Hutan dibangun tahun 1979 akhirnya berhasil dibuat oleh Jadab Payeng


Green | 19 July 2014

Tahun 1979 seorang remaja Jadab Payeng Molai melihat disamping rumahnya menjadi tandus. Dia mulai menanam pohon di sepanjang gundukan pasir tandis. Berada di Assam India tempat kelahirannya. Awalnya dia mengingatkan departemen kehutanan untuk menanam pohon disana. Tapi departemen kehutanan bersikeras tanaman tidak akan tumbuh di daerah tandus tersebut.



30 tahun berlalu Jadab upayanya berhasil dengan mulai menanam pohon satu demi satu di daerah tandus. Sekarang gundukan pasir tersebut sudah dipenuhi tanaman. Luasnya mencapai 550 hektar. Katanya bisa ditemui satwa liar dari burung, rusa, kera, badak, gajah bahkan harimau bila beruntung.

Disebut hutan Molai sesuai nama dari upaya Jadab Molai yang menanam pohon sejak 30 tahun lalu. Dia masih tinggal disana disamping hutan yang dibuat, bersama keluarga dan 3 orang anak. Jadav memiliki usaha kecil dengan menjual sapi dan susu kerbau. Hanya upayanya luar biasa, membuat hutan lebih luas dari area Central Park di tengah kota New York.

Videonya dibuat versi dokumentasi di Youtube


Berita terkait
Dahulu seseorang yang berpergian harus memesan tikat jauh hari. Hari ini tinggal tekan dan tiket akan muncul. Salah satu kecepatan teknologi ternyata membuat efek negatif dengan perasaan kesal. Sisi buruknya hampir terjadi di sebuah aktivitas masyarakat. Untuk itu dapat kita pelajari, mengapa orang menjadi tidak sabaran.

Avionic V1 dengan disain motor Chopper. Tapi tetap namanya sepeda dengan disain copper. Avionic V1 mengunakan warna kulit, bagian lampu dibuat dari kayu Jabota. Dari depan gayanya mirip Moge, tapi dari depan baru keliatan aslinya



Cermin Lucy bekerja dengan sistem robot. Mengunakan sensor matahari, power dari cahaya matahari, dan memantulkan cahaya matahari ke dalam rumah. Cukup ditaruh di jendela dan bekerja nonstop tanpa memerlukan power ekternal.

Disebut pohon General Sherman jenis pohon sequoia raksasa. Berada di taman nasional California tapi ukuran batang pohon terbesar yang pernah diketahui. Pohon ini bukan pohon tertinggi, hanya ukuran batangnya sangat besar sampai naik setinggi 83 meter. Diameter pohonnya saja 7.7 meter.

Di kota Porto Alegre terdapat sebuah jalan yang panjangnya 500 meter. Jalan tersebut diapit pohon tua yang berjajar rapi, seperti membentuk gapura hijau. Jalan Ruo Goncalo de Carvalho ditanam tahun 1930 dan menjadi kanopi bagi jalan dan pejalan kaki selama 70 tahun terakhir.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya




No popular articles found.
< /body>