Blackhole Trio ditemukan di SDSS J1502 1115


Science | 1 July 2014

Cerita alam semesta dan galaksi memang menarik. Benda yang disebut Black Hole tetap masih misteri, setidaknya dalam bentuk benda itu sendiri. Karena ukurannya yang sangat besar dan gelap, memiliki gravitasi sangat kuat. Posisi Black Hole atau lubang hitam biasanya berada ditengah galaksi. Black Hole menjadi jantung sebuah galaksi.

Dibawah ini gambar konsep posisi ke 3 black hole



Kita mungkin bertanya, apakah mungkin di sebuah galaksi ada 2 black hole. Atau mungkin saja 3 black hole. Beberapa tahun lalu astronom menditeksi karakteristik spektrum ganda yang memuncak dari jantung AGN di SDSS J1502 1115 di area Bootes. Terlihat Quasar yang bercahaya yang jauhnya 4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Roger Deane (University of Cape Town, Afrika Selatan) dan rekan akhirnya mempelajari benda tersebut. Katanya signal itu berasal dari 2 AGN yang terpisah. Menunjukan sumbernya bukan satu tapi ada 2 lubang bisar sangat raksasa. Jadi ada perkiraan lain di J1502 memiliki 3 lubang hitam di inti galaksi. J1502. Uniknya ada 2 galaksi yang berjarak 450 tahun cahaya, satu lagi berada di 24000 tahun cahaya. Ketiga galaksi tersebut disebabkan galaksi yang saling bertabrakan.

Deane menemukan mereka dengan sistem telekskop array antarbenua. Memiliki kemampuan lebih tajam dibanding teleskop optic Hubble. Yang mengejutkan peneliti ini adalah kedua lubang hitam tersebut saling mengorbit walau jaraknya sangat jauh mencapai 450 tahun cahaya dan saling berputar setiap 4 juta tahun.
Beberapa tahun lalu, peneliti menemukan lubang hitam kembar atau binar black black hole. Jarak keduanya diperkirakan sangat dekat sekitar 24 tahun cahaya.

Menemukan multi AGN (Black Hole) adalah bagian penting dalam mempelajari sebuah evolusi galaksi. Walau masih diperdebatkan yang mana dari black hole sebagai induk asli galaksi. Dan bagaimana kedua benda raksasa tersebut saling berinteraksi dan dampaknya pada galaksi yang terbentuk.

AGN adalah singkatan active galactic nucleus. Sebuah wilayah yang kompak di pusat galaksi. AGN disebut juga galaksi yang aktif. AGN diyakini akibat bertambahnya massa lubang hitam supermasif di pusat galaksi inangnya



Nasib galaksi kita Bima Sakti atau Milky Way memang akan bertabarakan dengan galaksi Andromeda. Nantinya kedua lubang hitam di galaksi mungkin akan bertemu menjadi biner black hole. Entah kapan mungkin miliaran tahun lagi, bila manusia masih ada akan dapat melihat lubang hitam lewat di depan angkasa.

Berita terkait
Peneliti akhirnya mengungkap sebuah sumber aneh di galaksi tetangga Andromeda. Walau jarak galaksi tersebut jauhnya lebih dari 2 juta tahun cahaya dari Bumi. Tertangkap sebuah bintang neutron ada di dekat lubang hitam.

Nasa temukan lubang hitam terbesar dan diberi nama black hole PDS 456. Mengunakan Nasa Nuclear Spectroscope Telescope Array (NuSTAR dan ESA XMM Newton Telescope. Para ilmuwan di CalTech dapat memperkirakan kekuatan benda ini dalam waktu dekat.



Sebuah nebula yang dinamai nebula Henize 2-428. Disana ditemukan bukan satu bintang tapi 2 bintang kerdil dan saling mengorbit. Jadi dua bintang seperti cahaya putih ini sedang saling tarik menarik dengan gravitasinya. Sebagai bom waktu, kapan saja bintang ini akan meledak ketika terjadi pengabungan

40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru

Pada tahun 2008 2 blackhole di galaksi 3C 75 terlihat seperti berdansa. Blackhole kembar tersebut berada di cluster galaksi Abell 400, letaknya 296 tahun cahaya. Tepatnya berada di konstelasi Cetus.

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.




No popular articles found.
< /body>