Satelit WorldView 3 pertama foto High-Res dari satelit


Kategori : Technology | Date : 28 August 2014
Foto terbaru dari foto satelit terbaru WorldView 3 sudah dipublikasikan via Blog Digital Globe. 6 hari setelah diluncurkan dan pada 21 Agustus kemarin selesai melakukan setting fokus camera.



+ Foto asli dari gambar satelit WorldView3

Satelit WorldView 3 oleh Sat Imaging siap diluncurkan  pada 13 Agustus 2014. Satelit berada di ketinggian 617 km, mampu mengambil gambar sampai 31cm pachromatic, 1.24 meter gambar multispectral dan 3,7 meter resolusi inframerah.

Satelit WorldView 3 mendamping WorldView 2 yang sudah diluncurkan tahun 2009. Satelit WorldView 3 akan dikirim dengan roket Atlas 5 ke ruang angkasa.  Selama Juni 2014, Digital Globe telah mendapat ijin dari departemen Amerika untuk memberikan gambar versi komersil.



Umur satelit dapat bekerja selama 7.25 tahun, dan layanannya sampai 12 tahun. Memiliki berat 2,5 ton degnan power solar cell 3,1kW dan baterai 100Ahr. Satelit ini membawa camera dengan sensor 11 bit perpixel, warna foto yang diambil lebih baik. Satelit dari Digital Globe adalah  gambar yang sering dilihat di Google Map dan Google Earth

Beberapa satelit yang dioperasikan oleh Digital Globe seperti

WorldView-2 Satellite Sensor (0.46m)

WorldView-1 Satellite Sensor (0.46m)

GeoEye-1 Satellite Sensor (0.46m)

QuickBird Satellite Sensor (0.65m)

IKONOS Satellite Sensor (0.82m)




Amerika memiliki supercomputer nomor 1 paling cepat, disusul China memiliki 2 supercomputer paling cepat di dunia.  Bulan Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit. Membutuhkan pendingin air, ruang 3000 meter persegi, ribuan chip procesor dan GPU Nvidia.

Awalnya ingin mendapatkan posisi satelit mata mata yang hilang. Tapi ditemukan satelit lain milik NASA. Satelit Image diluncurkan tahun 2000, dan hilang kontak tahun 2005. Ternyata kembali aktif tahun 2018.

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps



Satelit mata mata Tiongkok Gaofen-2 adalah satelit pencitraan gambar paling canggih. Memiliki resolusi 80cm perpixel. Xinhua melaporkan satelit tersebut dapat mengambil gambar zebra cross di jalan. Satelit Cheos adalah singkatan China Earth Observation System. Rencananya akan dibuat 5 satelit jenis ini

Peneliti ingin membuat gambar dengan resolusi tinggi untuk dunia kosmik. Setidaknya mereka menginginkan teleskop yang kuat di ruang angkasa. Masalahnya ukurannya harus besar, dan sulit sekali membawa teleskop ke ruang angkasa. Solusi datang dari Darpa.

Apapun mereknya, sebuah perangkat GPS sudah diprogram untuk menonaktifkan sistemnya sendiri bila lewati batas. Terlalu cepat atau terlalu tinggi otomatis tidak bekerja.


No popular articles found.