Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta.

Bulan ini berumur 15 tahun. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif..

Berada jauh di orbit bumi, tepatnya 139 ribu km. Hampir sepertiga jarak bumi ke bulan. Mengapa teleskop ini ditempatkan sangat jauh, tujuannya untuk menghindari bayangan bumi ketika melakukan pengamatan. Hal lain untuk menditeksi sinar X-ray agar daerah panas yang diamati lebih presisi.

Teleskop Chandra memiliki 4 cermin sensor. Ketika cahaya sinar X masuk ke cermin Mereka difokuskan ke detektor eletronik Dan gambarnya tampil seperti dibawah ini

Teleskop X-Ray Chandra

Teleskop Chandra dibawah oleh pesawat Columbia pada tahun 1999. Dan menjadi satelit terbesar yang pernah dibawa oleh pesawat ulang alik. Di bidang astronomi saat ini terdapat 3 satelit penting dalam pengamatan benda di ruang angkasa.

4 gambar yang dipilih di situs Chandra Harvard adalah Nebula Crab, Tycho, G292.0+18 dan 3C58. Gambar diatas adalah gambar dari 4 bintang yang meledak. Seperti matahari kita suatu hari akan membentuk cahaya seperti gambar diatas sebelum memasuki fase kematian menjadi bintang mati.

Cerita sebuah bintang Tycho yang meledak, terjadi pada tahun 1572. Sebuah cahaya kecil terlihat di langit pada tahun tersebut bahkan bisa dilihat langsung. Bintang Tycho sudah meledak selama 450 tahun lalu, tapi sampai sekarang gerakan sisa bintang masih dapat diamati. Foto terakhir dipublikasi Mei 2016 oleh Harvar.edu

Dari teleskop Chandra X-ray terus mengamati gerakan dari nebula tau supernova Tycho sejak 2000-2016. Benda ini tidak terlihat langsung dengan mata, tapi bentuk gas dan panas dari ledakan bintang ini terus terlihat bergerak. Foto dibawah adalah komposit atau gabungan foto teleskop lain seperti VLT dan digabung dengan gambar dari teleskop Chandra X-Ray

Ledakan bintang tersebut bergerak keluar dari inti tengah, dengan kecepatn 19 juta km perjam. Terlihat besar dari foto teleskop, tetapi benda Tycho ini berada 10 ribu tahun cahaya jauhnya dari Bumi.



Skala benda dibawah ini memiliki lebar 44 tahun cahaya atau sekitar 255 triliun km.

Teleskop Chandra X-Ray perubahan di nebula Tycho



+ Photo Chandra.harvard.edu/photo/2016/tycho/