2014
Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak dibanding kutub utara dan selatan.

Kiri Neptunus dan kanan Uranus.



Jari jari kutub hanya 24,341km, di khatulistiwa sekitar 24,764km. Rata rata diameter planet Neptunus sekitar 49.244km atau hampir 4x dari diameter bumi. Permukaan planet Neptunus diperkirakan tertutup air dan es cair dibanding batuan padat. Luas permukaan planet sekitar 7,6 miliar km persegi.

Ukuran planet Neptunus menjadi planet terbesar nomor 3 setelah Matahari dan Jupiter. Tapi secara massanya hanya nomor 4. Karena Uranus lebih berat dibanding Neptunus. Kepadatan di planet ini sekitar 1638g per kubik cm. Dengan kepadatan yang rendah disebutkan oleh ilmuwan sebagai es raksasa. Karena jaraknya yang jauh dari Matahari, planet ini termasuk planet sangat dingin.

Kandungan atmosfer di Neptunus terdiri dari 80% hidrogen, 19% helium dan es cair seperti amonia dan air. Ukuran besar bukan berarti planet ini memiliki gravitasi sangat besar. Dibanding bumi, Neptunus memiliki 1.14 dari gravitasi di bumi. Atau kira kira 14% lebih berat bila seseorang berada disana. Inti planet Neptunus terdiri dari besi, nikel dan silikat dengan massa 1,2x lebih besar dari Bumi.

Planet ini tidak ramah untuk tinggal, disana terdapat angin sangat sangat kuat mencapai 2100km perjam. Menjadi planet paling ekstrim bila dikunjungi, karena kecepatan angin disana 3x lebih kuat dibanding Jupiter.  Inti planet sendiri terdiri dari batuan dan berlapis es di permukaan.
Uniknya angin di ekuator mencapai 400 m perdetik, tapi dibagian kutub angin memutar berlawanan dengan kecepatan 300 m perdetik

Dari sisi paling luar, disebut atmosfer atas.
Ke titik dibawah lapis kedua adalah atmosfer dengan kandungan hidrogen, helium dan gas metana.
Bagian mantel planet seperti permukaan lapisan bumi dan lebih dalam bukan bebatuan, hanya lapisan es dari air , amonia dan metana.
Terakhir intinya yang kecil baru berupa bebatuan

Lapisan gas
Terbagi dari 2 bagian, troposfer bawah dan straotosfer. Batas di antara keduanya disebut tropopause



Masalah temperatur di planet Neptunus, mencapai -210 derajat C, bahkan rata rata suhunya mencapai 214 derajat.C. Sudut planet Neptunus miring sekitar 28,3 derajat, dibanding bumi 23,4 derajat. Jarak planet Neptunus mencapai 4,5 milyar km dari matahari. Karena jaraknya sangat jauh, planet ini membutuhkan waktu 164 tahun untuk sekali memutari matahari.

Planet Neptunus hanya sekali di kunjungi oleh pesawat ruang angkasa.

Bulan di Neptunus.
Jumlah yang diketahui sekitar 13 satelit bulan. Dan hanya satu yang berbentuk seperti bola yaitu Triton. Bulan Triton menjadi benda paling dingin berdasarkan catatan semua benda di tata surya. Suhu disana mencapai -235 deg.C. 
Satelit kedua dinamai Nereid, dengan pola orbit paling nyentrik dari semua orbit bulan lainnya. Membentuk orbit elips yang memanjang.
Pada tahun 1989, Voyager 2 menemukan lagi 6 bulan Neptunus dan salah satunya bulan Proteus, disusul Naiad, Thalassa, Despina dan Galatea dengan posisi paling dekat ke planet Neptunus. Dan terjauh Larissa sudah ditemukan lebih dahulu tahun 1981.
Tahun 2002 - 2003 ditemukan lagi 5 satelit baru di Neptunus.

Foto dibawah ini adalah bulan Triton di Neptunus diambil oleh Voyager 2



Video dibawah ini diambil oleh teleskop Kepler. Dari 101.580 foto, mengunakan misi Kepler K2. Penampilan planet Neptunus dimulai hari ke 15 sedangkan pengambilan gambar berlangsung selama 70 hari. Bisa dilihat pada benda yang bergerak di sekitar planet Neptunus adalah bulan Triton di planet tersebut.



2017
Penelitian lebih lanjut dengan planet Neptunus. DR Wes Fraser dan timnya melakukan studi yang unik. Awalnya memfokus penelitian sabuk Kuiper, dimana planet Neptunus juga memiliki sabuk es sekitar 1.700 objek yang ditinggalkan setelah pembentukan planet.

Benda biasa akan berwarna merah, tapi objek yang ditemukan di planet Neptunus berwarna biru. Sampai disimpulkan objek disana kemungkinan lebih dekat ke arah matahari dan terdorong posisi Neptunus. Apa yang dimaksud dengan gerakan objek tersebut.
Planet Neptunus awalnya berada di posisi lebih kedepan atau lebih dekat ke matahari. Sekitar 20 AU (20x jarak bumi ke matahari). Tapi secara perlahan bergeser ke 30 AU