ITU sahkan teknologi 8K Ultra HDTV


Technology | 27 August 2012

International Telecommunication Union atau ITU menyetujui format TV 32Mpix. Resolusi 7680 pixel x 4320 pixel / 120 frame perdetik dikenal sebagai Ultra HDTV 8K atau Super HI-Vision. Teknologi dari NHK Jepang mendukung 22.2 surround sound.

Menurut ITU, standar tersebut bisa digunakan di rumah  atau ruang publik seperti bioskop dan lainnya. Olimpiade yang baru berlangsung kemarin, NHK sudah menampilkan teknologi tersebut, mengunakan 3 camera untuk mengambil video 8K. Tahun 2020 nanti, NHK akan mulai melakukan percobaan untuk siaran 8K.

Sejauh ini teknologi HDTV baru mencapai 4K. Seperti LG yang menawarkan 84 inch HDTV dijual $22.000 dan masih mengunakan teknologi 4K. Sony dan JVC memiliki beberapa produk projektor 4K, yang dapat digunakan untuk camera digital cinema.

Sebagai gambaran dari resolusi 4K dibawah ini. VCD dengan resolusi paling kecil, DVD, disusul 720p dan 1080p atau dikenal HD dan Full HD, diatasnya sedikit adalah resolusi 2K, dan bandingkan dengan besarnya resolusi 4K yang digunakan HDTV baru dari  LG 84LM9600 85 inch HDTV diatas.

Rumor tentang teknologi 4K akan didukung oleh PlayStation 4 dengan teknologi 4K. Tetapi untuk teknologi televisi mungkin akan berjalan lambat, setidaknya beberapa tahun lagi.

Resolusi 4K


Berita terkait
Ada minimum standar untuk mengunakan nama Ultra High Definition atau UHD. Tapi bedakan dengan nama 4K dan UHD. Apakah camera merekam 4K sebenarnya, sebenarnya camera murah tidak merekam 4K sepenuhnya.

ITU telah menyetujui teknologi G.fast, standar baru yang memungkinkan jalur data 1Gbps melewati kabel telepon. G.fast disebut  ITU-T G.9701, Broadcomm menyiapkan G.Fast 500Mbit DSL



Teknologi TV 4K saja belum ada konten yang siap. LG sudah menurunkan teknologi TV 8K. Memiliki ketajaman 16x dari resolusi Full HD. Resolusi TV 4K mencapai 7680x4320.

The Consumer Electronics Association (CEA) baru mengumumkan pada 24 Juni 2014, tentang Ultra High-Definition atau TV 4K atau UHD TV. Termasuk monitor dan projektor dan TV di rumah.

Hanya apakah perlu bagi konsumen mengunakan resolusi 4K. Bisa dilihat apa yang bisa ditampilkan oleh sebuah layar baik LCD , OLED dan lainnya. Sampai saat ini tayangan bioskop saja masih mengunakan ketajaman proyektor 2K. Itupun gambarnya sudah bagus sekali. Mungkin ada proyektor yang memiliki kemampuan 4K

Mengapa layar handphone ikut berputar dari 90 derajat atau lebih. Ada sensor sangat kecil membantu mengatur posisi gravitasi dari handphone. Sebuah chip disebut Accelerometer membantu mengatur layar




No popular articles found.
< /body>