Smartphone daya tahan baterai dan jaringan provider untuk internet


News | 8 August 2014

Banyak penguna smartphone membicarakan smartphone dengan kapasitas baterai, resolusi layar dan procesor menentukan kekuatan baterai smartphone.

Apakah perangkat tersebut mengunakan baterai lebih banyak. Atau kualitas jaringan provider telekom ikut menentukan.

Laptop Mag melakukan uji coba dari 4 smartphone berbeda dngan 4 provider telekom.

Mereka melakukan test , membuka 50 website populer dan berhenti setiap 1 menit ketika membuka sebuah halaman.

Test baterai smartphone ini menguji berapa lama baterai smartphone bekerja dengan koneksi internet dari 4 provider telekom, dan terus dilakukan sampai baterai ponsel habis.

Untuk pengujian perangkat lain seperti WIFI, Bluetooth, NFC dimatikan dan kecerahan layar di setting sampai 150nits.

Mereka melakukan di 2 kota berbeda yaitu Chicago dan New York, dan memastikan jaringan telekom yang diuji minimum mendapat sinyal 3 bar.


Dari hasil test daya tahan baterai smartphone dengan jaringan provider berbeda. Hanya 1 provider GSM yang mampu menghemat baterai 4 smartpone berbeda paling baik yaitu jaringan perusahaan T-Mobile.

Sebagai perbandingan jaringan T-Mobile sebagai dasar pengukuran, ke 4 baterai smartphone Galaxy S5 dan S4, HTC One M8 dan M7 mampu bertahan lebih lama. Bahkan dengan smartphone HTC One M7 mampu bertahan sampai 3 jam lebih lama dari jarigan T-Mobile dibanding jaringan Sprint.





Bila mengesampingkan hasil error pada test. Disamping adanya aplikasi bloatware di smartphone.

Dapat diasumsikan jaringan telekom T-Mobile di Amerika dapat menghemat baterai smartphone. Tapi dibutuhkan lebih detail lagi sebagai pembuktian masing masing jaringan telekom.

Apakah benar kualitas jaringan provider ikut mempengaruhi daya tahan baterai smartphone.

Kondisi jaringan provider telekom terlihat mempengaruhi kemampuan baterai. Contoh saja jaringan salah satu provider di Indonesia, 10 tahun lalu jaringan CDMA masih sangat kuat.
Sebuah ponsel dengan baterai baru dapat bertahan selama 3-5 hari. Setelah perusahaan mulai menghentikan ekpansi, sinyalnya semakin lemah, dan membuat baterai lebih boros walau sudah diganti baru.

Test dari LaptopMag diatas hanya digunakan untuk koneksi internet dan bukan pembuktian kapasitas baterai smartphone. Dan melihat dampak dari kemampuan baterai smartphone terhadap jaringan data.

Untuk menghemat baterai di smartphone modern. Ada baiknya memindahkan ke jaringan 3G atau 2G.
Karena kedua sinyal pada smartphone di 3G dan 2G, anda mendapatkan sinyal 3 bar atau penuh.
Dengan demikian baterai smartphone anda akan lebih hemat, dan smartphone tidak memaksakan untuk mendapatkan sinyal dengan memperkuat daya pancar.

Ketika smartphone di set ke 4G LTE, bila smartphone anda sudah menunjukan sinyal 2 bahkan 1 bar saja. Smartphone akan berusaha memancarkan sinyal lebih kuat.
Dampaknya akan terasa pada bodi smartphone lebih penas. Artinya juga, baterai smartphone lebih besar digunakan.
Bila tidak membutuhkan koneksi internet atau panggilan telepon melalui LTE, sebaiknya dipindah ke kecepatan 3G agar baterai smartphone lebih hemat.

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/131/Smartphone-Android-boros-mungkin-salah-aplikasi
www.obengplus.com/artikel/articles/181/Comodo-Battery-Saver-aplikasi-menghemat-baterai-smartphone
www.obengplus.com/artikel/articles/162/3G-Manager-Battery-Saver-hemat-baterai-hemat-kuota
Libra mata uang digital dari Facebook. Akan menjadi transaksi uang dengan nilai lebih stabil. Berlaku ke seluruh dunia yang mengunakan Libra. Tidak terbatas di negara maju, Libra dapat digunakan untuk tranfer uang di negara berkembang. Walau di miliki Facebook, mata uang Libra berdiri dan di kelola terpisah dengan perusahaan laian.

Banyak pembeli memilih smartphone dengan ukuran , disain, berat. Smartphone terbaru kembali memiliki masalah dengan perangkat. Pembeli tidak tahu kebutuhan smartphone harus bisa stand-by selama mungkin. Ukuran baterai beasr di smartphone tipis, Umi Mobile menguji baterai smartphone. Perubahan teknologi baterai dan perangkat 2018



Apple boleh saja mengatakan mereka telah menjual 13 juta iPhone ketika pertama dipasarkan. Tapi tidak ada yang mengatakan Nokia 1100 sebagai ponsel paling banyak dijual. Sejak tahun 2003, posisi Nokia 1100 belum tergantikan sampai sekarang setelah memasarkan 2 tahun ponsel tersebut.

Menurut eksekutif Xuawei Yu7 Chendong, pesaing kami bukan Lenovo atau Xiaomi. Tapi smartphone Samsung lebih berat untuk ditandingi. Pabrik smartphone Xuawei akan memproduksi smartphone high end dengan harga kelas menengah. Mengapa Huawei tetap membuat smartphone dengan layar Full HD 1080p, dan tidak bermain ke layar qHD.

Smartphone baru Xiaomi Mi4 masuk ke jajaran smartphone dengan baterai paling tahan. Setidaknya mencapai 8 jam lebih dari top rekor Motorola Droid Turbo.

Kali ini teori terbalik dalam pengisian baterai lithium. Baterai lithium ideal diisi dengan voltase 4.2V, bila di isi diatas voltase tersebut maka umur baterai turun sampai separuh. Teorinya, semakin sering di charge maka kapasitas baterai lithium akan menurun. Mengisi baterai yang baik sampai 80% membantu usia baterai.

Smartphone, paling dikeluhkan adalah baterai. Bila semua perangkat aktif, dari GPS, 3G dan WIFI terus aktif. Hitungan 6-8 baterai akan terkuras dengan cepat.



Techhive memberikan data beberapa model smartphone yang dikeluarkan 12 bulan terakhir. Pengujian mengunakan setting tertentu seperti tingkat kecerahan layar, mematikan memindahkan setting ke Airplane Mode untuk mencegah smartphone melakukan koneksi.

Satu tahun mengunakan notebook, baterai tetap prima. 2 tahun mulai terasa ada penurunan. Lebih dari 2 tahun baterai mulai melemah, terkadang di charger, tetapi lebih cepat drop. Tip memperpanjang umur baterai, sebelum baterai notebook rusak dan anda harus menganti dengan baterai baru.




No popular articles found.
< /body>