Video yang satu ini memperlikatkan proses pembuatan sebuah reaktor nuklir Wendelstein 7-X dari Jerman.

Dari proses perakitan sampai menjadi reaktor membutuhkan waktu 9 tahun. Reaktor ini memiliki bentuk melingkar.

Sebelumnya masih menjadi produk konsep dan sekarang sudah jadi dibuat, kemungkinan akan menjadi pembangkit listrik masa depan.

Seperti gambar dibawah ini, bukan ukuran utuh dari reaktor fusi. Hanya sebagian potongan saja, bentuk jadinya reaktor Wendelstein 7-X akan melingkar seperti donat



Video proses pembuatan dikemas dalam sebuah video dengan durasi 3 menit. Reaktor tersebut memiliki berat 100 ton.



Reaktor Wendelstein 7-X adalah reaktor percobaan untuk fusi nuklir. Dibangun di Greifswald Jerman oleh institusi Plasmaphysik. Reaktor tersebut adalah pengembangan dari model lanjutan 7-AS. Reaktor Wendelstein 7-X akan menjadi menjadi rancangan reaktor baru fusi terbesar dengan konsep stellarator. Reaktor dilengkapi 50 non planar dan 20 planar superkonduktor kumparan magnetik, dan memiliki tinggi 3,4 meter. Itu baru bagian reaktor utama.

Mengapa ada bagian magnet. Induksi medan magnit digunakan untuk mencegah plasma keluar menabrak ke dinding reaktor. Reaktor ini lebih aman dibanding reaktor nuklir konvensional. Karena sangat minim dengan radiasi radiokatif. Yup teknologi nuklir yang memanfaatkan gas plasma.

Reaktor ini mampu menghemat energi dan menghasilkan power lebih besar. Walau rencananya reaktor untuk uji coba ini selesai dalam 6 tahun, tapi baru selesai 9 tahun kemudian. Melibatkan beberapa negara di Eropa untuk pendanaan dan menghabiskan 370 juta euro. Melihat konstruksi dari video diatas, mesin ini memang sangat rumit.

Kapan pengunaan reaktor seperti ini, mungkin di tahun 2034 baru bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik atau mungkin beberapa puluh tahun mendatang.

Bagi manusia, baru sekarang bisa dibuat. Tetapi teknik fusi nuklir ini sudah ada di depan mata kita sendiri yaitu matahari.

Matahari memiliki cara kerja seperti fusi nuklir termasuk semua bintang yang ada di alam semesta. Matahari mengunakan atom hidrogen berfusi dengan atom helium dan merubahnya menjadi energi panas dan tentu saja cahaya.

Untuk fusi nuklir di Bumi. Hidrogen dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi berubah menjadi gas plasma dimana ion negatif dipisahkan dari ion positif. Biasanya fusi nuklir tidak mungkin dilakukan karena adanya gaya elekrostatik. Di Matahari bisa terjadi karena disana adalah benda dengan dominasi gas, di Bumi tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Tetapi kondisi di satu ruang dapat dibuat sedemikian rupa seperti rancangan reaktor ini.

Cara kerja reaktor fusi nuklir.
Reaktor Wendelstein 7-X diuji coba mengunakan bahan isotop ringan Hidrogen-deuterium dan Tritium sebagai bahan bakar reaktor termonuklir. Tabrakan antara kedua elemen tersebut menghasilkan proton dan terbentuk dalam plasma yang panas. Tapi hasil buang reaktor tidak berbahaya, dengan radiasi sangat rendah.

Berbeda dengan reaktor nuklir pembangkit saat ini. Mengunakan uranium sebagai bahan bakar dan proses panasnya disebut pembelahan dari atom uranium di dalam reaktor. Bentuk uranium sepeti tabung yang dimasukan ke dalam reaktor.
Secara umum bahan uranium yang digunakan tipe U-238 dan U-235 (paling tidak stabil).



Plasma seperti materi tapi berbeda dengan materi lain.
Kita mengenal cair, solid / padat, gas dan plasma. Plasma adalah gas yang sangat energik. Ketika plasma dipanaskan membuat elektron dan ion terpisah.
Disini keunikan plasma yang sangat panas, karena plasma lebih mudah di kendalikan. Plasma yang berisikan ion dan elektron, bila diberikan magnit maka plasma akan bereaksi.
Memungkinkan magnit menahan plasma pancaran plasma yang panas tetap berada di dalam reaktor fusi nuklir.

Seperti gambar dibawah ini. Plasma di dalam sebuah tabung, dapat mengikuti gerakan magnit.




Tabir magnit dapat mempertahankan plasma sangat panas agar tidak melepaskan energinya keluar. Dan reaktor akan ditutup dengan magnit yang kuat sepanjang lingkaran badan reaktor fusi nuklir.



Sedangkan dibawah ini disain dari reaktor fusi nuklir, dan tabung berbentuk donat dialiri magnit agar kekuatan energi plasma tidak keluar dari tabung.



Plasma yang berada di dalam reaktor nantinya akan dialiri air, dan air akan dipanaskan menjadi uap air bertekanan tinggi untuk pengerak turbin pembangkit listrik.

Skala pembangkit listrik dengan reaktor fusi nuklir akan seperti disain dibawah ini. Ukuran lebih kecil, dan energi yang dihasilkan oleh reaktor fusi nuklir sangat besar tapi hemat energi.

