Bagaimana proses baterai Lithium kendaraan dibuat


Technology | 29 July 2012

Baterai Lithium memiliki keunggulan dengan bobot ringan tetapi power besar. Bagaimana bateerai Lithium untuk kendaraan dibuat.

Dari video Youtube Discovery menceritakan proses produksi pembuatan baterai untuk mobil listrik


Berita terkait
Chip Binning adalah istilah dalam menyeleksi sebuah procesor terbaik. Pabrik chip tidak dapat menghasilkan sebuah wafer 100 persen sempurna untuk diproses menjadi produk akhir. Pasti ada saja yang cacat dan harus dibuang atau di sisikan. Disini ada bagian yang menarik dimana chip dapat diseleksi yang terbaik.

Baterai Lithium, khususnya ukuran 16850 tipe baterai paling umum. 2 model dengan sirkuit proteksi dan tidak. Mengapa baterai lithium dengan proteksi akan mati ketika voltage mencapai 2,5V DC, mengapa baterai bisa terbakar, mengapa baterai tidak boleh dibiarkan sampai kosong. Apa arti lithium IMR, INR, NCR dan ICR



Mereka sudah memegang paten dengan gBatteries SmartG BMS atau sistem manajemen baterai di tahun 2012. Sekarang mereka mencari industri yang mau mengunakan penemuan mereka sebagai baterai masa depan.

Pabrik panel LCD Japan Display menampilkan layar 12.1 inch dengan lebar 4k2k TFT. Memiliki kerapatan 365 pixel per inch. Dirancang untuk tablet untuk menampilkan gambar lebih tajam.

Dari Leylen Energy menceritakan bagaimana baterai Lithium diproduksi. Baterai buatan Leylen mampu bekerja pada suhu tinggi, sedangkan baterai lithium biasa hanya stabil pada suhu lebih rendah

Kirsten Zastrow memiliki smartphone Nexus S, mendadak baterainya meledak ketika tidur. Diawali bunyi crack keras lalu muncul bau terbakar. Dan mulai tercium bau menyengat. Setelah dia duduk dan sempat melihat api muncul dikamarnya

Texas Instrument atau Ti membuat chip untuk charger perangkat gadget seperti tablet dan smartphone baru. Chip seri bq2419x memberikan output 4,5 ampere output denagn 20V input untuk switch charger.



Baterai Lithium menjadi berbahaya bila mengalami overcharger. Singkatnya atom Lihtium bisa mengkristal menjadi dentrit lalu melepaskan energi sekaligus dan reaksinya seperti melepas panas dan memperkuat reaksi lainnya. Fenomena ini disebut Thermal Runaway di dalam baterai.

Seperti teknologi sensor kinetik dari PrimesenseCapri, dapat digunakan untuk sensor tablet, smartphone dan lainnya di masa depan. Penguna perangkat bahkan sensor dapat ditempatkan dimana saja. Dari whiteboard digital, dirumah, toko retail dan lainnya.

Disebut Superomniphobic sebuah penemuan cat baru yang dapat melindungi permukaan apa saja. Cairan yang ditemukan oleh universitas Michigen ini dapat menahan air dengan bahan Hidrofobik. Tidak hanya menolak cairan yang menempel

Crucial membuat sebuah video dari proses produksi SSD. Dari proses produksi , testing, perakitan, kembali di test, di pack dan dikirim

Hemat baterai, 3x lebih lama untuk smartphone. Layar sentuh lebih sensitif

Kecepatan terbaru dapat ditarik sepanjang 6000km, dengan tranfer 100Gbps. Dalamnya kecil seperti batang lidi, tetapi bungkusnya sangat besar

Melihat lebih dekat pabrik Canon, dari rancangan dan pembuatan lensa. Sensor di kemas ke dalam sirkuit. Disatukan di camera, dan procesor untuk mengolah gambar. Teknologi camera tidak hanya mengambil gambar manual, tapi sudah mendukung pengenal wajah. Teknologi camera juga mendukung recording video.



Susunan baterai Lithium umumnya memiliki 4 wire, dan sebuah sirkuit untuk pelindung baterai. Didalam baterai terdapat satu lapisan luar disebut Foil, bagian tengah ada 3 baik yaitu cathode pemisah lapisan baterai dan anode.

Qualcomm adalah perusahaan perancang chip, sejauh ini tidak memiliki pabrik sendiri. Insinyur mereka bekerja dan duduk seharian di computer untuk merancang chip, Qualcomm kabarnya membuat chip dari pabrik Samsung.

Intel bercerita tentang pasir yang dirubah menjadi keping silikon. Dimulai dengan bahan pasir, lalu dipanaskan sampai 1800 degC sampai mencair. Kembali di dinginkan dan dipadatkan dan dipotong menjadi lembar silikon.




No popular articles found.
< /body>