Planet Mars membuat siap huni dan berapa lama untuk pergi kesana


Kategori : Science | Date : 26 July 2018
Apa yang perlu dilakukan bila manusia pindah ke planet lain seperti Mars

3 Teknik yang perlu dilakukan bila manusia ingin pindah ke planet lain.

Bila manusia memang perlu bermigrasi di planet Mars, harus dipersiapkan jauh hari bahkan puluhan atau ratusan tahun sebelum kondisi planet tersebut mendekati kondisi seperti di Bumi. Beberapa upaya yang perlu dilakukan seperti dibawah ini

Meningkatkan suhu planet.
Suhu di Mars rata rata - 62 deg.C, terdingin mencapai -143 deg.C, terpanas 30 deg C untuk musim panas di ekuator Mars. Untuk memanaskan planet, Bumi mungkin sudah panas akibat efek rumah kaca. Di Planet Mars, manusia bisa membuat efek rumah kaca. Tanah di Mars memegang blok bahan PFC. Kita bisa membangun dan mengesktrak dengan suhu panas tinggi. Memompa PFC ke atmosfer kata McKay,  lalu gas CO akan membekukan es di kutub dan tanah. Efek di planet, meningkatnya gas CO akan mempercepat pemanasan dan menjebak panas untuk tidak keluar dari planet. Seperti bumi yang hangat , walau bumi saat ini sudah berlebihan.

Membangun suasana
Hari ini atmosfer Mars hanya 1% dari atmosfer di Bumi. Sangat tipis, tapi ilmuwan percaya atmofer disana bisa dibuat lebih tebal , setidaknya 30% air bisa dikeluarkan dan cukup untuk menahan kandungan air dalam bentuk cairan di planet. Maka planet Mars sudah siap ditinggali. Bulan November lalu, rover Maven mengambil sampel udara di atmosfer Mars. Bila gas CO2 bereaksi dengan unsur di permukaan Mars, maka bisa ditarik dari tanah dan dilepas kembali ke atmofer.

Melepaskan air.
Planet merah Mars terlihat sangat kering, semua tempat hanya tanah merah dan gurun. Tapi di beberapa misi ke Mars mengindikasikan ada air. Satelit kecil  Mars Reconnaissance Orbiter yang terbang diatas planet, menunjukan pencitraan aliran garis air di musim semi dan musim panas. Mungkin di dalam planet Mars memiliki penampungan air besar yang masih membeku, karena suhu sangat dingin. Data terakhir dari Rover Curiosity mendapatkan data memang ada air yang terjebak dibawah tanah. Bila cadangan air bisa dikeluarkan dengan pemanas dan diangkat keatas, manusia bisa bertani dan membuat air minum bahkan mendukung tumbuhan dan membuat awan untuk hujan. Masalahnya berapa banyak kandungan air di sana. Dan bagaimana mengektrak air menjadi awan.

Walau banyak teknik cukup sulit dilakukan, planet Mars lebih mudah ditaklukan oleh manusia. Venus yang panas memerlukan teknologi tinggi untuk mendinginkan planet tersebut. Mars hanya perlu dibuat lebih hangat dari suhu sekarang ini

Mars hanya perlu dibuat efek rumah kaca seperti manusia melakukan kesalahan di Bumi. Bedanya efek rumah kaca di Mars hanya untuk meningkatkan suhu saja. Setidaknya dibutuhkan 100 tahun untuk melepas gas CO agar panas cahaya matahari bisa terjebak di atmofer.
Setelah suhu Mars mulai meningkat, es dibagian kutub Mars dapat mencair dan terbentuk awan. Nantinya mulai terjadi hujan salju dan terus memanas sampai hujan air. Entah seperti apa teknologi yang akan dibuat oleh para ahli.



Gambar artis, kontur planet Mars dan gambar artis bila permukaan planet bisa memiliki air.





Langkah di atas adalah tahap untuk membuat planet terdekat menjadi layak huni. Sampai sekarang astronom masih mencari dan baru menerka bentuk planet lain yang cukup jauh dalam pencarian planet kembaran bumi.

