Tesla Panasonic bangun pabrik Gigafactory untuk baterai lithium


Technology | 31 July 2014

Tesla dan Panasonic bekerja sama membangun pabrik Gigafactory untuk memproduksi baterai Lithium. Menghabiskan dana 5 miliar dollar dengan 6500 karyawan pabrik. Panasonic akan menyuplai bateari untuk Tesla.

Panasonic juga bertanggung jawab dalam penyediaan mesin yang diperlukan untuk pembuatan baterai. Rencana Tesla untuk tahun 2014 masih mencari dana dan lokasi pabrik. Bila selesai, akhir tahun ini sudah memasuki tahap disain. 2015 dimulai konstruksi pabrik, 2016 mulai dipasang peralatan dan 2017 siap di produksi dengan kapasitas pertama 500k vch pertahun. Target Tesla untuk menyediakan 500.000 baterai untuk mobil listrik pada tahun 2020.

Tidak hanya baterai kendaraan, Tesla berencana menyediakan baterai untuk rumah dan gedung komersil. Energi untuk memproduksi baterai juga digunakan dari tenaga angin dan solar cell. Tesla hanya mengatakan, baterai kendaraan mobil listrik akan dibuat lebih murah bila di produksi besar besaran.



Mengapa pabrik ini penting bagi kebutuhan baterai dari energi terbarukan.
  • Pabrik Gigafactory menjadi berita paling panas, dengan produksi baterai dari pabrik tersebut akan menurunkan biaya baterai kendaraan listrik. Sekitar 30% biaya baterai dapat dipangkas.
  • Suplai bahan Lithium diambil dari Chile, dan produksinya cukup stabil sejak tahun 1996.
  • Biaya sebuah mobil listrik seperti buatan Tesla dapat diturunkan dari $69.000 menjadi $35.000. Karena biaya baterai adalah biaya paling mahal. Tahun 2013 harga baterai Tesla menjadi baterai pack paling murah. Saat ini sekitar $300 per kWh, di tahun 2017 menjadi $200 kWh.
  • Pabrik ini akan menangani daur ulang baterai bekas, mengunakan energi dari solar cell.

Berita terkait
Apa perbedaan headset, earphone, earbud atau headphone. Fungsinya sedikit berbeda, tapi disain utamanya untuk mendengarkan suara seperti musik atau pembicaraan telepon, dilengkapi tombol. Perbedaan lain adalah kualitas, yang disebut premium produk dimana suara dihasilkan lebih baik.

Solar cell adalah energi alternatif yang lebih menjanjikan. Tidak berisik, sederhana dan bersih. Tapi solar cell bisa saja tidak efisien ketika bekerja. Masalah solar cell adalah panas, membuat kinerja solar cell akan menurun bila overheating



Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah. Bahan thorium lebih banyak dibanding uranium, biaya perawatan murah. Skala kecil dengan biaya 1000 dollar menyalakan 10 rumah seumur hidup

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron

Ini teknologi lampu kendaraan dengan teknologi OLED. Dapat bersinar, dimmer dan tampak efek futuristik.

Mereka sudah memegang paten dengan gBatteries SmartG BMS atau sistem manajemen baterai di tahun 2012. Sekarang mereka mencari industri yang mau mengunakan penemuan mereka sebagai baterai masa depan.

Dari Leylen Energy menceritakan bagaimana baterai Lithium diproduksi. Baterai buatan Leylen mampu bekerja pada suhu tinggi, sedangkan baterai lithium biasa hanya stabil pada suhu lebih rendah




No popular articles found.
< /body>