuti ketika masa hidupnya.

Dreadnoughtus adalah binatang purba dengan leher panjang. Bila seekor gajah mencapai berat 5 ton, bisa dibayangkan dengan berat 65 ton. Atau lebih berat dari sebuah pesawat Boeing 747. Yang ini tidak memerlukan bahan bakar, alias binatang hidup yang berjalan di tanah dengan leher panjang. Diperkirakan semasa hidupnya, Dreadnoughtus memiliki panjang 26 meter dengan leher sampai kepala 12 meter dan dibagian ekor sekitar 8 meter lebih

Tim peneliti mengatakan, tulang belulang yang ditemukan memiliki ekor panjang yang lengkap. Dreadnoughtus memiliki senjata pada ekornya, mungkin  sekali pukul dengan ekor bila ada yang penyerang. Bisa dibayangkan berapa kekuatan hantaman binatang purba ini. Ketika peneliti mendapatkan fosil, awalnya tim tersebut tidak membayangkan menemukan sebuah jenis dinosaurus sangat besar dan kuat. Melihat tulang yang ditemukan, diperkirakan otot Dreadnoughtus lebih besar dan ukurannya diluar dugaan tim peneliti.

Daerah Patagonia di Argentina mungkin menjadi rumah dari kelompok binatang purba terbesar ketika itu. Dreadnoughtus sendiri masih menjadi misteri bagi peneliti. Karena begitu besarnya, diperkirakan binatang ini hanya makan saja setiap hari. Fosil yang ditemukan merupakan spesies dinosaurus paling lengkap kata anggota tim Matthew Lamanna dari museum Carnegie. Fosil sebelumnya pernah ditemukan beberapa tahun lalu, tetapi sudah tidak lengkap lagi.

Hewan dinosaurus punah karena bumi ditabrak sebuah meteor raksasa. Yang berakhir dengan kegelapan karena cahaya matahari terhalang. Akibtanya tumbuhan mengalami kesulitan melakukan fotosintetis dan makanan untuk dinosaurus akhirnya berkurang drastis. Bila mereka tidak punah, mungkin manusia belum tentu ada di saat jaman seperti sekarang ini.

Dinosaurus terbesar di Dunia


Dibawah ini data dari Wikipedia, sebagai dinosaurus di posisi teratas.

Sauropod Taxonomic Group Mass (kg) Mass (tons)
Dreadnoughtus schrani Titanosauria 59,291 65.4
Brachiosaurus altithorax Brachiosauridae 56,255 62
Turiasaurus riodevensis Turiasauria 50,923 56.1
Elaltitan lilloi Titanosauria 42,798 47.2
Futalognkosaurus dukei Titanosauria 38,139 42
Giraffatitan brancai Brachiosauridae 34,003 37.5
Diplodocus longus Diplodocidae 14,813 16.3



Berdasarkan data dari Ken Carpenter American Natural History Museum
Bukti keberadaan Dinosaurus terbesar adalah Amphicoelias fragillimus. Tetapi hanya tercatat bahwa Amphicoelias fragillimus pernah ada, dengan penemuan sebuah tulang belulang berukuran 1x5 kaki Ditemukan diluar kota Canon sebuah kota kecil di Colorado. Disana disebutkan sebagai kota dinosaurus lain

ANIMAL Panjang
Amphicoelias fragillimus 190ft
Titanosaur 122
Blue whale 98
Brontosaurus excelsus 72
Giant squid 59
Tyrannosarus rex 39
Triceratops horridus 26
African elephant 23
Stegosaurus stenops 21


Januari 2015
American Museum Natural History baru membuka koleksi terbaru Titanosaur, spesies dinosaurus terbesar yang cukup lengkap. Tim Museo Paleontológico Egidio Feruglio (MPEF) mengali 200 tulang, mewakili 70% kerangka. 4 tulang yang ditemukan memiliki ukuran 1 meter.

Yang dipajang adalah tiruan, sedangkan tulang asli seperti penahan bagian tulang paha emmiliki berat 500kg.

Dinosaurus nomor 2 terbesar di Dunia





Mei 2017
Setelah terbungkus batu selama 110 juta tahun. Fosil dinosaurus ditemukan di Kanada, bahkan tidak seperti peneliti bayangkan. Dinosaurus tersebut memiliki tanduk, dan memakan tanaman. Penemuan fosil teresbut tidak sengaja ketika 6 tahun lalu ditemukan oleh perusahaan penambangan Suncor Energy kata NatGeo.

Caleb Brown peneliti museum Paleontologi Royal Tyrrell mengatakan kami tidak hanya menemukan rangka dinosaurus. Tapi masih utuh dengan kulit luar. Spesies Nodosaurus yang ditemukan merupakan dinosaurus tertua yang pernah ditemukan di Alberta Kanada. Lengkap dengan kulit dan bagian dalam yang diawetkan seperti mumi dionsaurus.

Peneliti menghabiskan 7000 jam untuk memisahkan batu yang menutup fosil. Awalnya fosil lengkap tersebut tertutup oleh batu yang terbungkus rapat dan sempat pecah ketika dicoba dipindahkan.

Dinosaurus Nodosaurus ditemukan di Alberta fosil dinosaurus terbungkus rapat berusia 110 juta tahun


Berita terkait
Fosil mahluk tertua di bumi, disebut amoeba Dickinsonia. Memiliki ukuran 1,4 meter sebagai amuba purba atau fosil tertua yang pernah ditemukan. Seorang anak berusia 9 tahun membuat kagum teman sebayanya bahkan para ilmuwan. Jude Sparks menemukan fosil yang terkubur ditanah ternyata fosil berusia jutaan tahun.

Gambar mahluk purbakala umumnya hanya kerangka, dan ilmuwan memberikan gambar seperti apa bentuk aslinya. Tapi fosil di Myanmar ini adalah fosil burung yang utuh, bahkan masih lengkap dengan kaki dan bulu dari burung di jaman 100 juta tahun lalu.



Manusia modern bertahan sampai saat ini, menjadi mahluk penguasa bumi. Apakah nenek moyang kita adalah satu satunya homo sapien yang ada dan berasal sama. Berdasarkan penemuan benda purbakala, Homo Florensiensis terpisah dari Homo Erectus. Manusia modern lebih cepat 100.000 tahun sudah hadir lebih cepat

Di sebuah kota kecil di Ottosdal Afrika Selatan, penambang menemukan benda misterius. Bentuknya seperti bola kecil yang disebut Klerksdor. Seperti bola bulat tapi pipih. Beberapa dari mereka memiliki3 garis melingkar. Terlihat seperti buatan manusia, tapi benda tersebut jauh lebih tua.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.

Paling tua mencapai 140 tahun. Manusia paling beruntung dibanding mahluk lain di bumi. Menjadi mahluk hidup paling panjang umurnya. Usia anjing peliharaan hanya antara 15-20 tahun, dan tertua adalah kura kura sebagai mahluk dengan usia terlama



Jika manusia terlalu lama berendam didalam air atau terkena air hujan terlalu lama, maka jari kaki dan tangan saja yang mulai keriput atau berkerut. Kejadian ini memang alami, dan terjadi ke semua orang.




No popular articles found.
< /body>