Pembangkit nuklir Thorium lebih aman


Technology | 17 July 2014

Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah.

Bahan thorium disebut juga thro, kandungan di bumi lebih banyak dibanding uranium, biaya pembangunan pembangit dan perawatan lebih murah dan tidak membutuhkan struktur dengan penutup di reaktor agar radiasi liar dari reaktor keluar.

Reaktor nuklir dengan plutonium menjadi berbahaya ketika pendingin reaktor gagal bekerja. Bila uap panas yang keluar saja sudah mengandung radiasi.

Menurut peneliti, reaktor thorium disebut juga LFTR / Liquid Fluoride Theorium Reactor ini tidak memerlukan kubah untuk pelindung radiasi. Hanya menghasilkan radiasi Alpha yang lebih aman sedangkan uranium menghasilkan radiasi sangat berbahaya yaitu Gamma.

Biaya keamanan sebuah reaktor adalah konstruksi yang aman dari radiasi. Jadi reaktor thorium dapat lebih murah dibangun. Ketika bekerja, tidak memerlukan pengawasan oleh manusia sepenuhnya. Para insinyur dapat memeriksa selama 4 bulan sekali.

Tahun 2016 akan dibuat ukuran lebih besar dengan kekuatan 300MW. Dan dilakukan uji coba seperti faktor keamanan dan layak tidaknya sebuah pembangkit reaktor thorium. Pembangunan reaktor thorium berada dibawah India Thorium Energy Program. Dari disain pembangkit prototipe ini, nantinya 30% pembangkit di India akan mengunakan bahan thorium sampai tahun 2050.

Untuk unit kecil, dengan biaya $1000 saja, dapat memberikan sumber listrik untuk 10 rumah. Dan terus menyala setidaknya dalam 100 tahun.

Pembangkit nuklir Thorium yang ramah lingkungan

Tidak hanya India. Tiongkok akan mempercepat rencan pembangunan reaktor thorium. Jadwal 25 tahun akan dikebut untuk 10 tahun dalam pembangunan reaktor thorium pertama kata Profesor Li Zhong. Kata profesor, pembangunan reaktor thorium lebih murah dan tidak berhubungan dengan senjata nuklir. Hal penting dalam proyek thorium, putra mantan pemimpin Tiongkok Jiang Mainheng mengatakan Tiongkok akan memiliki listrik dengan bahan thorium untuk mencukupi kebutuhan listrik selama 20.000 tahun. Proyek di Tiongkok dimulai dengan anggaran 350 juta dollar, 140 ilmuwan Doktor di Shanghai Institute Nuklir dan Fisika. Tahun 2015 akan mencari 750 staf.

Bahan thorium adalah bahan yang terjadi secara alamiah. Logam dengan sedikit radiaktif tersebut ditemukan oleh kimiawan Swedia Jons Jakob tahun 1828. Dia menemukan kandungan di dalam batu besar dan tanah. Kandungannya sekitar 3x lebih banyak dari uranium. Thorium adalah isotop tunggal yang disebut TH-232. Dalam bentuk murni logam ini berwarna putih keperakan. Bila terkontaminasi oksida, maka warnanya akan memudar menjadi kuam, lalu berubah menjadi abu abu dan menghitam. Untuk menghasilkan bahan thorium, biayanya hanya $80 perkg.







Bila India memiliki ambisi membangun pembangkit nuklir thorium, tentu tidak heran dengan melihat data kandungan di tanah mereka. India memiliki cadangan thorium terbesar dari seluruh negara.

Country Tonnes
India 846,000
Turkey 744,000
Brazil 606,000
Australia 521,000
USA 434,000
Egypt 380,000
Norway 320,000
Venezuela 300,000
Canada 172,000
Russia 155,000
South Africa 148,000
China 100,000
Greenland 86,000
Finland 60,000
Sweden 50,000
Kazakhstan 50,000
Other countries 413,000
World total 5,385,000  




Mengapa sekarang manusia mengunakan uranium dengan membakar plutonium yang berbahaya. Bahkan materi uranium adalah salah satu metal langka di dunia.
Tahun 2009 manusia mengunakan 5 milyar ton batu bara, 31 milyar ton minyak, dan 5 trilyun meter kubik gas alam untuk energi. Ditambah 64 ribu ton uranium. Padahal ada bahan thorium yang aman, lebih murah dan bahannya lebih berlimpah. Apakah reaktor thorium lebih aman dari reaktor plutonium. Ditunggu saja dalam beberapa tahun mendatang.

Berita terkait
SuperDart dan UltraDart adalah standar pengisian baterai produk Realme. 2 standar berbeda untuk pengisian baterai smartphone Realme. Realme Juli 2020 telah mengumumkan pengisian cepat baterai smartphone, kurang dari 30 menit penuh. SIstem dual baterai dengan pengisian baterai terpisah

Amerika memproduksi Plutonium-238 dalam jumlah lebih banyak. Fasilitas nuklir Federal yang diperbaharui di Idaho dan Tennessee membuat Plutonium-238. Untuk apa bahan Plutonium-238, pastinya untuk misi ruang angkasa. Mengapa bahan ini penting untuk ilmu pengetahuan.



Bagaimana reaktor fusi nuklir bekerja. Mengapa lebih aman dan menjadi energi masa depan.Reaktor fusi nuklir Wendelstein 7-X di  Jerman, dan reaktor ITER rampung 50 persen. Mengapa fusi nuklir sangat penting, atau harapan energi. China EAST berhasil membuat matahari buatan dan 5x lebih panas, biayanya hanya 5% reaktor barat

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak, bagaimana kehidupan tanpa manusia disana. Sekarang sedang ditutup dengan plat baja berbentuk kubah. Itu kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Selesai ditutup dan dilupakan sampai ditemukan teknologi baru.

Boeing membuat satelit ABS-3A dengan bahan listrik. Satelit komunikasi dengan berat 2 ton memberikan sinyal frekuensi C dan Ku-band di daerah Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Berbeda dengan teknologi satelit generasi sebelumnya memerlukan tangki bahan bakar ukuran besar

GE adalah perusahaan pembuat turbin gas untuk pembangkit listrik. Satu model GE90 dibangun sebagai mesin turbin pembangkit listrik terbesar yang pernah dibuat di seluruh dunia. Memiliki tipe disain 9HA dengan inisial Harriet Turbin, cukup untuk menerangi 500 ribu rumah.



Tesla dan Panasonic bekerja sama membangun pabrik Gigafactory untuk memproduksi baterai Lithium. Menghabiskan dana 5 miliar dollar dengan 6500 karyawan pabrik. Panasonic akan menyuplai bateari untuk Tesla.

Melihat reaktor nuklir sepertinya menyeramkan. Melihat video ini terlihat warna air menjadi biru. Mungkin setelah reaktor mendapatkan kekuatan yang disebabkan partikel bermuatan seperti elektron




No popular articles found.