Galaksi NGC 1433 dengan cahaya menyala ditengah


Science | 13 July 2014

Galaksi dengan nomor NGC 1433 memiliki cahaya ditengah yang menyala. Tidak semua galaksi memiliki lubang hitam yang besar, sehingga bintang di tengah galaksi bisa aman dan tetap bercahaya. NGC 1433 jaraknya 32 juta tahun cahaya dari Bumi, ukuran black hole diatas ukuran rata rata

Galaksi ini memiliki inti lubang hitam yang sangat besar, tetapi sangat jarang sebuah galaksi seperti ini dilingkari oleh cahaya dari bintang yang ada disana. Semua bintang terlihat tertarik oleh lubang hitam yang besar sehingga lebih berada di tengah. Peneliti masih menelusuri munculnya bintang disana. Seperti mencari tahu bagaimana gas berperilaku dekat dengan lubang bitam.



Foto aslinya ada di Google+

Video Zoom dari ESO

Berita terkait
Gabungan galaksi dengan galaksi lain, umumnya membentuk galaksi bundar atau elips. Tapi yang ini tetap bertahan dengan bentuk spiral. Membentuk cahaya lebih cerah dibanding galaksi lain. Mengapa galaksi yang bertabrakan bisa bertahan dengan bentuk lama.

Jumat 31 Juli 2015 akan terjadi Blue Moon, dimana bulan purnama terlihat seperti biru (semoga tampak warna biru), kejadian ini kembali terlihat tahun 2018 atau tepatnya pada bulan Januari dan Maret 2018. Disusul Januari dan Maret 2037.



Sebuah galaksi HATLAS J090311.6+003906 tampak karena efek gravitasi lensa. Bila dilihat dari bumi, posisi galaksi yang sangat jauh tersebut muncul karena berada di belakang sebuah galaksi SDP.81.

Letak galaksi M60-UCD1 dengan ukuran 1/500 dari galaksi Bima Sakti. Galaksi ini memang kecil dengan bentangan sekitar 300 tahun cahaya saja. Di Bumi setiap malam hanya ada 4000 bintang, disana 1 juta bintang sangat padat.

Galaksi  IC 559 sebuah galaksi yang tidak teratur, tidak berbentuk silinder atau piring. Terlihat masih berantakan, dan berwarna biru dan terang dengan cahaya bintang. Cahaya biru tersebut adalah gas dan debu sebagai cikal bakal dari pembentukan bintang baru.

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.

Astronomi kali ini menampilkan sebuah foto galaksi payung atau setidaknya berbentuk payung di sisi galaksi utama. NGC 4651 memiliki bagian buntut yang tertinggal, bagian tersebut sebenarnya sampah dari tabrakan 2 galaksi yang terjadi.



Galaksi NGC 4258 jaraknya 23 juta tahun cahaya. Disana terlihat seperti kembang api, ada lubang hitam memakan gas disana.  Galaksi 4258 disebut juga M106, memiliki bentuk spiral seperti Bima Sakti. gambar 4 teleskop untuk mendapatkan satu gambar lengkap

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Walau teleskop Hubble sudah berumur 24 tahun, kemampuan teleskop ini masih handal untuk melihat apa benda yang terjadi di alam semesta. Salah satunya foto dibawah ini. Diambil selama 841 kali mengorbit dari bumi, dan menangkap gambar dari 10 ribu galaksi. Foto ini mengambarkan galaksi yang sangat jauh

Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini, mungkin ada 2 galaksi berbeda disana.




No popular articles found.
< /body>