Apa kata penting tentang fotographer. Lensa atau bodi camera, pastinya lensa. Bodi camera akan usang dalam 3-5 tahun. Apakah lensa kit yang diberikan ketika membeli camera DSLR kurang berkualitas, karena harganya memang murah.

Lensa kit standar yang diberikan camera DSLR dijual bebas antara $100-$250. Lensa tersebut bukan seongkok lensa yang tidak bermutu
Beberapa foto sangat baik diambil dengan lensa kit.

Alasannya
Lensa kit paling rendah memiliki ukuran 18-55mm. 18mm sangat cocok untuk landscape atau bidang lebar.
Ketajaman lensa kit cukup baik. Kecuali si fotographer memerlukan bokeh yang hanya dimiliki ketajaman lensa mahal. Atau kebutuhan arsitektur untuk bidang gambar sangat lebar. Tapi dalam kondisi biasa, mengunakan camera Bokeh dari lensa mahal belum tentu diperlukan.
Fokus, jarak minimum lensa kit mencapai 25cm. Bila ingin menambah fitur macro bisa dipasangkan externder yang relatif biayanya lebih murah.
Lensa kit itu ringan Bodi plastik tapi mudah dibawa.
Lensa kit hanya memiliki aperture f35-5.6.
Lensa kit lain memiliki ukuran 18-200mm. Sebenarnya ukuran tersebut sangat berguna dengan multi fungsi lensa untuk zoom tidak terlalu jauh.

Lensa kit memang memiliki keterbatasan. Tapi sudah cukup bagi kalangan fotographer amatir. Seandainya ingin menambah, bisa mengambil tambahan lensa dengan ukuran 50 f1.8 yang murah untuk membuat sedikit bokeh. Lensa kit yang kecil dan ringan paling fleksibel sebagai pilihan fotograher pemula.