Planet dengan keunikan di tatasurya


Kategori : Science | Date : 25 August 2014
Keunikan di tata surya kita, dari semua planet memiliki ciri tersendiri. Hanya planet Bumi yang tidak memiliki kondisi paling ekstrim.

Bumi memiliki lautan, dahulu Mars juga memiliki lautan. Tetapi atmosfer bumi cukuptebal. Dibanding planet lain hanya satu planet dengan kandungan oksigen paling banyak yaitu Bumi. Menjadi planet paling indah untuk manusia.

Satu keanehan di planet Jupiter, tidak dipungkiri lagi adalah spot merah. Spot merah tersebut adalah badai, tapi sangat besar. Ukurannya 3 kali lebar bumi atau 3x lingkaran bumi.. Badai disana sudah terjadi sejak 300 tahun lalu. Tapi nanti spot merah disana akan menghilang setelah badai raksasa tersebut mereda.

Saturnus terkenal dengan cincin spektakuler dibagian kutubnya. Jupiter, Uranus dan Neptunus juga memiliki cincin. Hanya di planet Saturnus, cincin tersebut memiliki bentuk sangat unik. Lingkaran di kutub tidak berbentuk lingkaran tapi segi enam. Masing masing sisinya sepanjang 12500km atau selebar 4x bumi. Entah mengapa cincin berbentuk heksagonal tersebut terjadi. Mungkin terdapat interaksi yang rumit antara gelombang menuju atmofer dan putaran gas.

Badai di planet Mars menjadi badai terbesar yang menyelimuti planet merah ini. Bisa berlangsung berbulan bulan. Salah satu teori mengatakan, badai debu terus tumbuh sangat lama. Mungkin terjadi pemanasan di atmosfer Mars karena debu yang naik ke atsmofer. Kantong udara yang hangat naik ke daerah lebih dingin dan menghasilkan angin. Karena kencangnya badai tersebut mampu mengangkat debu lebih banyak dari tanah. Setelah naik membuat atmofer menjadi panas dan meningkatkan lebih besar lagi kekuatan angin dan terus menarik debu lebih banyak lagi.

Cincin Saturnus begitu besarnya, salah satu cincin paling besar baru ditemukan pada tahun 2009. Bila dihitung ukuran malah jauh lebih besar dari planet Saturnus sendiri, mencapai 200x diameter planet sendiri.

Planet Neptunus disana terdapat aliran jet angin yang jalan jalan dengan kecepatan lebih dari 2500km perjam. Masih menjadi misteri mengapa terdapat arus angin begitu kuat, padahal Neptunus berada jauh dari matahari.

Planet Uranus juga tidak kalah unik. Uranus memiliki kemiringan paling jauh dari planet lainnya. Seperti bumi, memiliki sudut miring. Setiap 6 bulan sekali akan terlihat gerakan matahari seperti berpindah karena pergerakan sudut bumi. Para ahli memperkirakan, dahulu planet Uranus pernah ditabrak planet seukuran bumi. Sehingga sudutnya bergeser lebih jauh dan membuat sudut planet paling miring dari planet lain.

Dari semua gunung yang pernah ditemukan dan terrtinggi di tatasurya, hanya gunung yang ada di planet Mars. Tingginya sekitar 27km, atau 3x dari ketinggian gunung Everest. Disebut gunung Olympus Mons masih memegang rekor sebagai gunung tertinggi di tatasurya.

Aliran suhu liar yang panas di planet Merkurius. Karena planet ini berada dekat dengan Matahari, tentu saja suhunya sangat panas. Dapat mencapai 450 derajat Celcius pada bagian yang menghadap matahari. Tapi disisi permukaan lain menjadi sangat dingin. Disisi yang membelakangi Matahari, suhunya anjlok - 170 derajat C. Menjadi planet dengan suhu ekstrim antara malam dan siang hari.



