Lensa kit sudah cukup bila tidak perlu bokeh


Kategori : Product | Date : 19 July 2014


Apa kata penting tentang fotographer. Lensa atau bodi camera, pastinya lensa. Bodi camera akan usang dalam 3-5 tahun. Apakah lensa kit yang diberikan ketika membeli camera DSLR kurang berkualitas, karena harganya memang murah.

Lensa kit standar yang diberikan camera DSLR dijual bebas antara $100-$250. Lensa tersebut bukan seongkok lensa yang tidak bermutu
Beberapa foto sangat baik diambil dengan lensa kit.

Alasannya
Lensa kit paling rendah memiliki ukuran 18-55mm. 18mm sangat cocok untuk landscape atau bidang lebar.
Ketajaman lensa kit cukup baik. Kecuali si fotographer memerlukan bokeh yang hanya dimiliki ketajaman lensa mahal. Atau kebutuhan arsitektur untuk bidang gambar sangat lebar. Tapi dalam kondisi biasa, mengunakan camera Bokeh dari lensa mahal belum tentu diperlukan.
Fokus, jarak minimum lensa kit mencapai 25cm. Bila ingin menambah fitur macro bisa dipasangkan externder yang relatif biayanya lebih murah.
Lensa kit itu ringan Bodi plastik tapi mudah dibawa.
Lensa kit hanya memiliki aperture f35-5.6.
Lensa kit lain memiliki ukuran 18-200mm. Sebenarnya ukuran tersebut sangat berguna dengan multi fungsi lensa untuk zoom tidak terlalu jauh.

Lensa kit memang memiliki keterbatasan. Tapi sudah cukup bagi kalangan fotographer amatir. Seandainya ingin menambah, bisa mengambil tambahan lensa dengan ukuran 50 f1.8 yang murah untuk membuat sedikit bokeh. Lensa kit yang kecil dan ringan paling fleksibel sebagai pilihan fotograher pemula.

Satu lagi lensa tipe wide angle dari Yongnuo. Yongnuo 14mm f2.8 dilengkapi autofokus, dibuat untuk mounting Canon dan Nikon. Sayang sekali harganya tidak semurah dahulu.

Lensa Nikon 105mm f/1.4 menjadi lensa paling cepat di kelas 105mm. Dapat digunakan untuk bodi FX dan DX, rentang aperture minimum f2.4 sampai f16. Memiliki pelindung Nano Cyrstal Coating, disain motor silent wave, internal focus atau manual, dengan 9 blate.

Memilih lensa 50mm lensa fix , murah atau mahal, apa yang  anda dapat. Canon 50mm f1.2 L dijual $1600. Atau Canon 50mm f1.4 USM seharga $399. Atau lensa Canon 50mm f1.8 II $126.
Untuk ketajaman lensa Prime, dipegang oleh Sigma tipe lensa Art kata Frost, harganya lebih dari Canon kelas atas dan lebih tajam



Dari Nikon menjawab, gunakan cairan pembersih khusus lensa. Cukup 1 sampai 2 tetes saja. Hindari menyentuh permukaan lensa untuk dibersihkan. Gunakan spray brush dengan tekanan udara untuk membesihkan debu. Jangan gunakan tissue, semakin sering disentuh permukaan lensa perlahan akan rusak

Pada tahun 1995, Sony dan Zeiss melakukan kemitraan dalam produksi lensa. Dipasar saat ini banyak ditemukan produk Sony mengunakan lensa Zeiss, apa perbedaan antara lensa Zeiss di kelas premium dibanding Sony Zeiss.

Satu pabrik lensa di China Yongnuo menambah produk untuk lensa Canon. Disebut lensa Copycat atau lensa cloning yang sama seperti Canon 50mm f1.4 bulan September 2014 lalu. Satu lagi 50mm f1.8 ll atau dikenal Nifty Fifty atau Plastic Fantastic. Kabarny Nikon tahun ini

Lensa model lama dari Canon mungkin dijual murah. Tapi banyak yang tidak mengetahui kemampuan lensa ini. Dari Canon 28-80 f3.5-5.6 USM, Canon 70-210 f3.5-4.5 USM, Canon 100-300 f5.6 L dan, Canon 100-300 f4.5-5.6 USM serta lensa Prime Canon 24mm f2.8



Tip membeli camera DSLR bekas. Dari berapa kali shutter digunakan, memeriksa jamur, tombol dan komponen yang bekerja baik, sensor camera dalam kondisi baik, dan memeriksa dari camera dari pemilik aslinya.

Bagi pencinta sport atau wartawan olahraga, lensa ini menarik untuk mengabadikan kegiatan olahraga. Zoom yang jauh dengan ukuran 600mm. Lensa Sigma 150-600mm F/5.6-6.3 menjadi pesaing Tamron yang sudah merilis ukuran telezoom dikelas yang sama.

Leica M-P masuk dalam jajaran camera pocket premium. Internal memory dengan kapasitas 2GB. Bagian LCD terlindung dengan kaca Sapphire. Memory storage tersedia slot SD card.

Lensa atau camera, apakah camera anda lebih penting dari lensa. Menurut ThePhotoblographer lensa lebih penting. Alasannya sederhana, camera atau bodi camera DSLR akan diganti. Setidaknya 2 sampai 3 tahun sekali. Tapi lensa tidak. Tunggu dulu, ada alasannya dalam sisi ekonomis.

Tamron keluarkan 2 lensa baru 16-300mm untuk DSLR APS-C. Model B016 memiliki zoom 18.8x. Minimum focal lenght 16mm  dan zoom 300mm. Satu model lagi Tamron 150-600mm f/5-6.3 Di VC USD, dengan sensor APS-C tinggal dikali 1,5x

Membeli camera dengan lensa kit, atau langsung naik kelas ke tele zoom. Ada yang mengatakan sebaiknya belajar dari Kit lens, tapi menurut JP Morgan langsung membeli lensa sesuai kebutuhan.



Satu camera harus mengikuti standar mounting dari satu produsen. Sigma sebagai produsen lensa harus mengikuti pabrikan pembuat camera. Minggu ini membuat terobosan baru dengan teknologi mounting lensa Sigma. Boleh ditukar ke semua bodi dan merek.

Bicara foto tidak lepas dari kualitas lensa. Nikon memiliki satu lensa untuk portrait 135mm f/2 DC, tapi namanya jarang di dengar.

Lensa asli dari pabrik camera umumnya lebih mahal, relatif stabil digunakan. Sedangkan lensa diluar merek produsen camera, bisa saja tidak kompatibel.


No popular articles found.