Fenomena bulan kembar 27 Agustus 2014 Hoax


Kategori : Shortstory | Date : 28 August 2014
Cerita lucu tentang bulan kembar pada tanggal 27 Agustus 2014 sempat beredar di jaringan internet seperti BBM, milis dan pesan singkat. Bahkan ditambahkan embel embel kejadian baru terulang pada tahun 2287.

Yang benar adalah tanggal 23 Agustus lalu dengan formasi bulan, Venus dan Jupiter membentuk posisi segitiga. (Space)

Berita bulan kembar yang disebutkan adalah jarak Mars dan Bumi lebih dekat. Seakan membuat satu bulan lagi atau tampil 2 bulan dengan ukuran planet Mars lebi besar. Menurut Tempo.co, berita ini adalah cerita berulang di tahun 2007 lalu.

Tidak mungkin planet Mars mendekati bumi dan terliat seperti satu bulan lain mendampingi bulan sekarang. Orbit Mars stabil dan aman saja tuh. Posisi planet Mars minggu ini, keluar terlambat dibanding bulan atau baru terlihat menjelang siang hari. Pada tanggal 27 Agustus 2014 ini tidak ada posisi bulan bukan dalam posisi bulan purnama, karena bulan dalam posisi sabit. Yang untung pasti operator telekom, yang kena Hoax apes saja mengirim berita Hoax via SMS ke rekan lain



Foto dibawah ini posisi bulan , Mars dan Saturn Membuat posisi segitiga. Diambil pada 30 Agustus 2014, jadi planet Mars masih jauh disana.


Pada tanggal 28 September 2015 sedang tayang Online jam 10:00 WIB. Satu lagi peristiwa langka dari dunia astronomi. Posisi bulan akan masuk ke bayang bumi. Dan memperlihatkan gerhana bulan total, tidak tertutup total tapi bulan masih terkena cahaya matahari dengan intensitas rendah. Bulan akan berubah warna, sedikit gelap atau kemerahan.

Tanggal Supermoon tahun 2014, ada 3 antara Juli, Agustus dan September. Salah satu yang terakhir tahun ini 9 September 2014 ini. Apa yang menarik dengan Supermoon



Bulan separuh akan tampak 3 Agustus, dan bulan purnama pada 10 Agustus. 18 Agustus kembali muncul bintang Aldebaran dan berpapasan dengan Bulan

Bulan akan tampak sebagai Blue Moon dengan warna biru.  Bukan hanya purnama tapi bulan akan berwarna biru.  Tampak menjelang senja sampai melewati malam hari. Karena bulan tampil lebih dahulu pada sore hari disebabkan cahanya terhalang atmosfer bumi.




No popular articles found.