Harddisk agar umur lebih lama


Hardware | 28 July 2014

Siapa yang tidak kesal, bila harddisk baru dibeli 2 tahun sudah rusak.

Atau sedang dipakai bekerja lembur, seperti menulis tugas mendadak mulai berbunyi.

Dan beberapa hari atau hitungan jam, harddisk tidak bekerja lagi.

Data hilang di harddisk, atau harddisk mengalami bad sector sebagai tanda kerusakan fisik.

Harddisk tidak setangguh yang kita bayangkan. Mereka yang mengira harddisk sebelumnya mampu bekerja lebih dari 6 tahun, akan merasa harddisk yang baru dibeli memiliki umur yang sama.

Kenyataannya tidak seperti itu, harddisk dapat rusak kapan saja, baik harddisk baru atau lama. Umur harddisk bisa saja berumur lebih lama dari computer.

Mungkin sudah 2 atau 3 kali menganti computer, harddisk lama tetap bisa digunakan.

Hal penting dalam perawatan harddisk dan mengetahui kelemahan harddisk yang anda miliki.
Rata rata umur harddisk dapat melewati 6 tahun. Setidaknya separuh harddisk mampu mencapai umur tersebut, bila dijaga dengan baik.

Harddisk yang rusak antara tahun pertama, kedua dan ketiga, bahkan baru beberapa bulan dipakai bisa saja terjadi.

Tapi masalah tersebut lebih banyak disebabkan harddisk gagal kerja dari pihak produsen, atau kesalahan dari pemakai. Garansi harddisk tetap diberikan oleh produsen, tapi tidak termasuk data yang hilang.



Kerusakan harddisk paling umum disebabkan kondisi fisik. Seperti kerja yang berlebihan membuat komponen yang bergerak terganggu dan malfungsi.

Sangat disarankan tidak pernah mengeluarkan harddisk dari case computer. Seandainya perlu dibersihkan, bersihkan dari dalam case dan tidak perlu dikeluarkan. Kecuali perlu dipindah ke computer lain. Alasannya agar menjaga komponen harddisk tetap seperti apa adanya, tidak ada kabel yang bergeser, port konektor tetap terhubung disana, tidak terguncang dan terjatuh karena dikeluarkan dari computer.

Suhu panas selalu membuat masalah pada perangkat elektronik. Demikian juga harddisk, ada baiknya dipasang fan sebagai pendingin harddisk.

Penguna computer mungkin tidak terlalu peduli dengan panas di dalam computer, karena melihat semua perangkat bekerja normal.

Tetapi sangat disarankan memberikan fan pendingin dan case yang baik, agar semua komponen di dalam computer mendapatkah suhu udara yang cukup. Karena harddisk dan komponen lain pada computer, ketika bekerja akan meningkat panasnya.

Bila harddisk mulai kotor seperti sudah digunakan satu tahun lebih, cobalah dibersihkan dari debu yang menempel. Agar suhu harddisk lebih stabil dan tidak terjadi overheating.

Kondisi harddisk notebook rusak lebih banyak disebabkan karena kepanasan. Harddisk dijejalkan di dalam case notebook yang sempit, membuat aliran udara menjadi tidak optimal terlebih perangkat sering berpindah tempat.

Defrag harddisk belum tentu merusak harddisk tapi penting.
SSD storage anda tidak boleh mendefrag, karena tidak perlu, karena dapat mengurangi usia pemakaian.

Harddisk tidak masalah, melakukan defrag harddisk perlu, agar lengan harddisk tidak terlalu berat bekerja. File disusun kembali agar menyatu dan lebih mudah dibaca oleh lengan harddisk. Tapi terlalu sering melakukan defrag akan beresiko rusaknya harddisk. Lakukan defragment harddisk bila pesentasinya mencapai 5-10%.
Tapi tidak harus melakukan defrag setiap hari, itu saja saja memberi beban tambahan. Lakukan saja 2-3 bulan sekali atau ketika diperlukan.

Sering menyala matikan computer dapat merusak harddisk Yang dimaksud adalah sering kali dimati nyalakan, sehingga harddisk bisa on dan off terlalu banyak.

Dalam waktu tertentu ada listrik statik ketika computer dinyala-matikan. Aliran statik masuk ke komponen harddisk dan power yang tidak stabil. Khususnya computer yang memakai power supply kualitas rendah.

Ini paling meniark, komponen Power supply di computer yang baik lebih menjamin komponen pada computer mendapatkan power yang cukup dan stabil. Demikian kebutuhan power harddisk sebagai salah satu komponen penting.

Untuk kecepatan putaran harddisk - RPM, bagi computer desktop tidak masalah mengunakan harddisk dengan kecepatan tinggi seperti 7200RPM. Untuk notebook bisa memilih kecepatan 5400RPM, umumnya harddisk dengan putaran lebih rendah menghasilkan panas lebih rendah. Walau kecepatan tranfer data yang dimiliki juga lebih lambat..

