Kabel internet Faster 60TB email terasa lebih cepat bulan September 2016


News | 6 September 2016

Agustus 2014
Google ikut berinvestasi jaringan kabel bawah laut dengan kecepatan 60Tb/s menghubungkan daratan Amerika dan Jepang.

Kerja sama konsursium China Mobile International, China Telecom Global, Global Tarnsit, KDDI dan Singtel. Diperkirakan selesai pertengahan 2016.

Jaringan kabel dengan nama FASTEr menghubungkan kota Chikura dan Shima Jepang ke Los Angeles, San Francisco, Portland dan Seattle Amerika Serikat. Tersambung ke Tanshui Taiwan.



Jaringan kabel Unity memiliki kecepatan 7.7TBit/s pada tahun 2010. Menghubungkan rute yang sama dari Jepang ke Amerika. Kabel SJC awalnya memiliki kecepatan 15Tb/s sudah di upgrade menjadi 23Tb/s pada tahun 2011. Menghubungkan Jepang, Tiongkok, Brunei, Thailand, Singapura, Indonesia dan Filipina serta Hong Kong. Jaringan ini menjadi sistem ke 3 dimana Google ikut serta.

Proyek kabel bawah laut tersebut diperkirakan menghabiskan dana 300 juta dollar. Google ingin menjamin jaringan mereka dengan internet kecepatan tinggi dan stabil. Mengingat sistem OS Android sudah digunakan di banyak perangkat.

Update Juni 2016
Kabel Faster 60TB rampung dibangun, menghubungkan benua Amerika dan Asia melalui Jepang. Terhubung ke 6 hub, Los Angeles, San Francisco, Portland dan Seattle dan hub di Jepang dan satu hub di Taiwan. Selain jaringan kabel bawah laut Faster yang dibangun, Google membuat jaringan kabel bawah laut dari Florida ke Brazil yang selesai tahun 2016.

Google bekerja sama dengan beberapa perusahaan di Asia untuk memasang kabel bawah laut Faster. Urs Holzle

Microsoft dan Facebook membangun kabel trans Atlantik yeng menghubungkan pantai Virginia ke Bilbao di Spanyol.



Tapi bicara kabel Faster lebih menguntungkan bagi penguna internet di Asia untuk terhubung ke layanan jaringan di Amerika Serikat. Google hanya mengambil 10TB, sisanya digunakan untuk perusahaan lain yang ikut membangun.

Faster dibangun dengan kapal khusus, setiap hari memasang kabel sepanjang 200km dan kabel dilengkapi pelindung agar tidak terganggu dengan kondisi alam serta gigitan ikan hiu. Faster memiliki kapasitas 60TB/s, Mengunakan multi color lampu untuk mentranmisi data, Setiap 60km dipasangkan repiter dan digelar sepanjang 11000km

Update September 2016
Apakah lebih terasa koneksi Youtube, email lebih cepat. Jaringan internet di Asia sekarang lebih cepat, mendapatkan tambahan kecepatan 26TB/s antara Jepang dan Taiwan. Dan menghubungkan ke data center Google di Taiwan.
Secepat apa tranfer data dari kabel bawah laut antara Jepang dan Taiwan melalui jalur Faster. Google mengambarkan setiap 15 detik, setiap warga Taiwan membuat foto selfie di Taiwan. Dan foto langsung tampil dapat dilihat oleh penguna internet di Jepang. Google akan memperluas ke jaringan data center di Singapura. Blog Asia Google.com

Berita terkait
Kabel Equiano memiliki kecepatan 20 kali lebih besar dibanding jaringan kabel yang telah ada saat ini. Equiano adalah jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan 2 benua. Kali ini kabel tidak melintas antar benua, hanya melintas di pinggir benua dan menghubungkan negara negara di wilayah Barat.

Sejak internet digunakan, awal dari koneksi internet ke seluruh dunia masih mengunakan teknologi satelit. Pertumbuhan internet semakin cepat dengan teknologi kabel serat optik untuk menghubungkan antar benua. Kabel bawah laut tercepat, Marea milik Microsoff, Facebook dan Telxius, dengan 8 kabel fiber optik



Jaringan kabel bawah laut Fiber Artic diperkirakan selesai tahun 2016. Membawa jaringan internet dari London dan Tokyo lebih cepat 23ms. Tantangan di rute 15.600km ini lebih sukar dibanding jaringan kabel optik di daerah khatulistiwa. Karena rute yang dilewati adalah lautan es yang hanya terbuka di musim panas

Kecepatan terbaru dapat ditarik sepanjang 6000km, dengan tranfer 100Gbps. Dalamnya kecil seperti batang lidi, tetapi bungkusnya sangat besar

The Group atau Time Malaysia mulai masuk rancangan konstruksi dan peraawatan jalur kabel bawah laut Asia Pacific Gateway (APG). Kabel APG akan menghubungkan jalur kabel optik dari malaysia ke Korea dan Jepang.




No popular articles found.
< /body>