Planet Neptunus besar tapi nomor 4 untuk ukuran isi


Kategori : Science | Date : 13 April 2014
Bukti planet Neptunus bergeser mundur menjauhi matahari
2014
Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak dibanding kutub utara dan selatan.

Kiri Neptunus dan kanan Uranus.



Jari jari kutub hanya 24,341km, di khatulistiwa sekitar 24,764km. Rata rata diameter planet Neptunus sekitar 49.244km atau hampir 4x dari diameter bumi. Permukaan planet Neptunus diperkirakan tertutup air dan es cair dibanding batuan padat. Luas permukaan planet sekitar 7,6 miliar km persegi.

Ukuran planet Neptunus menjadi planet terbesar nomor 3 setelah Matahari dan Jupiter. Tapi secara massanya hanya nomor 4. Karena Uranus lebih berat dibanding Neptunus. Kepadatan di planet ini sekitar 1638g per kubik cm. Dengan kepadatan yang rendah disebutkan oleh ilmuwan sebagai es raksasa. Karena jaraknya yang jauh dari Matahari, planet ini termasuk planet sangat dingin.

Kandungan atmosfer di Neptunus terdiri dari 80% hidrogen, 19% helium dan es cair seperti amonia dan air. Ukuran besar bukan berarti planet ini memiliki gravitasi sangat besar. Dibanding bumi, Neptunus memiliki 1.14 dari gravitasi di bumi. Atau kira kira 14% lebih berat bila seseorang berada disana. Inti planet Neptunus terdiri dari besi, nikel dan silikat dengan massa 1,2x lebih besar dari Bumi.

Planet ini tidak ramah untuk tinggal, disana terdapat angin sangat sangat kuat mencapai 2100km perjam. Menjadi planet paling ekstrim bila dikunjungi, karena kecepatan angin disana 3x lebih kuat dibanding Jupiter.  Inti planet sendiri terdiri dari batuan dan berlapis es di permukaan.
Uniknya angin di ekuator mencapai 400 m perdetik, tapi dibagian kutub angin memutar berlawanan dengan kecepatan 300 m perdetik

Dari sisi paling luar, disebut atmosfer atas.
Ke titik dibawah lapis kedua adalah atmosfer dengan kandungan hidrogen, helium dan gas metana.
Bagian mantel planet seperti permukaan lapisan bumi dan lebih dalam bukan bebatuan, hanya lapisan es dari air , amonia dan metana.
Terakhir intinya yang kecil baru berupa bebatuan



Lapisan gas
Terbagi dari 2 bagian, troposfer bawah dan straotosfer. Batas di antara keduanya disebut tropopause



Masalah temperatur di planet Neptunus, mencapai -210 derajat C, bahkan rata rata suhunya mencapai 214 derajat.C. Sudut planet Neptunus miring sekitar 28,3 derajat, dibanding bumi 23,4 derajat. Jarak planet Neptunus mencapai 4,5 milyar km dari matahari. Karena jaraknya sangat jauh, planet ini membutuhkan waktu 164 tahun untuk sekali memutari matahari.

Planet Neptunus hanya sekali di kunjungi oleh pesawat ruang angkasa.

Bulan di Neptunus.
Jumlah yang diketahui sekitar 13 satelit bulan. Dan hanya satu yang berbentuk seperti bola yaitu Triton. Bulan Triton menjadi benda paling dingin berdasarkan catatan semua benda di tata surya. Suhu disana mencapai -235 deg.C. 
Satelit kedua dinamai Nereid, dengan pola orbit paling nyentrik dari semua orbit bulan lainnya. Membentuk orbit elips yang memanjang.
Pada tahun 1989, Voyager 2 menemukan lagi 6 bulan Neptunus dan salah satunya bulan Proteus, disusul Naiad, Thalassa, Despina dan Galatea dengan posisi paling dekat ke planet Neptunus. Dan terjauh Larissa sudah ditemukan lebih dahulu tahun 1981.
Tahun 2002 - 2003 ditemukan lagi 5 satelit baru di Neptunus.

Foto dibawah ini adalah bulan Triton di Neptunus diambil oleh Voyager 2



Video dibawah ini diambil oleh teleskop Kepler. Dari 101.580 foto, mengunakan misi Kepler K2. Penampilan planet Neptunus dimulai hari ke 15 sedangkan pengambilan gambar berlangsung selama 70 hari. Bisa dilihat pada benda yang bergerak di sekitar planet Neptunus adalah bulan Triton di planet tersebut.



