Belajar camera Canon vs Nikon pendapat Tony Northrup


Digital | 4 September 2014

Penguna camera DSLR Canon dan Nikon akan loyal pada satu merek, mereka tidak bisa pindah diantara kedua merek tersebut.

Mungkin bukan loyal, tetapi lebih memilih salah satu dan akan tetap disana.

Kedua merek memiliki disain tersendiri, baik lensa dan bodi tidak bisa ditukar begitu saja. Karena mounting lensa dibuat berbeda.

Termasuk ukuran sensor dikelas APS-C memiliki crop factor, dan sistem flash berbeda. Bagi fotographer akan menceritakan pengalaman dari masing masing merek yang dipakai, sekaligus memberikan pendapat tentang merek camera yang mereka gunakan. Sekarang sudah banyak produsen camera juga membuat camera DSLR, termasuk Fuji, Sony, Panasonic, Olympus, Pentax serta Samsung.

Tony Northrup mengatakan dia lebih memilih Nikon untuk beberapa fitur dibanding Canon. Tapi tidak penuh berada di Nikon sepenuhnya, alias tetap mengunakan Canon.

Pendapatnya setelah Tony mencoba camera D810
Nikon menurut Tonny lebih baik, lebih tajam karena sensor megapixel lebih besar dan lebih dynamic range serta kemampuan video 60 fps (model yang diuji). Tony mengatakan untuk tipe profesional lebih memilih Nikon dibanding Canon.

Canon memiliki kelebihan buffer memory, tapi Nikon lebih lambat untuk burst speed dan selalu kehabisan memory buffer lebih dahulu. Tentu saja tergantung spesifikasikasi dari masing masing model.

Untuk perbedaan produk. Dari bodi, Nikon lebih baik dibanding Canon. Seperti Canon T5 vs Nikon D3300 keduanya berbeda sensor 18Mpix vs 24Mpix.

Nikon D3300 lebih mahal tapi resolusi sensor lebih tajam. Masalahnya dengan sensor yang tajam tidak akan terlihat bila mengunakan lensa kit. Jadi 24mpix tidak akan tampil, kecuali mendapatkan tambahan dynamic range pada warna dan bayangan sesuai kemampuan Nikon.

Bila mengunakan lensa Sigma 18-35mm f1.8, walau harganya lensa tersebut setara 1 camera baru di kelas bodi entry level. Kemampuan Nikon D3300 meningkat dan lebih tajam. Dengan ketajaman lensa, maka Canon mendapatkan ketajaman setara 15% dan Nikon 17%. Hasilnya tentu lensa yang menentukan ketajaman gambar.



Berbeda dengan bodi camera papan atas seperti Canon 5D mk III vs D800E. Ketajaman keduanya juga berbeda bila berganti lensa.


Apakah penting mendapatkan detail gambar dalam % diatas. Tony mengatakan, untuk landscape atau lensa zoom (Wildlife) akan berbeda hasilnya dan foto terlihat lebih tajam.

Perbedaan Dynamic Range.
Nikon memiliki dynamic range lebih dibanding Canon. Dibandingkan 3D Mark III vs D810. Pentinya ketika mengambil gambar malam hari, Nikon lebih baik.



Untuk lensa Canon 70-195 (200)mm f2.8 memiliki peningkatan ketajaman sampai 21%. Lensa yang baik untuk foto wedding
Untuk lensa Nikon 70-200mm f2.8, tele maksimum pada 130mm dengan peningkatan 27%. Tapi di sisi zoom lain hanya meningkat 21%. Apakah zoom lebih rendah tidak rugi. Menurut Tony, 60% foto yang dibuat hanya mengunakan zoom antara 150-200mm, yang penuh 200mm hanya 35%.
Jadi penguna lensa Nikon 70-200mm tidak mendapatkan kemampuan sebuah lensa di seluruh ukuran zoom.




