Alam semesta sebelum big bang disebut singularitas menurut 3 ilmuwan


Kategori : Science | Date : 12 August 2014
Bila para ahli astronom dapat melihat benda miliaran tahun lalu apakah bisa melihat terjadinya awal
3 peneliti dari institusi Perimeter memberi masukan baru tentang alam semesta.

Teori sebelumnya menyebut sebuah Big Bang terjadi, melontarkan isi seluruh alam semesta.

Kita kembali ke awal pembentukan manusia dahulu. Dari mana asal manusia, sangat mudah dijawab dengan pengetahuan sekarang ini. Manusia berasal dari primata, dan sekarang menguasai bumi.

Darimana asal bumi, dengan melihat kejadian yang ada di antariksa dapat ditentukan planet (termasuk bumi) berasal dari ledakan bintang. Debu dan gas yang berputar akhirnya membentuk planet.

Dari mana asalnya bintang. Bintang adalah pusat sebuah tata surya. Tidak terkecuali bintang kita yaitu matahari. Matahari adalah pusat tata surya, dan planet mengorbit. Bintang terbentuk akibat pergeseran dari debu dan gas di ruang hampa, sampai akhirnya terakumulasi menjadi gas dibagian tengah. Secara tiba tiba gas tersebut terakumulasi dalam jumlah sangat besar, tekanan bola gas memicu termonuklir, dan ledakan pertama munculnya cahaya bintang.

Bintang berada di galaksi, dan galaksi memiliki miliaran bintang. Dari mana asal pembentukan galaksi, sama seperti bintang, tetapi akumulasi galaksi berada ditengah yang disebut black hole atau lubang hitam. Benda yang sedemikian padat dan besar menjadi pusat galaksi. Miliaran bintang yang mengorbit disekeliling lubang hitam. Dari bentuk bintang yang mengorbit, cahaya bintang membentuk pola sebuah galaksi.

Dan terbentuk seperti sekarang ini, dari galaksi, bintang dan planet.

Tetapi bagaimana sebelum terjadinya Big Bang, seperti apa sebelum dimulainya alam semesta ini. Itu yang dipertanyakan.

Walau cerita Big Bang juga masih sebatas teori saja, karena terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Dan perkiraan tahun tersebut juga sebatas teori, karena ilmuwan hanya bisa memberikan data dari apa yang mereka amati dengan melihat bentuk galaksi yang sangat jauh.

Teori Big Bang adalah teori paling menarik saat ini.
Tidak hanya cerita dari asal alam semesta, materi dan hukum fisika di bidang kosmos yang terus berkembang menjadi dasar penemuan modern.



Pada kenyataan, teori Big Bang yang tidak terjadi dengan beberapa alasan. Dan bukan sebagai awal dari alam semesta.

Alam semesta tidak memiliki suhu berbeda bila kita melihat atau menghadap ke segala arah. Meskipun miliaran tahun cahaya jauhnya, dan dilihat pada arah yang sama.
Alam semesta tidak memiliki lengkungan, dalam arti tidak memiliki titik pusat.
Alam semesta tidak memiliki sisa jejak energi ultra tinggi dari awal. Meskipun suhu membuat jejak tersebut seperti dilihat para ilmuwan.

Dasar teorinya sederhana, materi di masa lalu ketika berbentuk sebuah bola yang sangat kecil (dalam skala kosmos) dengan tak terbatas kepadatannya lalu terjadi panas yang sangat hebat yang disebut Singularity. Secara tiba tiba meledak dan melontarkan seluruh isi ke ruang kosong di alam semesta, dan membentuk kehidupan seperti sekarang ini.

Suara alam semesta dapat kita dengar. Seperti apa, dengarkan radio analog maka suara seperti "hisssss".

Dimana tidak ada stasiun radio menyiarkan atau memakai frekuensi pada radio analog. Dan frekuensi tersebut kosong dari pemancar di Bumi, suara hiss tersebut itulah suara alam semesta.

Dari mana sumber suara tersebut berasal, dari gelombang microwave yang tertangkap radio dari seluruh alam semesta.
Sejauh ini hanya teori Big Bang yang paling mudah di mengerti dari asal mula alam semesta kita.

Dimana tempat Big Bang berasal. Untuk saat ini teknologi astronom tidak dapat menemukan asal mula alam semesta. Bila kita melihat balon yang meledak di antariksa, pecahan balon masih dapat terlihat dan bergerak menjauhi titik pusatnya. Tapi saat ini, dari mana asal titik Big Bang itu.