Berapa panas reaktor fusi nuklir
Reaktor fusi nuklir menghasilkan panas 150 juta derajat.C. 10X lebih panas dari inti matahari yang mencapai 15 juta deg.C.

Seperti matahari tapi disana terbentuk dengan tekanan gas di inti matahari dan menghasilkan tenaga matahari. Gas di matahari dikendalikan alam. Karena berada di ruang vakum sehingga gas terkumpul menjadi satu bulatan. Tekanan gas dari luar dan dalam matahari menjadi seimbang, dan inti matahari yang mendapat tekanan paling besar menghasilkan panas jutaan derajat. Di inti matahari inilah disebut fusi nuklir.

Fusi nuklir di bumi berbeda.
Gas plasma yang dipanaskan dapat lepas atau keluar dari reaktor fusi nuklir. Sehingga perlu tekanan di dalam ruang plasma, dan dipertahankan agar tetap berada dengan mengunakan medan magnit di seluruh dinding reaktor.
Dengan energi yang sangat besar dapat menghasilkan energi sampai 500mW untuk satu pembangkit fusi nuklir. Dengan bangunan 4 lantai, sebuah reaktor fusi nuklir dapat memiliki berat 23 ribu ton.



Komponen reaktor fusi nuklir yang di coba melibatkan banyak negara. Seperti Amerika, Jerman, Jepang menangani sistem pemanas, shield atau pelindung thermal reaktof melibatkan negara Uni Eropa, China, Korea, dan negara lainnya. Beberapa disain reaktor fusi nuklir yang pernah dibuat dibawah ini

Reaktor Wendelstein 7-X
Reaktor di Jerman Wendelstein 7-X berhasil mencapai 180 juta derajat dalam uji coba.

Reaktor EAST
China dengan reaktor fusi nuklir East telah di uji selama 102 detik walau dengan suhu lebih rendah. Memiliki bentuk seperti bola. Radius 1,85 meter. Mulai dibangun 2003, dan percobaan pada tahun 2006.
2007 reaktor dicoba selama 5 detik dan menghasilkan listrik 500kA. 2015 percobaan selama 6,4 detik. 2016 dinyalakan selama 103 detik. Tahun 2016 terlihat sukses dan mampu mempertahankan suhu 50 juta kelvin atau setara 3x panas matahari.

Reaktor ITER
di Amerika kabarnya memasukan disain dalam satu reaktor. Tapi mengalami kemunduran karena kelambatan rancangan disain dan belum bekerja. Bahkan pemerintah Amerika mengancam akan memangkas dana proyek tersebut. Bila selesai, menjadi pembangkit fusi nuklir terbesar dengan output 500mW listrik dengan input 50mW, sementara mampu menahan plasma selama setengah jam lebih.
Pembangunan reaktor ITER dengan reaktor nuklir berbentuk bola. Kabarnya dilanjutkan dengan disain reaktor lain yang disebut DEMO, dengan penyempurnaan dari reaktor pertama Amerika ITER. Rencana baru diuji coba tahun 2020, dan 2027 dapat dioperasikan.

Reaktor JET
Reaktor fusi nuklir terbesar disebut JET atau Joint European Torus. Berada di Inggris dan di danai oleh negara Uni Eropa.
Jet dirancang sejak tahun 1984. Memiliki disain inti 2,96 meter saja dengan isi volume gas plasm 100 meter kubik. Tahun 1991 percobaan awl untuk menyalakan reaktor pertama kali. 6 tahun berlalu 1997 JET menghasilkan daya 16mW. 2014 komisi Eropa kembali memberikan datan untuk perpanjangan percobaan 5 tahun.

Reaktor fusi nuklir tidak akan hadir dalam waktu dekat. Mungkin 30 tahun kedepan. Bila rancangan berhasil tercapai dan plasma dapat stabil memanaskan energi untuk turbin pembangkit listrik. Disana semua akan berbicara, berapa banyak reaktor yang anda butuhkan.

Energi Fusi Nuklir
Mengapa lebih aman. Dasarnya ada beberapa penolakan dengan reaktor nuklir. Radiasi, berbahaya dan ditolak, ancaman teror, kelanggaan bahan bakar, dan pembuangan limbah.
Reaktor fusi nuklir.  Hanya mengunakan atom hidrogen dan helium pada suhu tinggi. Berada didalam reaktor, suhu mencapai jutaan derajat dan membutuhkan tekanan tinggi. Mirip seperti bintang
Masalahnya. Di bumi tidak ada materi yang tidak meleleh dalam temperatur jutaan derajat. Teori bintang dibalik dengan membuat reaktor vakum, dan dijaga dengan magnit.sehingga plasma tidak meluas ke arah dinding reaktor.
Harga reaktor. Reaktor fusi nuklir berbentuk seperti donat. Harganya luar biasa mahal.
Siapa yang tertarik. Setidaknya 35 negara berpartisipasi dalam pengembangan reaktor fusi nuklir.



Film dokumenter Mila Aung Thwin dibuat dengan mengikuti para ilmuwan dan insinyur di ITER selama 7 tahun. Bekerja sama dengan sinema Van Royko dan video trailer Let There Be Light.