Timelapse Kings Grand Canyon melihat surga galaksi di langit


Kategori : Digital | Date : 5 August 2014
Fotografer Gavin Heffernan memiliki keahlian dalam foto stargazer. Bulan Mei lalu dia pergi ke Grand Canyon dan Valley Navago di Arizona. Hasilnya video 3:24 menit, tapi gambar video galaksi yang dibuat memang indah dan tajam.

Mengapa diambil pada bulan Mei, karena posisi galaksi tepat bisa terlihat intinya.

Dia mengambil gambar pada jam 1 sampai jam 2:26. Video dengan judul King Canyon & Sequoia ini begitu berwarna. Mengunakan 2 camera Canon EOS 5D dan sebagian besar gambar diambil 25 detik untuk exposure. Lensa 24mm f1/4 dan 28 f1/8. Software yang dipakai seperti Starstax. Perangkat tambahan SONY DSC-HX20v & GoPro Hero 3+. Keduanya nongkrong keliling hutan selama 3 hari 2 malam.

Hasil gambar yang di dapat di atas langit seperti dibawah ini



Video galaksi Bima Sakti yang dibuat dengan teknik timelapse. Yang bagus pas 2:26 detik, kelihatan galaksinya begitu berwarna seperti gambar diatas. Sayangnya video galaksi yang dibuat hanya singkat.

KINGS from Sunchaser Pictures on Vimeo.

Teknik pembuatan video juga diceritakan oleh Gavin Heffernan dan John C.Brookins. Lengkap dengan beruang ketika melakukan pengamatan tempat. Katanya ini pengalaman foto di alam bebas. Yah ketemunya kijang dan beruang.

STARCHASERS: Kings Canyon / Sequoia National Park from John C. Brookins on Vimeo.

Bila video dari Vimeo masih di blok, bisa dibuat via browser untuk unblock Chrome


Berita terkait
Seorang astrofotografer Phil Hart berada disana,untuk video timelapse The Moon in Motion. Dia membawa peralatan camera seberat 180kg. Termasuk mounting teleskop dan teleskopnya sendiri. Karena targetnya mengabadikan gerhana tersebut hanya berlangsung dalam hitungan jam. Dia menempatkan peralatan di 2 tempat kota aIdaho dan Whyoming.Video yang dibuat benar benar beda, sudah setingkat astronomi dari Nasa

Satu lagi karya fotografer Mike Olbinski dengan hobi membuat video timelapse. Kali ini membuat video badai dari tornado dan petir, tapi dibuat dengan warna hitam putih. Lebih menyeramkan dibanding videobadai dengan warna.



Toby Smith membuat video timelapse di sebuah kapal pengangkut raksasa Maersk. Camera ditaruh di atas dek kapal, memperlihatkan kapal masuk ke pelabuhan, sampai berlabuh. Menaikan container yang jumlahnya ratusan, lalu kembali berangkat.

Florian Nick dan Marcus Sies adalah mahasiswa jurusan film universitas Stuttgart Media. Mereka melakukan perjalanan selama 2 minggu ke Iceland. Antara bulan Mei dan Juni 2015 kemarin. Membawa Canon 5D Mark III, dan mengambil gambar resolusi tinggi dengan Apel ProRes 444.

Knate membuat beberapa ribu foto untuk video timelapse. Dibuat utuh dengan resolusi 4K. Diambil di New Mexico, Alaska dan beberapa tempat lainnya. Disebut Fast Forward, video dibuat dengan dipercepat antara 2x sampai 3x dari video timelapse normal.

Timelapse Illusion of Lights A Journey into the Unseen adalah culipkan dari sebuah film yang akan dirilis tahun 2017. Dibuat oleh fotographer Goldpaint,. Ketika gempa di Los Angeles terjadi, pertama kali warga disana sadar. Mereka melihat awan aneh berwarna perak yang ternyata galaksi Bima Sakti ada di langit.

Sean mahasiswa pHD astronomi membuat video di puncak gunung Mauna Kea Hawai. Foto diabadikan dekat dengan teleskop observasi. Walau mengunakan camera Canon, dia lebih mengandalkan lensa produsen non Canon. Untuk mengisi baterai, mengunakan baterai lithium RC sebagai powerbank.



Shawn Reeder melakukan banyak perjalan di negara Selandia Baru. Dia pindah dari rumah lamanya 10 tahun lalu, dan mulai membuat beberapa film dari seluruh dunia. 3 bulan keliling di Selandia Baru

Video ini sih enga ada seru serunya, bukan menampilkan keindahaan alam, bukan menampilkan galaksi atau keindahan warna nebula. Video ini mengabadikan satu foto setiap 10 detik, selama satu tahun.

Video Timelapse ini serius banget bikinnya. Ketika profesor fisika dan fotographer amatir Isidro Villo menyebut akan membawa anda ke Orion Nebula yang begitu jauh dengan cameranya.  Targetnya ada di M42, Messier 42 atau NC 1976. Jaraknya 1344 tahun cahaya. Tidak jauh sih.

Randy Halverson membuat foto untuk time lapse sejak April sampai November 2013 di Dakota Selatan, Wyoming dan Utah. Cuaca tahun lalu agak susah ditebak, katanya. Ketika ingin mengabadikan galaksi malah mendapat awan dan petir.

Nicholas Buer membuat video di San Pedro Atacama di utara Chile. Dia keliling disana selama 12 hari dan nongkrong di ketinggian 2600m untuk mengabadikan landscape serta inti galaksi Bima Sakti. Musiknya sudah keren, gambarnya juga keren.

Fotographer Colin Rich membuat video timelapse mengikuti musik . Beberapa video dibuat singkat hanya 1-2 detik, video lain memiliki durasi lebih panjang. Peralatannya lengkap dengan membawa FloatCam DC Slider

Media Airman Mag mendapat ijin masuk ke ruang teleskop Air Force Space Command. Teleskop di komplek ini untuk mengamati objek di sekitar bumi seperti satelit dan sampah diruang angkasa. Letaknya lebih dari 3000m dari permukaan laut, terletak di Haleakala.



Si pembuat video ini mengatakan butuh 14 bulan jalan jalan. Salah satu foto terbaik mengabadikan petir di video timelapse ini. Belajar dari kesalahan video pertama, hujan es sampai serangga selama proses pengambilan gambar.

Bulan Mei 2012 Sungjin Ahn pergi ke Arizona, California, Nevada dan Utah. Disana dia mampir ke taman nasional Joshua Tre. Lalu dibuat sebuah video timelapse. Pohon Joshua hanya tumbuh di Amerika

Daniel Lopez membuat video Timelapse El Cielo de La Palma. Tidak mengabadikan pada sudut kumpulan bintang, tapi digabung dengan alam disekitar. Dibuat di pulai Canary yang kabarnya menjadi salah satu tempat foto terbaik.

Joe Capra mengunakan 2 camera salah satunya camera medium format. Video yang dibuat ini mengunakan teknik Time Lapse. Joe meengatakan setelah mempelajari apakah camera medium format bisa menghasilkan resolusi tinggi untuk video Time Lapse.

Dibuat oleh photographer Christoph Malin dari Austria. Video terbarunya dengan judul Island in the Sky diambil dai kaldera gunung berapi pulau La Palma di kepulaian canary lepas pantai barat Afrika.




No popular articles found.