Bintang terjauh di galaksi Bima Sakti J0015+01


Science | 11 July 2014

Bumi mengitari matahari, dan matahari mengitari galaksi Bima Sakti. Termasuk semua bintang yang ada di galaksi kita. Waktunya sekitar 200-250 juta tahun untuk satu kali orbit. Maklum galaksi kita memang cukup besar, memiliki rentang 100 ribu tahun cahaya dari satu tepi ke tepi galaksi.

Kali ini mencari jawaban, apakah ada bintang yang paling jauh dan berada di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya dan berkumpul semuanya membentuk lingkaran.

Sebuah tim astronom dipimpin oleh John Bochanski menemukan bintang paling luar dibagian Halo galaksi Bima Sakti (Space). Bintang itu ternyata jauh banget.

Foto kedua bintang, tepat di tengah foto. Fotonya agak buram karena jaraknya sangat jauh.



Bintang merah ULAS J0744+25 memiliki jarak 775 ribu tahun cahaya. Sedangkan bintang ULAS J0015+01 memiliki jarak 900 ribu tahun cahaya dari kita. Begitu jauhnya, bintang ini berada di belakang awan Large Magellanic (salah satu galaksi tetangga kita, disebut juga sampah galaksi Milky Way).

Menjadi pertanyaan, bila jaraknya begitu jauh mengapa dianggap sebagai bintang di Bima Sakti. Menurut astronom, kedua bintang tersebut bergerak dan terkait dengan galaksi kita.

Halo di Bima Sakti masih mesteri bagi ilmuwan. Pengamatan saat ini masih terbatas, karena mereka sangat samar.  Ketika di lihat dengan gambar Hubble, lokasi mereka terlihat tidak terlalu jauh. Setelah diteliti lebih lanjut baru diketahui bintang tersebut masuk kelas raksasa merah. Sejauh ini ada 400 bintang dan 40 bintang terlihat terkait dengan galaksi Bima Sakti.

Berita terkait
50 tahun lalu, missi Apollo pertama yang berangkat ke Bulan. Perbandingan Bulan dan bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. dingin kadang sangat panas. Bulan memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km. Foto terbaru antara Bumi dan Bulan pada jarak 400.000km. Alan Bean manusia ke 4 yang berjalan di bulan telah tiada, tersisa 4 astronot

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.



Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.

Sebuah bintang GJ9827 jaraknya 100 tahun cahaya terletak di konstelasi Pisces. Membuat bingung penelit, awalnya terditeksi seperti Super Earth atau seperti planet Bumi tapi ukurannya lebih besar. Tidak ada planet seperti ini di tata surya

Selama bulan Desember - Februari posisi Bumi mengarah ke arah tepi galaksi, cahaya bintang terlihat lebih terang. Kebalikannya pada bulan Juni - Agustus, yang dilihat adalah bagian tengah galaksi dimana terdapat garis dan inti galaksi. Apa yang menarik dari periode 6 bulan tersebut.

Nasa merekam video dari pesawat observasi ruang angkasa Dnamic Observator - SDO. Dimana pesawat tersebut terus memantau kondisi matahari selama 24 jam. Satelit SDO mampu mengambil 10 gelombang panjang berbeda dari aktivitas matahari. Dan setiap cahaya yang ditangkap menunjukan suhu berbeda beda, seluruhnya di rekam dengan resolusi sangat tajam 4K atau setara 4x layar 1080p.

Bertahun tahun bintang Polaris atau Bintang Utara dijadikan panduan, khususnya dunia pelayaran. Termasuk astrografer atau fotografer bintang yang ingin membuat trail dari lintasan bintang yang melingkar. Setelah dihitung ulang, bintang Polaris lebih dekat 100 tahun cahaya. Abad ini posisi berada tepat diatas, 14000 tahun lagi akan turun dibawah



Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu Matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau kebiruan

Bintang US 708 keluar dengan kecepatan hypervolocity, mencapai 12 ribu km perjam dan posisi keluar dari galaksi Bima Sakti. Menjadi bintang dengan pergerakan paling cepat yang pernah ditemukan. Umumnya bintang yang terlempar ada di tengah galaks

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.

Foto ini adalah bentuk kelahiran sebuah bintang. Diambil oleh Hubble Telescope tampak begitu indah, seakan tidak nyata. Seperti gambar artistik tapi foto ini adalah foto asli.

Bulan adalah bagian dari planet Bumi. Dan pembentukan Bumi dan Bulan memiliki umur yang sama, setidaknya setelah kehancuran Bumi ditabrak oleh planet lain. Sehingga atom di Bulan dan Bumi memang identik

Teleskop di Chili menelaah sebuah bintang kuning yang pernah di abadikan saat ini ternyata kembar. Menjadi bintang kuning terbesar yang pernah di abadikan. Bintang HR 5171 A memiliki jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi.




No popular articles found.
< /body>