Smartphone Android dan iPhone dapat di install dengan Google Maps.

Di Android peta Google Maps menjadi aplikasi default. Tidak semua penguna aplikasi ini tahu, bila fitur Google Maps dapat mencatat kemana saja seseorang pergi. Bahkan akan tercatat di situs Google.

Location Sharing

Untuk memeriksa apakah smartphone atau perangkat anda masih aktif dan tercatat kemana saja perginya. Masuk ke login resmi yang dipakai di smartphone (sebagai contoh).
Bisa di buka halaman maps.google.com/locationhistory/

Bila di link diatas ternyata ada jejak anda atau catatan kemana pemilik perangkat smartphone Android pergi. Kemungkinan aplikasi Google Maps masih aktif dibagian Location History . Walau aplikasi sudah ditutup, sistem tracking di Google tetap aktif. Bahkan disimpan dalam hitungan hari, minggu bahkan setiap tahun.

Mengapa Google mencatat kegiatan seseorang melalui aplikasi Google Maps. Hanya untuk data perusahaan, dan data analisa termasuk keamanan diri kita.

Bila penguna merasa data kemana saja anda pergi  tidak perlu dicatat, bisa dimatikan dari Location History.

Untuk mematikan Location History dari Google Maps di Android.

Buka aplikasi Google Maps, dan click di bagian layar kiri atas. Seperti gambar dibawah ini setelah tampil di click bagian Setting dan ikuti langkah pada gambar kedua, sampai mematikan Location History menjadi Off di gambar ketiga

Untuk menghapus data Location History yang sudah tercatat di Google. Tinggal masuk ke website link diatas dan hapus data yang tercatat disana pada menu "Delete all history".


Google Location Sharing

Google kembalikan fitur Google Maps Location Sharing, sebelumnya diberikan untuk member Google+. Lokasi dapat dikirim ke teman, bila rekan lain sudah terdaftar di Google Contact.




Mencari  rute jalan - skenario kedua

Disini diperlukan sebuah computer / notebook, dan tentunya smartphone Android

Ceritanya seperti ini
  • Bagaiaman membuat rute jalan ke satu tempat tujuan dan tampil di smartphone, misal rute jalan ke rumah anda atau rute jalan dari rumah teman anda.
  • Membuat rute jalan dan mengirim ke teman atau keluarga yang akan datang mampir sesuai saran yang anda inginkan.
  • Membuat rute jalan di Google dan mengirim ke teman untuk tempat yang perlu dikunjungi.
Sebagai contoh. Anda sudah mengetahui dimana alamat teman tidak tahu jalan. Misal seseorang ingin berkunjung ke rumah teman di Jogyakarta setelah mampir di kota Solo, tapi hanya mengetahui alamat yang dikirim dengan koordinat GPS. Kita tahu arah jalan dari kota Solo menuju Jogyakarta, tapi tidak tahu dimana jalan menuju lokasi rumah teman kita.
Sementara teman anda hanya mengirim lokasi dari Whatsapp, atau Facebook Messenger saja. Dan hanya memperlihatkan satu titik lokasi tempat tinggal.
Sebelum berangkat ke tujuan, kita dapat membuat lokasi tepat alamat dan lokasi rumah teman yang dituju. Dan arah berangkat dari tujuan kita misal dari tol Solo menuju Jogyakarta.
Dengan mengunakan notebook, buka website Google.com/map
  • Click dimana kita akan memulai perjalanan dari Solo menuju Jogyakarta. Dengan memberikan tanda Direction from here
  • Lalu tujuan dengan menempatkan Direction from here sebagai tempat keberadaan teman anda
  • Selesai akan tampak 2 garis perjalanan, dari kota Solo ke Jogyakarta, dengan rute detil arah jalan dari Google Maps..

Membuat rute jalan dari dan tujuan di Google Maps dan disimpan

Sekarang anda sudah tahu rute perjalanan rute Solo ke Jogyakarta nanti. Tapi detil perjalanan, lewat mana, rute kemana yang terdekat hanya terlihat di layar computer / notebook.
Tentu repot mencatat dari keluar Tol Solo, belok kanan belok kiri dan seterusnya.
Karena rute yang dibuat pada gambar diatas dilakukan di computer dirumah. Bagaimana mengirim rute jalan ke smartphone.
Google memiliki fitur untuk mengirim peta yang kita buat sendiri dari Account Google ke smartphone.
Setidaknya anda memiliki smartphone yang sudah terdaftar di Google, termasuk nomor telepon resmi. Tinggal di click, kirim ke :
  • Tipe smartphone yang anda miliki yang sudah terdaftar seperti gambar dibawah
  • Atau mengirim ke email anda, dan simpan dahulu untuk sementara.
  • Atau mengirim SMS (Gratis) dari Google ke nomor telepon anda sendiri.
Nantinya Google Maps akan memberi sebuah link, bila link tersebut di click di smartphone. Maka link akan menampilkan peta tujuan melalui aplikasi Maps Google dan menunjukan peta yang sudah dibuat sebelumnya. Demikian juga tempat lain, misal setelah dari Yogyakarta, anda ingin berkunjung kerabat dekat di Kebumen, tinggal dibuat rute lain seperti diatas.

Membuat rute jalan kirim ke SMS telepon dari Google Maps

Gambar dibawah ini tampilan pesan SMS Google ke nomor telepon anda.
Akan tampil satu Link, bila di click akan tampak seperti gambar tengah dan kanan, sebagai rute perjalan anda di Google Maps.

Mengirim lokasi dan rute jalan kirim ke email lokasi di Google 
Maps

Bagaimana bila kebalikannya.
Bila anda alamat anda yang dituku sedangkan orang lain yang mencari alamat rumah anda.
Tinggal dibalik, tanyakan ke teman anda darimana dia akan datang, misalnya dia berangkat dari tol Solo. Lalu buat rute seperti diatas.
Anda bisa membuat rute jalan Google Map seperti diatas, lalu kirim darai link yang dikirim melalui layanan SMS / ke email anda sendiri.
Selanjutnya kirim Link dengan Copy Paste melalui SMS ke nomor telepon rekan anda, atau Chatting.
Sehingga teman anda tinggal membuka link yang sudah dikirim untuk melihat rute tujuan yang sudah anda buat.

Informasi diatas tidak terbatas untuk mencari alamat. Bisa saja membantu teman yang ingin mencari tempat kuliner di kota yang anda tinggal.
Misalnya kebetulan anda mengetahui lokasi tepat dimana tempat kuliner atau tempat belanja
Dapat membantu teman anda, dan membuatkan rute jalan bagi teman anda. Dan rekan anda tidak perlu repot mencari atau membuang waktu untuk bertanya ke orang lain di jalan dengan letak dimana sih restoran C atau toko roti A. Atau bisa juga untuk kita sendiri yang membuat rute perjalanan liburan.
Lebih mudah arah yang diberikan dari peta dari Google Maps, bahkan anda bisa memberikan rute jalan terbaik. Misalnya mampir ke toko roti A, lalu beli bandeng di pasar B dahulu dan menyarankan ke teman anda sebelum kembali pulang untuk makan dahulu di restoran C di kota anda

Bila informasi membuat link rute diatas kurang jelas dapat dilihat tahapan membuat rute jalan dari video dibawah ini. Jangan lupa banyak tip video Youtube yang kami miliki dengan mengclick Subscribe dibawah ini



Bila tertarik merekam jalan menjadi video dapat mengunakan Google Street View