Bentuk dan kondisi planet Mars
  • Ukuran hanya separuh diameter bumi
  • Tekanan udara hanya 10%. Tumbuhan mungkin bisa berkembang, tetapi tidak tahu bentuknya seperti apa.
  • Bila meteor jatuh sebesar bola akan jatuh menyala, bila ukuran lebih besar akan masuk ke permukaan planet tapi meteor tidak akan terbakar habis seperti meteor yang jatuh di bumi.
  • Radiasi di planet Mars bisa menembus atmofer karena magnetik planet ini sangat lemah.
  • Disana tidak perlu khawatir dengan gempa gunung berapi atau gempa bumi
  • Kondisi suhu dapat berubah dramatis dalam 1 minggu saat ini
  • Seandainya ingin mengirim pesan SMS dari planet Mars ke Bumi, pesan baru sampai sekitar 15 menit. Sama saja dengan berkomunikasi radio, akan terjadi kelambatan 15 menit. Baru bilang Halo, tunggu 15 menit untuk mendapat jawaban Yah dari Bumi 15 menit kemudian
  • Membuat oksigen di planet Mars membutuhkan 1000 tahun. Agar mencapai udara di bumi dengan 21% oksigen dan 78% nitrogen. Sekarang kondisi manusia normal, bila kekurangan oksigen dapat merusak paru paru serta kulit membiru.
  • Satu tahun di Mars setara 1,88 tahun di Bumi, dan manusia akan jarang sekali berulang tahun sampai usia 50 tahun waktu Mars.

Radiasi di planet Mars separah apa dibanding di Bumi

Bumi memiliki inti seperti dinamo dengan bahan besi, melindungi radiasi dari luar angkasa atau membelokan dengan medan magnit. Planet Bumi memiliki bulan yang dijadikan sebagai generator putaran yang menghasilkan magnit. Magnit Bumi mampu menangkis paparan radiasi gelombang matahari, sehingga permukaan bumi terlindung.

Planet Mars memiliki inti magnit tapi sangat lemah, dan sudah melemah sejak 4,2 miliar tahun lalu. Inti di planet Mars lebih dingin tanpa sebab yang tidak diketahui, dan dampaknya efek dinamo planet menjadi lemah dan magnetik tidak mampu melindungi isi planet. Atmofer disana tersapu oleh gelombang radiasi matahari. Panas dari inti di planet Mars diperkirakan hanya 1227 derajat C tapi panas terjadi di dalam saja. Inti bumi kadang keluar menjadi magma di gunung berapi yang disamakan adanya efek dinamo di perut bumi.  Di Mars hanya terlihat satu gunung api.

Pesawat ruang angkasa Mars Odyssey meneliti dengan radiasi di planet Mars, disana rata rata mencapai 2,5x lebih tinggi dibanding astronot yang berada di stasiun ruang angkasa ISS. Di Bumi manusia hanya mendapatkan radiasi 0,62 rad pertahun, walau sebagian manusia mampu bertahan dengan tingkat radiasi 200 rad tanpa mengalami masalah.

Di Mars, astronot akan menerima radiasi setingkat 22 milirad perhari atau total 8 rad pertahun jadi sangat berbahaya. Oddsey juga menditeksi radiasi sangat besar akibat kilatan matahari yang sampai ke planet Mars. Radiasi meningkat sangat tinggi 2 rad dalam sehari, dan di hari biasa kadang dapat mencapai 100 milirad. Dalam jangka panjang astronot akan mengalami masalah keracunan radiasi matahari, meningkatkan resiko penyakit kanker, genetik bahkan kematian.

Resiko astronot berada di planet Mars. Radiasi dari luar angkasa melibatkan ion berat dan neutron, dan radiasi sinar X. Radiasi permukaan planet datang dari luar angkasa yang masuk tanpa tersaring atmofer.

Tubuh manusia akan mengalami kerusakan sel dan jaringan aberbeda.

