Smartphone Android dan iPhone dapat di install dengan Google Maps.

Di Android peta Google Maps menjadi aplikasi default. Tidak semua penguna aplikasi ini tahu, bila fitur Google Maps dapat mencatat kemana saja seseorang pergi. Bahkan akan tercatat di situs Google.

Untuk memeriksa apakah smartphone atau perangkat anda masih aktif dan tercatat kemana saja perginya. Masuk ke login resmi yang dipakai di smartphone (sebagai contoh).
Bisa di buka halaman maps.google.com/locationhistory/

Bila di link diatas ternyata ada jejak anda atau catatan kemana pemilik perangkat smartphone Android pergi. Kemungkinan aplikasi Google Maps masih aktif dibagian Location History . Walau aplikasi sudah ditutup, sistem tracking di Google tetap aktif. Bahkan disimpan dalam hitungan hari, minggu bahkan setiap tahun.

Mengapa Google mencatat kegiatan seseorang melalui aplikasi Google Maps. Hanya untuk data perusahaan, dan data analisa. Seperti data untuk iklan yang ditayangkan Google dapat tepat sasaran serta mencocokan tayangan iklan apa yang tepat. Bila penguna merasa data kemana saja anda perlu tersebut tidak perlu dicatat, bisa dimatikan dari Location History.

Untuk mematikan Location History dari Google Maps di Android.

Buka aplikasi Google Maps, dan click di bagian layar kiri atas. Seperti gambar dibawah ini setelah tampil di click bagian Setting dan ikuti langkah pada gambar kedua, sampai mematikan Location History menjadi Off di gambar ketiga

Untuk menghapus data Location History yang sudah tercatat di Google. Tinggal masuk ke website link diatas dan hapus data yang tercatat disana pada menu "Delete all history".


Google Location Sharing

Google kembalikan fitur Google Maps Location Sharing, sebelumnya diberikan untuk member Google+. Lokasi dapat dikirim ke teman, bila rekan lain sudah terdaftar di Google Contact.