Susah membayangkan apa yang bisa di angkut oleh kapal Heavy Lift. Kapal pengangkut terbesar ini mampu membawa barang apa saja yang besar dan utuh. Kapal ini dirancang untuk membawa barang yang tidak bisa di angkut oleh kapal laut lain. Kata lainnya, yang tidak normal untuk dibawa bisa mengunakan jenis kapal Heavy Lift.


Seperti kapal perang, rig ladang minyak lepas pantai, badan kapal, dan lainnya. Beberapa kapal laut yang pernahd dibawah oleh Heavy Lift seperti USS Samel B ROberts ketika tengelam terkena ranjau laut di teluk persia tahun 1988. Kapal perang jenis frigat tersebut dinaikan kembali dan dibawah oleh Heavy Lift. Kapal MV Blie Marlin membawa kapal perang Amerika USS Cole karena serangan bom.

Beberapa kapal pengangkut kelas Heavy Lift ini seperti MV Mighty Servant2, MV Blue Marlin atau Dan Lifter. Kapal jenis ini memiliki kemampuan menengelamkan badan kapal untuk menaikan barang bawaan yang sangat besar. Selesai dinaikan, baru dinaikan kembali dengan mengisi lambung kapal dengan udara. Selesai terapung, kapal baru bisa berlayar membawa angkutannya.