Terakhir adalah Venus. Venus menjadi planet kedua paling dekat dengan Matahari. Walau menjadi planet nomor 2 yang dekat dengan matahari, planet ini begitu padat, sangat berbahaya dan beracun, karena disana terjadi efek rumah kaca. Suhu disana tidak kalah ekstrim seperti Merkurius, bahkan lebih panas sampai mencapai 465 deg.C.  Suhu panas tersebut cukup untuk melelehkan metal timah


Planet Jupiter memiliki titik spot merah dan ratusan bertahun tahun sudah ada memiliki lebar 16.500km. Apa isi planet raksasa ini, apakah sebesar seperti tampilannya. Jupiter memiliki 4 bulan paling besar akan terlihat di tahun 2018, tapi total 79 bulan di Jupiter (Juli 2018). Satelit Jovian memiliki orbit terbalik

Nasa baru mempublikasi bagaimana manusia pergi ke Mars. Tahap pergi ke Mars tidak semudah yang dibayangkan. Pertama astronot singgah di stasiun ruang angkasa baru. Semua masih rancangan, mantan astronot Nasa Chris mengatakan perjalanan ke Mars paling beresiko tanpa teknologi baru yang tidak pernah kita pikirkan harus ada.

Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.



Planet Merkurius dengan suhu ekstrem, dari 430 deg.C dan anjlok malam hari -180 deg.C. Satu hari 58 hari waktu bumi, orbit setahun 88 hari ke matahari. Pesawat Messenger terakhir di Merkurius 2015, video planet Merkurius. Bercak merah adalah sejarah adanya gunung berapi

Update planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total ada 13 planet di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet. Planet X atau planet ke 9 dikonfirmasi Nasa

Apakah bisa planet Mars dan Bulan ditanam pepohonan. Di jawab mungkin bisa kata tim Universitas Wageningen. Salah satunya kentang bisa tumbuh, setelah di uji coba di gurun Peru.
Penelitian lain tanah Mars lebih beracun dari perkiraan sebelumnya.

Sebelum 30 Mei, posisi Mars akan segaris antara Matahari, Bumi dan Mars pada tanggal 22 Mei sebagai posisi terbaik mengabadikan Mars. Dan pada tanggal 31 Mei 2016, jarak Mars ke Bumi hanya 75.3 juta km. Menjadi jarak terdekat antara Mars ke Bumi, setiap 11 tahun sekali



Mempelajari tata surya. Bagaimana bintang terbentuk, dan bagaimana planet bisa terbentuk disekitar bintang. Pertanyaan ini masih terus diteliti oleh para astronom. Sebuah bintang yang diteliti disini tiba tiba meningkat kecerahannya menjadi 250 kali dalam satu tahun. Hal ini menunjukan infus materi di bintang ini tidak biasanya memakan materi di sekitar dirinya.

Pada tanggal 28 September 2015 sedang tayang Online jam 10:00 WIB. Satu lagi peristiwa langka dari dunia astronomi. Posisi bulan akan masuk ke bayang bumi. Dan memperlihatkan gerhana bulan total, tidak tertutup total tapi bulan masih terkena cahaya matahari dengan intensitas rendah. Bulan akan berubah warna, sedikit gelap atau kemerahan.

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru

Galaksi di Spiderweb atau MRC 1138-262 adalah cluster galaksi. Dimana kumpulan galaksi terbentuk 11 miliar tahun lalu. Foto terbaru terlihat pembentukan bintang disana bisa muncul di tepian galaks. Cluster Galaksi adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta.

3 peneliti dari institusi Perimeter memberi masukan baru tentang alam semesta. Bagaimana sebelum terjadinya Big Bang, munngkin kita berasal dari dimensi yang lain. Bagaimana kejadian sebelum Big Bang



Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. Venus menjadi planet paling panas dibanding Merkurius

Bulan adalah bagian dari planet Bumi. Dan pembentukan Bumi dan Bulan memiliki umur yang sama, setidaknya setelah kehancuran Bumi ditabrak oleh planet lain. Sehingga atom di Bulan dan Bumi memang identik


No popular articles found.