Matahari heliosfer bila blep satu detik


Science | 21 April 2017

Matahari memiliki angin yang membentuk gelembung untuk melindungi radiasi antar ruang bintang

Hal menarik, seandainya matahari menghilang satu detik saja. Apa yang terjadi dengan kita.

Bila matahari tertutup bulan, tentu terjadi gerhana matahari. Tapi bukan itu yang dimaksud, bila matahari mendadak tidak pada tempatnya, hilang, blep. Seperti itu.

Matahari menjadi pusat tata surya. Setelah terbentuknya tata surya kita membutuhkan waktu jutaan tahun sampai semua tepat di posisi. Beberapa planet, sabuk asteroid berada pada posisi yang tepat. Semuanya serasi, berputar pada orbitnya dan tidak bertabrakan. Penyebabnya adanya matahari.

Bumi misalnya mengorbit matahari dengan rata rata kecepatan 30km perdetik. Tentu tergantung posisi orbitnya, bisa lebih cepat atau lebih lambat. Karena orbit bumi berbentuk elips.

Bila matahari disulap menghilang. Maka efek gravitasi matahari menghilang, misalnya dalam satu detik dan kembali lagi ada disana. Artinya bumi mendadak bergerak lurus terus dengan kecepatan konstan. Entah kemana arahnya, termasuk semua orbit planet dan sabuk asteroid akan bergerak bebas. Walau matahari kembali diposisi yang sama, orbit semuanya di tata surya akan berbeda dari orbit sebelumnya.

Ketika matahari menghilang sesaat, juga menghilangkan lapisan pelindung magnit di tata surya kita. Bidang tersebut Heliosheath yang melindungi tata surya, bukan bumi saja tapi semua planet terlindung dari radiasi dan partikel dari luar luar tata surya. Heliosheath seperti gelembung di tata surya, disebut juga angin matahari. Matahari memberikan tekanan pada gelembung dari tekanan interstellar, gas hidrogen dan helium.

Bentuk perlindungan tata surya dari matahari

Ketika pesawat Voyager melewati batas tata surya, dan mulai menjauh lagi atau mencapai titik luar heliosphere. Daerah tersebut dinamai Heliopause. Sensor Voyager menemukan kepadatan plasma disana, mencapai 40x lebih kuat.  Disanalah batas kekuatan tekanan angin matahari dan bertemu dengan radiasi galaksi atau berada di ruang antar bintang.

Heliosphere matahari yang melindungi tata surya

Bentuk Heliosphere atau Heliosfer.
Seperti apa gelembung Heliosphere. Apakah memanjang seperti komet atau bulat seperti bola. Berdasaraka data pesawat ruang angkasa milik Nasa update 2017, Cassini, Voyager dan data dari misi Interstellar Explorer. Tim nasa mengambarkan gelembung magnetik matahari di bagian dalam mungkin jauh lebih kompak dari perkiraan sebelumnya.



Dengan adanya matahari, semua materi radiasi tersebut dapat dibelokan ke arah lain. Seperti bumi memiliki medan magnit untuk melindungi atmofer dari tekanan angin matahari.
Dengan tekanan angin matahari. Radiasi dari luar angkasa disana tidak menyebar masuk ke dalam tata surya.

Perlindungan tekanan angin matahari terhadap magnit dari luar angkasa seperti gambar pertama
Tapi bentuknya lebih bulat dari perkiraan sebelumnya. Karena atekanan di dalam heliosheath yang tinggi kata Kostas Dialynas seorang ilmuwan dari akademi Athena.

Bentuk heliosphere lebih bulat dari perkiraan sebelumnya

Heliosheath adalah wilayah terluar dari heliosfer (Heliosphere), di daerah tersebut disebeut Termination Shock. Tekanan angin matahari sering turun secara tiba tiba, dan efek angin antar bintang menjadi lebih kuat.
Di bagian ekor Heliosheath berbeda, seperti memeliki ekor komet.

Walau panas, cahaya matahari dan kekuatan radiasi bintang ini mampu melindungi seluruh isi tata surya.

Berita terkait
Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

lmuwan sudah mendapatkan seluruh data dari isi galaksi Bima Sakti. Belum, dalam 10 tahun terakhir masih ada lagi temuan baru dengan galaksi kerdil atau galaksi kecil berada di pinggiran galaksi Bima Sakti. Disebut satelit galaksi Bima Sakti.



Peneliti dari universitas Nagoya, bersama rekan dari Amerika dan Swiss mengidentifikasi bekas kuatnya matahari di sebuah pohon tua. Berdasarkan penelitian tertanggal tahun 5480 sebelum Masehi atau 7000 tahun lalu ada tanda tanda ditemukan bekas kadar karbon-14 di lingkaran pohon. Mengapa jejak tersebut membekas di sebuah pohon.

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya

Bayangkan bila seseorang sedang naik pesawat ruang angkasa dengan kecepatan Warp ala Startrek. Seperti apa melihat galaksi yang dilewati. Video di Vimeo dengan judul Katalog Fly Throught of the Gama Galaxy, gambar di galaksi sebenarnya sudah diperbesar.

Cara menghitung jarak sebuah bintang dapat mengunakan segitiga yang disebut Parallax. Tapi membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk menentukan jarak satu bintang. Sudut pergeseran gambar bintang dihitung dari bulan 1 disusul bulan ke 6.

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.




No popular articles found.