Galaksi NGC 4258 atau Messier 106 dengan lubang hitam 10 kali lebih


Kategori : Science | Date : 3 July 2014
Galaksi NGC 4258 jaraknya 23 juta tahun cahaya. Disana terlihat seperti kembang api, ada lubang hitam yang sangat besar.  Galaksi 4258 disebut juga M106, memiliki bentuk spiral seperti Bima Sakti. Bedanya disana ada 2 lengan tambahan.

Nasa mengambil 4 gambar dari teleskop berbeda, dari beberapa jenis teleskop
  • Teleskop X-ray untuk melihat gas melalui teleskop Chandra
  • Optik untuk gambar dengan Hubble
  • Radio dari teleskop Very Large Array (berwarna ungu)
  • Infrared untuk panas dari teleskop Spitzer cahaya bintang disana dengan warna merah.



Dan menghasilkan komposisi gambar galaksi yang disatukan seperti dibawah ini



Bila di lihat dengan teleskop optik, yang sedang terjadi di galaksi ini tidak akan terlihat (gambar bawah)



Data dari teleskop Spitzer menunjukan adanya gelombang kejut, mirip seperti sonic boom. Dan terlihat seperti sudah dipanaskan oleh kekuatan 10 juta matahari.  Apa yang menghasilkan gelombang kejut tersebut dan melemparkan gas keluar galaksi. Menurut data dari teleskop radio, penyebabnya adalah black hole di galaksi ini yang sangat besar.

Teleskop Chandra menangkap gelembung gas yang sangat besar dan panas berada di atas dan bawah galaksi. Gas tersebut terlempar dari inti galaksi.

Menurut peneliti, gas yang ada disana akan terus tertarik oleh lubang hitam dan dikeluarkan selama 300 juta tahun kedepan.
Nasibnya mungkin akan buruk bagi bintang yang baru terbentuk disana, walau galaksi ini cukup besar (diperkirakan seukuran galaksi Andromeda). Tapi pembentukan bintang disana hanya terbentuk 1/10 dari jumlah bintang di Bima Sakti. Karena gas di dalam galaksi sudah dimakan oleh si black hole lalu dilempar keluar kosmos.

Satu foto galaksi Andromeda dibuat lengkap oleh teleskop Subaru yang dipasang di Hawai. Teleskop yang berlokasi di gunung Mauna Kea. Sekarang galaksi Bima Sakti lebih besar dari dari galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda pernah menelan galaksi lain, karena sisanya adalah  galaksi M32. Melihat galaksi Andromeda September 2018

Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Sebuah galaksi HATLAS J090311.6+003906 tampak karena efek gravitasi lensa. Bila dilihat dari bumi, posisi galaksi yang sangat jauh tersebut muncul karena berada di belakang sebuah galaksi SDP.81.



Galaksi J1430+1339 atau Teacup yang jaraknya 1,1 miliar tahun cahaya, astronom mengatakan di galaksi tersebut kemungkinan tidak akan terbentuk bintang baru lagi. Karena inti black hole sangat besar sedang menarik gas dan melontarkan jet dari kebutuhan gas untuk pembentukan bintang

Letak galaksi M60-UCD1 dengan ukuran 1/500 dari galaksi Bima Sakti. Galaksi ini memang kecil dengan bentangan sekitar 300 tahun cahaya saja. Di Bumi setiap malam hanya ada 4000 bintang, disana 1 juta bintang sangat padat.

Galaksi  IC 559 sebuah galaksi yang tidak teratur, tidak berbentuk silinder atau piring. Terlihat masih berantakan, dan berwarna biru dan terang dengan cahaya bintang. Cahaya biru tersebut adalah gas dan debu sebagai cikal bakal dari pembentukan bintang baru.

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.



Galaksi dengan nomor NGC 1433 memiliki cahaya ditengah yang menyala. Tidak semua galaksi memiliki lubang hitam yang besar, sehingga bintang di tengah galaksi bisa aman dan tetap bercahaya. Bila galaksi memiliki lubang hitam sangat besar, seperti ini yang terlihat

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini, mungkin ada 2 galaksi berbeda disana.

Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Di konstelasi Triangulum ada sepasang galaksi yang diberi kode PGC 0974 dan PGC 9071. Keduanya cukup dekat dan terikat dengan grativitasi. Walau terlihat tidak ada gangguan di antara keduanya, mungkin saja kedua galaksi akan saling tarik menarik.


No popular articles found.