Daur ulang barang bekas lebih berguna


Green | 29 July 2014

Barang bekas kelihatannya tidak berguna, tapi masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Seperti kotak tic tac atau permen, masih bisa digunakan untuk menyimpan bumbu masak, tempat bahan pewarna kue dan lainnya.



Botol susu baik ukuran besar maupun kecil. Dapat dimanfaatkan untuk diffuser atau penyebar cahaya senter. Selain tidak membuat cahaya senter terlalu silau, diffuser dari botol susu dapat digunakan untuk penerangan.



Membuat sendok dari botol bekas softdring. Paling mudah, hanya mengikuti pola sendok plastik yang ingin dibuat dari bahan botol bekas minuman ini.



Crayon dengan bahan lilin, masih bisa dimanfaatkan sebagai lilin darurat. Satu batang crayon bisa menyala selama 30 menit.



Yang ini sudah lama. Sarang lebah dibuat oleh lebah dengan bahan lilin. Dapat dimanfaatkan untuk penolak cairan seperti untuk pelapis sepatu dengan bahan kain. Caranya, tinggal di gosok bahan Bees Wax / sarang lebah ke permukaan sepatu. Lalu dipanaskan dengan haidryer. Nantinya lapisan lilin akan menghilang dan menyatu dengan kain sepatu.





Kompor camping dapat dibuat dari kaleng minuman. Seperti gambar dibawah ini ukuran kaleng lebih kecil, dibuat lubang di pinggiran kaleng. Bahan bakar yang dipakai seperti spiritus.
Note. tip dibawah ini untuk mereka yang mengerti peralatan Survival.



Untuk detil pembuatan kaleng minuman bekas untuk kompor dapat dibuat dengan peralatan sederhana
  • Buat lubang di mulut kaleng
  • Belah kaleng menjadi dua, potong bagian agar lebih pendek
  • Tekuk bagian atas kaleng untuk aliran gas dari uap spiritus naik. Buat seragam setiap 2 jari tangan
  • Jangan lupa buat lubang dibagian kaleng yang diatas, satu lubang kecil saja untuk mengatur volume udara pembakaran.



Detil video pembuatan kompor dari kaleng bekas bisa dilihat via vimeo.com/64726512

Botol plastik ukuran besar dapat dimanfaatkan menjadi penyiram tanaman.

Lubangi bagian mulut botol, jangan diketok karena memungkinan tutup  botol akan pecah.
Seperti gambar dibawah ini dapat dipanaskan, atau dilubangi dengan teknik membor (tidak perlu bor listrik), besi panas.

Lebih murah dan mudah membuat penyiram tanaman dari botol plastik seperti gambar dibawah ini.


Berita terkait
Memanfaatkan ban bekas sepeda untuk pengikat kabel adaptor atau kabel USB power. Pembuatannya sangat mudah, dan lebih fleksibel. Cukup mengunakan gunting, dan ukur lebar yang dibutuhka. Tidak perlu membeli Velcro pengikat kabel dan anda dapat memanfaatkan ban bekas sepeda di rumah

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.



Bagaimana memanfaatkan baju bekas. Mungkin sudah sedikit sobek atau terkena kotoran tinta. Dan tidak layak di pakai lagi. Satu tip daur ulang baju bekas dapat di jadikan sarung bantal. Mengunakan baju bekas orang dewasa menjadi baju baru anak anak.

Mereka yang memiliki sepeda kadang bingung untuk menaruh sepeda di rumah. Karena tidak ada tempat, atau rumah terlalu kecil. Sekarang banyak rak sepeda, bahkan dapat dibuat sendiri untuk mengantung sepeda di dalam rumah. Seperti kita mengantung sepatu atau payung

Sering mengunakan minuman kaleng, jangan dibuang begitu saja. Kaleng minuman dapat dimanfaatkan untuk peralatan.Satu situs video yang memberi pelajaran beberapa manfaat bila mendaur ulang kaleng minuman dari bahan aluminium.

Daur ulang ban bekas, lebih tepatnya ban luar bekas kendaraan seperti mobil. Bisa di daur ulang menjadi sandal jepit. Permukaan ban lebih kuat dan tebal dibanding sandal jepit yang ada di pasaran.

Disebut Docking Station untuk smartphone dan smartwatch. Dibuat dari papan kayu dan diletakan di meja. Docking Station ini terbuat dari kayu berukuran 11x8x5 inch. Dapat ditempatkan untuk ponsel, jam, bolpen, kunci, clip atau kertas catatan.



Dengan kaleng bekas mimuman dapat dibuat menjadi miniatur mobil mobilan sampai pesawat. Kreasi dari Sandy, membuat bahan sampah dapat dirubah menjadi benda lain yang lebih berguna.

Negara Uni Eropa sudah melarang pengunaan vacumm cleaner yang mengunakan power besar. Kabarnya akan membatasi beberapa peralatan lain yang membutuhkan power listrik terlalu besar. Target selanjutnya adalah pengering rambut.

Ini ide menarik, untuk membuat pelindung masker ternyata bisa mengunakan botol plastik bekas. Lalu di daur ulang menjadi masker penutup wajah. Mengunakan gunting, pelindung dari potongan plastik

Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Rumah dengan pohon di atap gedung. Dirancang arsitek Vo Trong Nghio, membuat rumah seperti kotak dengan fasilitas 2 lantai. Total luas tanah rancangan rumah ini sekitar 226 meter persegi. Ada 5 rumah yang dibangun, memiliki ketinggian berbeda beda.

Untuk proyek hari libur dengan memanfaatkan beberapa bahan untuk di daur ulang dari bahan bekas menjadi rumah burung. Bisa mengunakan papan atau triplek kecil ditumpuk dan dibentuk menjadi rumah burung disekitar halaman.

Membuat kebun mini dapat mengunakan bahan di rumah atau mengunakan talang air, dan tanaman digantung vertikal. Ada beberapa cara membangun kebun vertikal sederhana. Dari batok kelapa, botol plastik dan bahan lainnya. Kebun vertikal dapat menghemat lahan sempit dirumah.



Daur ulang kaleng bekas, talang air atau batako bekas yang tersisa. Dapat dimanfaatkan untuk pot tamanan. Tidak perlu banyak dirubah, batako yang memiliki lubang tinggal diisi dengan tanah dan tanaman diatasnya. Talang tabung plastik juga dapat dimanfaatkan untuk pot tanaman

Daur ulang jepitan roti, kayu bekas, ranting atau dahan pohon, ban bekas, bekas tempat nasi, atau bekas besi troli barang dari supermarket. Bisa di daur ulang menjadi barang berguna.

Bagi mereka yang suka camping biasanya membawa kompor kecil. Seperti kompor gas mini, tapi ukurannya cukup besar. Satu solusi dari kompor Vertex, dapat dilipat seperti dompet. Bahan bakarnya mengunakan tablet seperti parafin.

Daur ulang barang bekas dari kayu menjadi bangku, botol pastik menjadi tempat barang, botol selai menjadi tutup lampu, pengikat barang jadi tas dan lainnya Kay bekas dapat dijadikan kursi duduk. Membuat lampu dari gelas atau toples kaca, atau membuat parkir tempat sepeda dari kayu bekas.

Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.




No popular articles found.
< /body>