Seperti apa bumi di jarak 11 milyar km, gambar dari Voyager 1 melihat bumi dari jauh


Kategori : Science | Date : 4 September 2012

Seperti apa gambar bumi pada jarak 11 milyar km.

Pesawat Voyager 1 mengirim  foto posisi bumi pada jarak tersebut. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

Pesawat Voyager akan meninggalkan tata surya setelah bertugas mengambil gambar planet di tata surya.

Dan tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi setelah itu. NASA akan mengumumkan kembali temuannya setelah Voyager 1 meninggalkan magnet matahari.

Pesawat Voyager terus melaju meninggalkan planet di tata surya. Sampai tahun 2018 masih terditeksi pesawat ini aktif.

Bahkan sempat merekam Bowshock atau wilayah dimana mulai terjadi tabrakan antara gelombang angin matahari dengan gelombang antar bintang.

What Earth Looks Like from Interstellar Space 11-Billion Miles Away

Video dibawah ini adalah insinyur yang terlibat di proyek Voyager sejak 35 tahun lalu.

Semua yang membuat ketika pesawat diluncurkan masih berusia muda

Sudah melewati usia manula, dan menceritakan bagaimana pesawat Voyager bekerja.

Ed Stone menceritakan memberikan informasi seperti apa gelebung matahari, dan kemana arah voyager.

Ketika angin matahari mulai melambat artinya sudah berada di wilayah antar bintang.

Ed Stone menceritakan setiap bit data yang dikirim ke bumi adalah data baru dari pesawat Voyager.

Tapi membutuhkan 16 jam baru tertangkap sinyal di antena penerima.

Sekarang di tahun 2017 , sinyal voyager baru tertangkap 19 jam 5 menit. Karena jauhnya sudah berada 20,6 miliar km dari Bumi

Pesawat ruang angkasa Voyager hanya mengirim data dengan kecepatan 160bps, dan amerekam data 115kbps.

Voyager 2 masih sedikit lebih dekat, membutuhkan waktu 16 jam 15 menit berita yang dikirim dari pesawat ke bumi.


Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air.

Juli 2016 menjadi suhu terpanas bumi dan mengalahkan rekor sebelumnya. Juli 2017 rekor kedua bumi terpanas, bahkan tidak membutuhkan El Nino. Bila merasa gerah dan panas mungkin ini salah satu data yang perlu dibaca.



Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar

Teleskop raksasa Thirty Meter resmi dimulai 7 Oktober 2014. Pembangunan teleskop ini akan menghabiskan dana 1,4 milliar dollar. Berada diatas gunung Mauna Kea. Bila selesai dibangun, nantinya ada 3 teleskop raksasa di dunia. termasuk TMT.

20 tahun berlalu, penemuan planet alien 4034 planet. Planet tersebut dinamakan Exoplanet atau planet yang mungkin di tinggali manusia. Juni 2017 ditemukan 219 exoplanet baru dan 10 diantaranya berada di posisi tepat

Suhu terpanas dan terdingin. Dimana kondisi tersebut dapat tercapai. Dan bagaimana para ilmuwan melakukan percobaan. Intinya mencari pembuktian teori yang pernah dikemukakan, dari teori pembentukan alam semesta dan penyebabnya sampai kondisi atom yang di dinginkan



Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581

Menurut peneliti NASA, 2 galaksi Milky Way atau Bima Sakti dan Andromeda memang berdampingan.Tetapi terjadinya tidak sekarang, sekitar 4,696 milyar tahun lagi. Simulasi dari ICRAR. Lalu manusia mau pergi kemana.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Film In Saturn's Rings bukan film animasi, dibuat susun dari 1 juta foto lebih dan 25 misi. Tidak ada sentuhan 3D atau CGI dalam pembuatan film ini. Foto dikumpulkan sejak tahun 2010.

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.



Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Pesawat tanpa awak Cassini yang dimiliki Nasa kembali mengabadikan sebuah gambar dari planet Saturnus. Dari sisi samping planet , camera diarahkan ke bumi. Bisa terlihat bumi begitu kecil pada jarak 898 juta mil.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

China akan meluncurkan satelit dengan camera high res pertama untuk observasi bumi. Satelit dengan nama High Score 1 kabarnya sudah siap diluncurkan dan terpasang di roket.

Sekitar tanggal 15 Februari ada sebuah asteroid akan melintas bumi, bahkan berada dilintasan antara bumi, bulan dan satelit.  Lebar asteroid tersebut sekitar 50 meter. Asteroid dengan nama DA14 melintas dalam jarak 33 ribu km dari bumi.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.

Kalangan radio amatir sering menangkap suara tersebut, baru diketahui asalnya. Akhirnya ditemukan sumbernya saat ini.

NASA mengumumkan penemuan dari teleskop Hubble minggu lalu. Ada 2 gugus bintang dalam proses pengabungan atau bertabrakan. Keduanya berjarak 170.000 tahun cahaya. Ditemukan di nebula Tarantula atau dikenal sebagai 30 Doradus dalam sebuah awan Magellan besar.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.

Sebuah team dioperasikan oleh pasukan Air Force ke 20 Space Control dan dibuat oleh Lockheed Martin, Northrop dan Raytheon. Pekerjaan pasukan ini memantau semua satelit yang ada di atas orbit, termasuk stasiun ruang angkasa international sampai teleskop Huble.


No popular articles found.