Untuk harddisk yang harus bekerja berat, seperti proses editing film atau kebutuhan data backup Sama saja harddisk harus bekerja maksimum. Hindari menyatukan data pada satu harddisk bila kebutuhan seperti ini. Buat 2 harddisk terpisah, atau pisahkan data kerja dengan harddisk backup. Bila terjadi kerusakan pada harddisk yang bekerja, setidaknya satu harddisk masih menyimpan file backup.



Hal penting sebelum kehilangan data
Kerusakan harddisk tidak pernah bisa diduga, kerusakan bisa terjadi kapan saja atau tidak pernah terjadi dalam beberapa tahun. Sebaiknya melakukan backup data untuk menjaga file penting. Gunakan sistem Cloud Server, saat ini banyak layanan yang memberikan storage gratis.

Harddisk dapat dipercepat dengan SATA Native melalui AHCI
Computer terbaru yang mendukung UEFI dapat bekerja lebih cepat. Karena sistem harddisk dapat dipindahkan dari IDE ke AHCI atau SATA native.
Bila computer dahulu di install dengan IDE, kita dapat memindahkan ke sistem AHCI mode.

Tip dibawah ini untuk memindahkan setting harddisk dari IDE ke AHCI. Hati hati hanya diperuntukan bagi mereka yang berpengalaman. Salah setting dapat membuat Windows Boot tidak bekerja


Berita terkait
BackBlaze mengumumkan kegagalan harddisk. Harddisk kapasitas besar terbaru 14TB masuk daftar dalam rack server cloud. Harddisk apa saja yang rusak. Laporan kuartal 1 tahun 2020, sampai September 2019 harddisk Seagate terlihat memiliki masalah

SSD Portabel ekternal storage Samsung T5 tampil dengan kapasitas 250GB dan 500GB. Mengunakan koneksi USB-C atau USB C ke A, memiliki fitur Enkripsi data dengan AES 256 bit. Diberikan garansi 3 tahun.



Pernah mengalami harddisk mau rusak atau sudah rusak, dan berbunyi Click ... Click ... Click atau Tek Tek Tek tanpa mau bekerja. Satu tip untuk menghentikan bunyi Click pada harddisk. Dan melihat harddisk akan rusak dengan SMART

Seagate tampilkan harddisk kapasitas besar untuk konsumen. Seagate Barracuda Pro dapat digunakan pada computer standar seperti PC desktop. Terpasang cache sangat besar untuk tipe harddisk dengan 256MB.

Western Digital memutuskan menyatukan model harddisk WD Green dan Blue menjadi WD Blue. Pembeli nantinya tidak kebingungan melihat fungsi dan pemakaian kedua model harddisk tersebut. Harddisk terbaru dari WD Gold untuk 24 jam

Ketika membeli SSD, yang dilihat adalah performa kecepatan read dan write. Setiap produsen mengeluarkan satu model SSD dengan berbagai kapasitas. Mengapa SSD kapasitas lebih kecil untuk model yang sama, memiliki performat lebih lambat

Berapa banyak harddisk gagal bekerja setelah lama dipakai. Pabrikan menyebut 600 ribu jam, tapi ada saja yang gagal sebelum waktunya. Apakah SSD lebih baik. Keduanya memiliki resiko yang sama, dan berbeda dengan data yang diberikan oleh produsen. SSD atau Harddisk lebih baik.



Harddisk Toshiba kelas Enterprise MG04 akan diproduksi pada bulan Februari 2015. Toshiba MG04 series kabarnya akan dipoduksi sampai 6TB untuk SATA. Memiliki putaran 7200 RPM, kecepatan tranfer 205MB/s untuk SATA serta model lain kapasitas maksimum 5GB untuk SAS.

Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk di pasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa. Yang pasti garansi berbeda.

Data dari American Customer Satisfaction, penguna perangkat elektronik lebih puas mengunakan computer desktop yang besar, walau mereka sudah memiliki tablet dan notebook. Penguna notebook hanya memiliki kepuasan score 76, tablet lebih tinggi dengan 80.

Windows 7 Home Premium hanya menampilkan 16GB walau dipasang sampai 20GB. Tidak semua OS Windows 64bit mendapatkan akses RAM diatas 4GB. Salah install atau Windows yang membatasi, masing masing OS memiliki lisensi tersendiri

Butuh storage raksasa seperti kapasitas 270TB. Saat ini mungkin dapattersedia . Dengan teknologi harddisk 6TB seperti buatan WD atau Seagate harddisk dapat dipasang ke sebuah storage 4U rack-mounting. Tidak perlu dihapus data di harddisk selama setahun

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

Datacenter banyak mengunakan harddisk sebagai storage. Pengalaman bertahun tahun menghadapi kegagalan harddisk kerja, menghasilkan pengumpulan data yang unik. Cukup mendengar suara yang keluar dari harddisk, bisa menentukan apakah harddisk akan mulai tit alias akan mati.




No popular articles found.
< /body>