Dibawah ini gambar dari pesawat ruang angkasa Maven Imaging Ultraviolet Spectrograph. Diambil pada tanggal 9-10 Juli 2016. Warna radiasi Ultraviolet di planet Mars



Menjawab apakah ada manusia tinggal atau berencana tinggal di planet Mars. Untuk saat ini tidak. Baru tahap persiapan dari badan antariksa Nasa ingin mengirim astronot untuk menginjakan kaki di planet Mars. Itupun bila dana yang diberikan sudah mencukupi, bahkan persiapan modul mendarat dan roket baru mencapai tahap percobaan

Berapa jarak ke planet Mars
Untuk mengetahui berapa lama, harus diketahui jarak planet Mars ke Bumi.
Posisi Mars terdekat ke matahari disebut Perihelion, dan Bumi harus berada di posisi terjauh matahari (aphelion). Jaraknya terdekat antara Mars dan Bumi setidaknya mencapai 54,6 juta km. Tapi jarak tersebut belum pernah terjadi selama manusia modern hidup.
Tahun 2003 jarak terdekat antara Bumi dan Mars 56 juta km dan baru terjadi lagi pada tahun 28 Agustus 2287.
Tahun 2008 jarak ke Mars mencapai 57,4 juta km.
Posisi terdekat antara Mars dan Bumi terjadi 2x setiap 15 atau 17 tahun sekali.
Posisi Bumi dan Mars memiliki jarak terjauh dan saling membelakangi sampai 401 juta km, sedangkan jarak rata rata sekitar 225 juta km. Bisa dibayangkankan, walau sebagai planet tetangga tapi betapa jauhnya planet yang satu ini.
Pesawat antariksa New Horizon adalah pesawat ruang angkasa tercepat yang pernah dibuat manusia, sudah menuju ke Pluto. Pada tahun 2006 berangkat dengan kecepatan maksimum mencapai 58 ribu km perjam.

Waktu perjalanan ke Mars kira kira dibawah ini
  • Dengan kecepatan tersebut atau teknologi yang ada sekarang, jarak terdekat antara Mars dan Bumi dapat ditempuh selama 39 hari walau dalam sejarah juga tidak pernah terjadi lagi
  • Bila keduanya saling berjauhan akan lebih lama lagi mencapai 289 hari,
  • Bila kedua posisi planet berada pada jarak rata rata harus ditempuh 162 hari.

Tinggal di luar bumi dengan perjalanan di ruang angkasa

  • Masalah yang dihadapi manusia di ruang angkasa akan berbeda ketika melakukan perjalanan tanpa bobot. Kondisi kesehatan akibat tulang rapuh, radiasi sampai kerusakan sistem saraf. Di Bumi manusia akan terus tertarik ke bawah oleh gravitasi. Menjaga tulang kita tetap kuat, otot berkontraksi  terus menurus melawan gravitasi. Sampai membuat waktu tidur lebih pendek Gravitasi juga menarik darah ke bawah, dan memompa udara yang kaya oksigen ke bagian atas. Di ruang angkasa, tentu berbeda.
  • Di ruang angkasa astronot mengatakan gravitasi amat rendah, otot manusia harus dilatih, tulang kehilangan kepadatan mineral dan jumlah darah juga menurun. Awalnya bagian kaki karena astronot tidak berdiri diatas gravitasi, di ISS astronot harus berolahraga selama 2 jam setiap hari bila mereka tidak ingin muncul masalah ketika pulang ke bumi. Demikan juga bagian tulang punggung astronot akan terganggu dan timbul rasa nyeri.
  • Bagian tulang rapuh harus dikembalikan setelah astronot pulang, setidaknya hilangnya 50% kepadatan tulang terjadi bila astronot berada lama di ruang angkasa tanpa gaya tarik, dan baru bisa dikembalikan seperti semula setelah rehabilitasi 9 bulan.
  • Satu astronot Kelly baru kembali dari stasiun ruang angkasa. Dia tinggal hampir 1 tahun disana. Dia sekarang sudah lebih tinggi 10 cm.
  • Jantung juga terganggu, karena tidak ada beban gravitasi maka kinerja jantung lebih ringan (malas). Tubuh manusia akan beradaptasi dengan mengurangi volume darah. Efeknya tidak terasa diruang angkasa, tapi baru terlihat setelah kembali ke bumi sehingga bagian otak tidak mendapatkan suplai yang cukup karena jantung menjadi lebih lemah memompa darah ke bagian kepala..

