Awan hidrogen membentang 2,6 juta tahun cahaya menjadi gas terbesar di kosmos


Science | 12 August 2014

Dr Rhys Taylor dari peneliti Czech Academy of Sciences menulis di buletin Royal Astromical. Tentang sebuah penemuan awan hidrogen yang besarnya 20x lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Disebut dengan Hydrogen Bridge. Gas yang ditangkap teleskop membentang seperti saling menghubungkan 3 galaksi yang begitu jauh. Benda tersebut berada s500 juta tahun cahaya jauhnya.

Tempat ini menjadi awan hidrogen terbesar yang pernah ditemukan. Terkumpulnya semua gas disana bahkan setara 15 miliar kali kandungan hidrogen matahari.Dr Rhys mengatakan penemuan ini tidak terduga. Kita sering melihat aliran gas di dalam kelompok galaksi. Yang ini bukan berada di dalam sebuah cluster seperti yang kita ketahui. Gas tersebut membentang sejauh 2,6 juta tahun cahaya. Terlihat berwarna hijau dari beberapa galaksi tunggal yang ada di foto.


Disebut dengan jembatan, karena awan hidrogen tersebut terlihat saling menghubungkan ke antar galaksi di satu cluster. Pada gambar satu galaksi di kiri dan tengah terlihat seperti terhubung. Sedangkan yang kanan bawah terlihat agak terpisah. Jembatan gas hidrogen ini tercatat sebagai gas dengan volume terbesar. Rekor sebelumnya pernah ditemukan di daerah Virgo cluster beberapa tahun lalu.

Mengapa ada gas hidrogen terlihat saling terhubung dari ketiga galaksi tersebut. Salah satu teori, semakin besar galaksi terbesar mungkin menarik isi gas di galaksi di sebelahnya. Akhirnya gravitasi galaksi saling menarik gas yang ada.
Teori lain, sebuah galaksi terbesar mungkin menarik kelompok galaksi lebih kecil. Dan melontarkan sebagian gas keluar.

Tabrakan galaksi merupakan hal umum dan bisa terjadi bila terdapat galaksi saling berdekatan. Entah saling bergabung atau hanya saling merubah bentuknya. Bila terlalu jauh, gravitasi diantara keduanya bisa saja tidak terjadi kontak fisik untuk saling tarik menarik. Namun interaksi gravitasi mereka dapat menyebabkan efek dramatis.

Penemuan awan hidrogen terbesar ini ditemukan teleskop observasi Arecibo 305 meter berada di Puerto Rico. Merupakan satu satunya teleskop radio terbesar. Penemuan gas tersebut baru disimpulkan setelah mengumpulkan data dari tahun 2008 dan 2011.
Tim peneliti ini akan mencoba melakukan simulasi computer, dan mencari kemungkian mengapa gas tersebut terbentung jembatan yang saling menghubungkan antar ketiga galaksi.

Berita terkait
Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya



Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.




No popular articles found.
< /body>