Kabel serat optik bawah laut seperti apa bentuknya


Technology | 17 August 2012


Tahun ini operator perusahaan telekomunikasi sudah berhasil mengirim data dengan kecepatan 100Gbps.

Melintas di lautan Atlantik sepanjang 6.000km. Tahap baru bagi pengembangan kabel optik bawah laut, di masa mendatang akan memiliki kapasitas lebih besar.

Pengembangan kabel optik berkembang cepat dalam beberapa tahun ini. Setidaknya kecepatan terakhir 40Gbps pada bulan Agustus 2009 sudah bisa dilewati.

Seperti apa bentuk kabel optik bawah lauat, apakah ukurannya sangat besar atau hanya berbentuk serat optik saja.

Sebuah kabel serat optik bawah laut dibuat dalam bentuk beberapa lapisan dan pelindung. Dari bagian luar dengan pelindung dari kerusakan luar.

Dilapis dengan bahan Mylar tape, ditahan dengan bagian besi , ditutup dengan bahan aluminium sebagai penahan air laut (bila terjadi kebocoran pada pelindung luar), tabung aluminium atau tembaga, dilapis lagi dengan jelly minyak.

Bagian terakhir di dalamnya adalah serat optik, yang ukurannya tidak lebih dari ukuran batang korek api.

Mengapa kabel perlu dibeli pelindung dengan kabel baja.

Ketika kabel diturunkan ke dasar laut yang dalam. Berat kabel akan tertarik kebawah, bila tidak ditahan dengan kawat besi maka kabel akan putus karena tarikan beban kabel itu sendiri.

Seperti apa gambar kabel serat optik bawah laut.



Undersea Cables that Connect the World

Berita terkait
PLCN Pacific Light Data Communication dioperasikan akibat beban internet Asia meningkat sebagai kabel jaringan sementara. Kabel bawah laut untuk internet akan dibangun dari Amerika Utara ke Asia. 2 raksasa internet akan mengelar kabel fiber optik terpanjang dan tercepat. Menghubungkan 2 benua Amerika dan Asia

Ada minimum standar untuk mengunakan nama Ultra High Definition atau UHD. Tapi bedakan dengan nama 4K dan UHD. Apakah camera merekam 4K sebenarnya, sebenarnya camera murah tidak merekam 4K sepenuhnya.



Kabel internet Faster menjadi kabel paling cepat dengan kapasitas 60Tb/s. Google mengatakan cukup untuk mengirim file foto selfie setiap 15 detik oleh warga Taiwan dari Taiwan ke Jepang. Google akan memperluas jaringan internet, termasuk data center Google di Singapura

Satu gedung misterius di Inggris dimiliki sebuah JISC dimana membantu menghubungkan institusi pendidikan. Spencer menunjukan di dalam data center, umumnya hanya petugas saja yang boleh masuk. Ruang computer atau pusat data center disana hanya menangani computer untuk perguruan tinggi dari data biasa sampai penelitian medis

Jaringan kabel bawah laut Fiber Artic diperkirakan selesai tahun 2016. Membawa jaringan internet dari London dan Tokyo lebih cepat 23ms. Tantangan di rute 15.600km ini lebih sukar dibanding jaringan kabel optik di daerah khatulistiwa. Karena rute yang dilewati adalah lautan es yang hanya terbuka di musim panas

ITU telah menyetujui teknologi G.fast, standar baru yang memungkinkan jalur data 1Gbps melewati kabel telepon. G.fast disebut  ITU-T G.9701, Broadcomm menyiapkan G.Fast 500Mbit DSL

Bell Labs berhasil mengembangkan kabel tembaga XG Fast yang mampu dilewati data 10Gbps. Walau jaraknya tidak jauh, tapi cukup untuk memperpanjang jarak dari kabel telepon tembaga dirumah.



Jalur kabel optik bawah laut milik konsorsium Asia Pacific Cable Network (APCN-2) sudah ditemukan letak kerusakannya minggu lalu. 2 kabel putus dan sudah kembali normal setelah diperbaiki minggu ini.