Belum dapat ditentukan, karena semua galaksi yang terbentuk saat ini tidak menentukan dari mana asalnya. Dan semua galaksi bergerak ke arah yang berbeda beda, dan bukan bersumber dari satu titik.

Menurut para ilmuwan dari Perimeter menyebutkan teori Big Bang mungkin salah. Mungkin alam semesta ini tidak tunggal seperti di satu tempat sekarang.

Sepertinya mulai mengarah ke dunia paralel. Pendapat mereka, alam semesta kita dikenal dengan 3 dimensi. Bahkan asal alam semesta berasal dari  lubang hitam singularitas sebagai pusat alam semesta dalam 4 dimensi.

Di belakang garis horison dianggap sebagai dimensi lain ketika terjadinya Big Bang. Selebihnya bisa dilihat cerita dari 3 ilmuwan ini, agak membuat pusing untuk menerangkan, sambil garuk kepala dahulu.





Bagaimana dengan kejadian sebelum Big Bang.
Apakah Singularitas hanya tunggal. Dari mana asal Singularitas tersebut. Atau jangan jangan Singularitas terbentuk oleh alam semesta sebelumnya.

Big Bang memang terjadi akibat panas dari ledakan dan menjadi sisa jejak sejarah asal mula alam semesta sampai hari ini. Dan masih dapat terditeksi walau sudah miliaran tahun lamanya.

Alam semesta di awal mengalami periode waktu dimana semua  energi yang masuk ke radiasi justru terikat pada struktur ruang itu sendiri.

Dalam periode tersebut, dikenal dengan inflasi kosmik. Yang datang terakhir dan memunculkan Big Bang yang panas.

Namun tidak pernah menciptakan area yang panas dan padat, juga tidak menciptakan sebuah kekhususan di alam semesta.


Menjadi pertanyaan, apa yang terjadi sebelum inflasi tersebut. Atau inflasi yang dikatakan itu seperti apa, masih menjadi pertanyaan dan jawaban yang terbuka.
Yang pasti, Big Bang bukanlah awal dari alam semesta ini, tapi menjadi asal mula yang dipercaya.

Mungkin saja alam semesta saat ini lahir dari Big Bang, atau Big Bang sendiri terbentuk dari alam semesta lain ?.

Pertanyaan tersebut belum bisa terjawab, walau ada teori menyebutkan alam semesta  bisa saja alam semesta paralel

Berita terkait
Apa yang terjadi bila sebuah meteor sangat besar menghantam bumi. Setidaknya berukuran 500km, atau setingkat dengan planet kerdil / Dwarf Planet. Ukuran kecil malah tidak membahayakan. Yang berbahaya adalah gelombang kejut dan panas ledakan asteroid ketika jatuh menjadi meteor.

Apakah alam semesta terus menjauh atau suatu hari akan kembali ke titik awal penyebab terbentuknya alam semesta sendiri yaitu  titik awal Big Bang. Atau alam semesta malah bergerak bebas dibanding 3 teori sebelumnya



Terdapat 2 sabuk asteroid di tata surya dan daerah paling luar. Sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, tapi sabuk asteroid Kuiper dimulai di belakang planet Neptunus, dan terkonsentrasi di belakang planet Pluto. Satu lagi objek terbesar ada di Oort Cloud dengan kandungan batuan es

Galaksi di Spiderweb atau MRC 1138-262 adalah cluster galaksi. Dimana kumpulan galaksi terbentuk 11 miliar tahun lalu. Foto terbaru terlihat pembentukan bintang disana bisa muncul di tepian galaks. Cluster Galaksi adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah

Nasa menditeksi signal misterius dari jarak 240 juta tahun cahaya dari bumi. Letaknya di cluster Perseus, salah satu objek paling besar di alam semesta. Signal tidak dikenal tersebut memiliki gelombang X-ray yang sangat spesifik. Jangan jangan signal dari alien.

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A



Apakah lubang cacing atau Wormhole. Baru sebatas teori, sebuah lubang yang terbentuk dan manusia bisa pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu lebih singkat. Seperti apa gambaran fisikawan dengan lubang cacing.

How Big Is The Universe sebuah video tentang pelajaran seberapa besar alam semesta ini. Kirim SMS ke Andromeda baru sampai 2.5 juta tahun nanti. Diberikan gambaran bahwa tata surya kita adalah sebuah kamar kecil, galaksi Bima Sakti seukuran kota London. Berapa luas alam semesta sebenarnya

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.




No popular articles found.