2017
Penelitian lebih lanjut dengan planet Neptunus. DR Wes Fraser dan timnya melakukan studi yang unik. Awalnya memfokus penelitian sabuk Kuiper, dimana planet Neptunus juga memiliki sabuk es sekitar 1.700 objek yang ditinggalkan setelah pembentukan planet.

Benda biasa akan berwarna merah, tapi objek yang ditemukan di planet Neptunus berwarna biru. Sampai disimpulkan objek disana kemungkinan lebih dekat ke arah matahari dan terdorong posisi Neptunus. Apa yang dimaksud dengan gerakan objek tersebut.
Planet Neptunus awalnya berada di posisi lebih kedepan atau lebih dekat ke matahari. Sekitar 20 AU (20x jarak bumi ke matahari). Tapi secara perlahan bergeser ke 30 AU

Galaksi yang ada di alam semesta kadang terbentuk dalam kelompok. Tapi area IDCS 1426 terlihat adanya kelompok galaksi dimana keberadaan mereka sangat jauh. Bahkan baru terbentuk ketika alam semesta juga baru melewati masa Big Bang. 10 miliar tahun cahaya jauhnya.

oto planet Mars terbaru pemandangan 360 derajat Tetapi bumi sebelumnya sangat kacau. Pertanyaan lain berapa lama untuk pergi ke Mars. Cahaya lampu baru sampai disana 12 menit. Apakah mungkin planet Mars di bom dengan bom nuklir agar kutub es disana dapat mencair.

Planet Jupiter memiliki titik spot merah dan ratusan bertahun tahun sudah ada memiliki lebar 16.500km. Apa isi planet raksasa ini, apakah sebesar seperti tampilannya. Jupiter memiliki 4 bulan paling besar akan terlihat di tahun 2018, tapi total 79 bulan di Jupiter (Juli 2018). Satelit Jovian memiliki orbit terbalik



Planet Merkurius dengan suhu ekstrem, dari 430 deg.C dan anjlok malam hari -180 deg.C. Satu hari 58 hari waktu bumi, orbit setahun 88 hari ke matahari. Pesawat Messenger terakhir di Merkurius 2015, video planet Merkurius. Bercak merah adalah sejarah adanya gunung berapi

Update planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total ada 13 planet di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet. Planet X atau planet ke 9 dikonfirmasi Nasa

Apakah bisa planet Mars dan Bulan ditanam pepohonan. Di jawab mungkin bisa kata tim Universitas Wageningen. Salah satunya kentang bisa tumbuh, setelah di uji coba di gurun Peru.
Penelitian lain tanah Mars lebih beracun dari perkiraan sebelumnya.

Awan besar yang menutup di kutub selatan bulan Titan sebagai bulan terbesar di planet Saturnus. Memiliki sebuah kejutan, permukaan berbatu tapi tekanan 1,4 atmofer Bumi. Mirip Bumi tapi hanya gas nitrogen yang terbanyak



Pada tanggal 28 September 2015 sedang tayang Online jam 10:00 WIB. Satu lagi peristiwa langka dari dunia astronomi. Posisi bulan akan masuk ke bayang bumi. Dan memperlihatkan gerhana bulan total, tidak tertutup total tapi bulan masih terkena cahaya matahari dengan intensitas rendah. Bulan akan berubah warna, sedikit gelap atau kemerahan.

Listrik statis memainkan peranan penting dari udara di bumi, bulan yang berdebu. Tapi efek listrik statis berbeda pada benda lain di tata surya , bahkan sulit dipahami sampai sekarang. Walau jarak pesawat dengan bulan Hyperion mencapai 2000km, tapi listrik tersebut terlihat dapat lari keluar.

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.

Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik

Satu lagi sebuah planet VP113 memiliki lebar 450km, menjadi planet terjauh telah ditemukan. Bahkan planet Sedna yang terakhir ditemukan mengelilingi matahari. Planet Sedna berada dibelakang Pluto, sekarang masih diteliti apakah masuk sebagai planet di tata surya



Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Bila tidak terlihat berwarna merah dari sekarang, sayangnya air di Mars diperkirakan pernah ada sekitar jutaan tahun lalu.


No popular articles found.