McLaren mengembangkan kendaraan tanpa perlu windshield wiper untuk membersihkan kaca dari air hujan. McLaren mengunakan teknologi kaca pesawat jet tempur, dengan kaca yang tidak perlu dibersihkan dari air walau dalam kondisi hujan deras.

Pabrik panel LCD Japan Display menampilkan layar 12.1 inch dengan lebar 4k2k TFT. Memiliki kerapatan 365 pixel per inch. Dirancang untuk tablet untuk menampilkan gambar lebih tajam.

Satu situs Absolute Sound sebuah situs audiophiles atau peralatan audio papan atas memberikan penghargaan sebagai produk Editor Choice. Aneh menurut media lain, kabel AudioQuest Diamond sepanjang 0.75m ditawarkan $549 dan panjang 1.5m, $695.

James Davenport melakukan observasi cukup lama dengan baterai Macbook Air. Tujuannya untuk melihat seberapa kuat daya tahan baterai pada tahun pertama. Apple menjanjikan Macbook Air mampu memberikan power sampai 7 jam. Apakah seperti itu.

Kabel SEA-ME-WE 4 menghubungkan jalur internet dari Perancis sampai Malaysia terputus. Negara yang terkena dampak sepeti India, Pakistan dan Mesir. Dari 3 negara tersebut akan mengalami kelambatan koneksi internet untuk membuka situs di Eropa dan Amerika.

Texas Instrument atau Ti membuat chip untuk charger perangkat gadget seperti tablet dan smartphone baru. Chip seri bq2419x memberikan output 4,5 ampere output denagn 20V input untuk switch charger.



Lockheed Martin tetap akan mengadakan pembaharuan satelit GPS tahun depan. Berbeda dengan satelit GPS yang ada saat ini, satelit GPS terbaru adalah tipe III. Memiliki tingkat akurasi lebih baik, anti jamming dan dapat diterima oleh perangkat penerima GPS publik.

TeleGeography, sebuah peneliti dan perusahaan konsulting telekom memberikan gambar sebanyak apa kabel serat optik sekarang. Sampai tahun 2013 sudah ada 244 jalur kabel bawah laut, dan 232 sudah bekerja, 12 jalur dalam perencanaan, dan satu lagi jaringan

Cuba bukan lagi negara terbelakang. Februari 2011 ada kabel bawah laut yang menghubungkan kota utama Cuba ke Venezuela. 2 tahun berlalu, misteri tentang kabel bawah laut tersebut terlihat sudah aktif. Disebut kabel ALBA-1, menghubungkan Jamaica dan Cuba

Disebut Superomniphobic sebuah penemuan cat baru yang dapat melindungi permukaan apa saja. Cairan yang ditemukan oleh universitas Michigen ini dapat menahan air dengan bahan Hidrofobik. Tidak hanya menolak cairan yang menempel

Lebih tahan benturan dan lebih tahan gores. Pada demo ditampilkan kaca Gorilla Glass 3 ditekan dengan bobot sekitar 40 kg dan tidak pecah.

Jalur kabel data IMEWE baru digelar tahun 2010. Kapasitas 4x lebih besar selesai tahun ini

Menghubungkan Singapura, Filipina, Malaysia dan Jepang. Kabel serat optik bawah laut sepanjang 7.800km menghubungkan Jepang dan Singapura. Kepasitas mencapai 40GB/s telah dibuka.

Dari Discovery Channel. Baterai Lithium memiliki keunggulan dengan bobot ringan tetapi power besar. Bagaimana bateerai Lithium untuk kendaraan dibuat.

Melihat lebih dekat pabrik Canon, dari rancangan dan pembuatan lensa. Sensor di kemas ke dalam sirkuit. Disatukan di camera, dan procesor untuk mengolah gambar. Teknologi camera tidak hanya mengambil gambar manual, tapi sudah mendukung pengenal wajah. Teknologi camera juga mendukung recording video.

Lebih hemat listrik dibanding pendingin udara biasa. Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.




No popular articles found.
< /body>