Kesehatan manusia selama perjalanan ruang angkasa.

Profesor Charles Limoli dari ahli radiasi universitas California menyebut resiko astronot mendapatkan kerusakan permanen otak selama diruang angkasa. Tim Charles menemukan paparan sinar kosmik galaksi tersebar di ruang angkasa, dan berbeda dengan manusia tinggal di Bumi. Setelah astronot berada di luar batas magnetosfer bumi, dalam jangka panjang dapat menganggu kognitif dan demensia. Karena astronot melakukan perjalanan selama 2-3 tahun sekali pulang pergi ke planet Mars, mereka lebih banyak berada di ruang hampa tanpa gravitasi

Misi Apollo di era 60an, astronot menghadapi resiko radiasi tinggi. Walau mereka hanya berada disana selama beberapa hari atau minggu. Ke Mars itu hitungannya bisa tahun, dari berangkat, tinggal dan pulang. Bahaya radiasi kosmik dapat merubah seseorang menjadi sangat cemas. Untuk menangani radiasi, astronot harus terlindung di ruang tempat tidur mereka. Walau tidak dipungkiri radiasi kosmik bisa saja menembus ke ruang pesawat. Cara lain memberikan obat obatan khusus untuk melindungi otak astronot


Berapa banyak manusia mengirim peralatan ke Mars
Bila dihitung, setiap 26 bulan satu peralatan penlitian di kirim ke planet Mars. Perjalanan peralatan seperti pesawat ruang angkasa dan mengirim rover ke planet Mars membutuhkan waktu 6 bulan lebih.



Soviet pertama mengirim probe ke Mars, walau sempat beberapa gagal (mungkin lebih banyak yang gagal didaratkan). Tapi di tahun 1971 satu robot Lander Mars 2 menjadi objek pertama buatan manusia yang mendarat ke Mars dengan baik. Sayangnya robot tersebut juga gagal bekerja ketika mendarat..

Lander Mars 3 sampai di planet Mars, tapi hanya berhasil mengirim sinyal beberapa menit ke Bumi sebelum blep berhenti.

Sukses pertama adalah robot Viking 1 dan 2 milik Nasa Amerika. Tiba di planet Mars pada tahun 1976. Berhasil meneliti sampel tanah di Mars dan menganalisa tanah serta membuat foto permukaan Mars. Tahun 1997 robot Pathfinder juga berhasil mendarat, tapi hilang kontak setelah 3 bulan bekerja.

Sekarang di planet Mars terdapat rover Curiosity. Mengunakan tenaga nuklir dan sedang jalan jalan untuk mengabadikan planet tersebut. Menjadi robot dengan perjalanan paling lama di planet Mars

Satu lagi robot lebih kecil Opportunityjuga masih bekerja, walau gerakannya sangat lambat. Diluncurkan tahun 2004, awalnya untuk misi 90 hari. Robot Spirit yang berangkat bersama dengan robot Opportunity hanya bekerja sampai 90 hari lalu blep.

Dibawah ini probe antariksa dan rover yang pernah dikirim dari Bumi ke Mars.

Rover dan probe yang berhasil mencapai planet Mars

Latihan sebelum ke planet Mars

Desember 2015, tim Nasa sudah memilih satu tempat lain untuk latihan bagi astronot yang akan berangkat ke Mars. Tempatnya di sebuah pulau Devon di bagian negara Kanada, menjadi salah satu pulau terbesar di Bumi tanpa penghuni. Pulau tersebut menjadi tuan rumah proyek haughton-Mars / HMP. Tempatnya berada hampir paling atas dari negara Kanada.