Tony memberikan pelajaran membaca DxOmark
Contoh kualitas lensa dari 2 camera berbeda.
  1. Tingkat lensa dimana ketajaman terbaik akan diberi rentang warna Hijau.
  2. Dengan tanda Merah, adalah kualitas ketajaman kurang
  3. Salah satu contoh ketika lensa Nikon diset ke 200mm maksimum, data dari DxO menunjukan warna Kuning yang artinya ketajaman gambar akan menurun pada setting tersebut.
  4. Posisi lensa zoom seperti 50mm-200mm, dibagian vertikal adalah aperture lensa dimulai dari 2,8 sampai 36.
  5. Grafik paling atas dengan tanda 1,3,5-8 menunjukan kualitas untuk resolusi megapixel gambar



Tony mengatakan untuk lensa 50-200mm, dia tidak bisa mengantikan Canon ke Nikon. Karena dengan kombinasi telezoom 70-200mm, lensa dan bodi Canon lebih tajam untuk gambar portrait. Selain tidak ada alternatif untuk telezoom dikelas ini bagi bodi Fullframe Sementara hanya tersedia di Canon.

Lensa Canon EF 200mm f2.8 prime, hanya dimiliki oleh Canon dengan lensa paling ringan. Pesaingnya Sigma memiliki lensa berkualitas tapi lebih berat dan sama mahalnya. Fotographer akan kerepotan untuk memegang beban lensa.



Lensa 50mm f1.8
Disini berbicara lensa Prime atau Fix Lens.
Canon menjual $100, tapi Nikon $216.Walau di kelas entry level, intinya Nikon tidak memiliki lensa tipe FX atau Fullframe semurah Canon.

Karena lensa Nikon tetap harus diatur otomatis dari lensa untuk bodi entry level, kata sederhananya di dalam bodi Nikon tidak memiliki adjust AutoFocus dan stabilizer di model pemula. Sensor camera menempel di bodi saja, kecuali model menengah keatas, memiliki fitur seperti Canon dimana sensor dapat maju mundur untuk autofocus.

Sedangkan Canon memiliki internal autofokus dari bodi. Seluruh sensor Canon membantu maju mundur untuk mengoptimalkan fokus langsung di sensor setelah lensa mengatur posisi fokus.



Saran dari Tony
Untuk foto casual atau pengunaan bebas terserah merek apa yang dipakai.
Untuk landscape, Nikon dengan Dynamic Range
Untuk sport, Canon dengan fokus lebih baik dan lensa lebih baik
Untuk alam seperti lensa Wildlife dibawah $100 Canon, untuk Nikon siapkan dana lensa > 10K.
Untuk Portrait, Canon.lebih baik
Video tetap unggul Panasonic seri GH dengan sensor 16Mpix.

Hati hati jangan terpengaruh dengan artikel ini, manfaatkan apa saja yang sudah anda miliki dengan menghilangkan keterbatasan perangkat. Jangan lupa belajar editing photo menjadi alternatif terbaik sebelum menganti bodi dan lensa camera.

Pelajaran lebih lengkap bisa dilihat video dibawah ini


Berita terkait
Bagaimana nilai seorang fotographer berpengalaman dengan fotografi Landscape. Elia sudah keliling ke beberapa negara untuk mengabadikan tempat indah. Termasuk foto di Bromo selama 8 hari menjadi salah satu foto yang paling dikagumi.

Ingin membuat foto galaksi Bima Sakti disarankan mengunakan lensa 24mm atau lebih pendek lagi untuk focal length untuk camera sensor APS-C. Untuk Full Frame disarankan mengunakan 35mm atau lebih pendek. Untuk camera 4/3 paling susah, harus mengunakan lensa 16mm ke bawah.



Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.

Tip dari Fenchel dan Janisch, mengunakan DSLR untuk video film malam hari. Kelemahan camera dan camcorder sama saja, bila keduanya disetting otomatis. Keuntungan dengan DSLR, setting camera dapat diatur manual.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto

Mengambil gambar close up untuk kalangan eksekutif diceritakan oleh Jay.P.Morgan. Setiap personal yang akan di foto memerlukan trik dalam pencahayaan. Cahaya lampu harus dikurangi agar tidak terlalu terang di foto, pengaturan ulang cahaya berbeda dari masing masing objek foto,

Canon Amerika memperkenalkan layanannya di Youtube Channel. Untuk memberikan pelajaran tentang camera dan peralatan Canon.Video cara belajar camera Canon dibuat pendek, tetapi lengkap dan lebih dalam. Saat ini ada 19 video yang dibuat, baik untuk





No popular articles found.
< /body>