Planet Super Earth Gliese 832c satu planet mirip bumi yang dicari planet ke 3


Science | 17 August 2017

Peneliti memperhitungkan ada planet lain dari 2 planet gliese 832c dan b dengan posisi lebih tepat

Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia.

Jaraknya masih masuk akal bila suatu hari mampir kesana. Ada cairan juga, dan jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Planet ini diumumkan oleh Nasa

Kalau jarak jadi relatif, karena bintang paling yaitu Proxima Centauri dekat saja mencapai jarak 4,2 tahun.

Yang ini lebih jauh sedikit. Mengapa disebut Super Earth, karena ukurannya 5x lebih besar masanya dari bumi.

Planet ini dihitung mengitari bintang induknya setiap 36 hari (bumi 365 hari). Walau planet ini sangat dekat dengan bintang induk, nah si bintang induknya ini relatif redup dan lebih dingin dari matahari kita.

Dibawah ini gambar rekaan artis, perbandingan bumi dengan Gliese 832c



Agustus 2017
Tahun 2018 ditemukan planet Gliese 832b tapi bukan planet berbatu, melainkan planet gas seperti Jupiter. Memiliki orbit 3-3,8 Au (kali jarak mataharai ke Bumi)
Tahun 2014, ditemukan Gliese 832c. Yang satu ini berbeda dengan permukaan berbatu. Dengan orbit sangat dekat sekitar 0,16Au.

Seperti parameter perkiraan dibawah ini.
Dalam perhitungan penelitian, masih memungkinkan ditemukan planet lain di Gliese 832 dan beada di zona hijau atau biru.



Planet Super Earth Gliese 832c satu planet mirip bumi yang dicari planet ke 3


Peneliti masih mencari planet ke 3, dan harapannya berada di antra planet b dan c. Peneliti mencoba memperhitungan posisi planet ke 3 yang mungkin ada disana.
Setelah data di dapat, kemungkinan masih ada planet lain yang belum terditeksi. Denganukuran antara 1-15 kali massa Bumi. Dan berada pada jarak 0,25-02 Au.
Peneliti juga memperikirakan planet ke 3 memiliki orbit yang stabil setidaknya sudah stabil sejak 1 miliar tahun lalu.
Seandainya ada planet lain diantara keduanya. Mungkin berada di posisi seperti Venus atau yang paling diharapkan ada planet seperti planet Mars.
Penelitian pencarian planet ke 3 ini masih berlanjut, menunggu teleskop generasi baru James Webb.
+ Uta Edu

Berita terkait
Sebuah planet MOA-2016-BLG-227Lb ditemukan, tapi ukurannya 3x lebih besr dari planet Jupiter. Planet ini ini mengorbit ke sebuah bintang coklat atau disebut juga bintang kerdil dalam kelas bintang M.

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.



Sebuah planet dengan jarak 39 tahun cahaya dari Bumi ditemukan. Disebut planet GJ1132b memiliki ukuran sebesar bumi. Walau ukuran seperti bumi, tapi tidak ada kemiripan dengan kehidupan di Bumi. Karena kategori Exoplanet GJ1132b jauh dari kata ideal untuk di tinggali manusia.

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.

Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet. November 2015, planet Kepler 438b di coret dari daftar exoplanet yang mirip bumi.

Teleskop Kepler menemukan tata surya yang mirip kembaran Bumi. Tata surya Kepler 444 diteliti selama 4 tahun. Disana adalah tata surya tua yang umurnya 11,2 miliar tahun, memiliki 5 planet seukuran bumi mengelilingi bintang. Di tata surya tersebut 2,5 kali lebih tua umurnya dari tata surya kita.

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru



Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus ditemukan Januari 2009.

Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581

Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. 2-3 juta tahun lalu disana ada air, tapi menghilang.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.




No popular articles found.