Proyek HMP sudah dimulai sejak 1998, sebagai pimpinan tentu tim dari Nasa. Pulau Devon hanya berisi batu, medan tandus dan menjadi tantangan siapa saja yang tinggal disana. Disana hanya ada sebuah kawah gunung berukuran 20 km. Terpencil, tidak terjangkau komunikasi dan tidak ada yang menganggu serta dingin. Hampir persis kondisinya seperti gambaran planet Mars saat ini untuk pelatihan astronot.

Kondisi suhu disana, di musim panas 10deg.C, tapi di musim dingin anjlok ke -50 deg.C

Tempat latihan astronot ke planet Mars pulau Devon

Melindungi astronot terhadap radiasi di planet Mars
Dalam siaran pers NASA Human Exploration Strategic Analysis lead Pat Troutman mengatakan para ilmuwan sedang melakukan peneitian untuk menghindari kekhawatiran radiasi antariksa dan resiko yang ditimbulkan bagi astronot.
Jumlah radiasi yang diterima astronot nanti tidak diketahui. Radiasi di planet Mars sangat berbeda, lebih kuat, dan lebih berbahaya dibanding di Bumi.
Sebagai contoh, astronot yang berada di stasiun ruang angkasa ISS menerima radiasi 10x lebih besar dibanding di Bumi. Itupun stasiun ISS tepat berada di medang magnit Bumi.
Ancaman lain adalah sinar kosmik galaksi - GCR (bukan cahaya matahari), dan partikel matahari.
Radiasi matahari sudah dipikirkan seperti apa, tetapi radiasi GCR yang belum diketahui.
Radiasi GCR - Galactic Cosmic Rays sangat energi (berbahaya), bahkan dapat merusak materi seperti plastik, air bahkan metal.
Ketika reaksi terjadi, radiasi sekunder yang terdiri dari neutron, proton dan partikel lain akan bereaksi pada perisai (lapisan pelindung astronot). Disini masalah besar, kerusakan struktural pada DNA manusia.

Gunung terbesar di tata surya ada di planet Mars yang merubah sudut planet.

Gunung berapi raksasa membuat planet Mars miring 20 derajat ketika 3,5 miliar tahun lalu meletus. Gunung di planet Mars memiliki ukuran satu negara Perancis, abu gunung diperkirakan menutup sebagian besar permukaan planet Mars

Kutub utara dan selatan disana sudah bergeser. Seandainya Bumi memiliki gunung raksasa seperti di planet Mars. Posisi kota Perancis akan berada di lingkaran kutub utara kata Sylvain Bouley ahli Geomorphologis dari universitas Paris-Sud. Aktivitas gunung berlangsung ratusan juta tahun, membuat planet Mars lebih miring 20-25 derajat.

Aliran lava cair menciptakan daratan tinggi yang disebut kuba Tharsis, memiliki luas lebar 5000 km persegi . Peneliti melakukan studi teoritis, bahwa planet Mars memang bergeser akibat aktivitas gunung berapi terbesar di tata surya tersebut. Dan gunung disana hanya ada satu saja.

Peneliti mengatakan hal lain. Posisi kubah Tharsis berpindah ke daerah baru di khatulistiwa planet itu serta membuat keseimbangan baru.

Masih ada pertanyaan yang belum terjawab. Apakah kemiringan planet membuat medan magnit akhirnya tertutup. Apakah berdampak dengan hilangnya atmofer planet Mars, dan membuat sungai disana berhenti mengalir.

Pemandangan planet Mars 360 derajat.

Foto ini diabadikan oleh robot Nasa Curiosity, dimana tempat yang diambil adalah area gunung Murray Buttes. Puncaknya berada di ketinggian 6000 meter. Foto dibuat dari 130 foto yang digabung menjadi panorama planet Mars.

Foto dibuat tanggal 5 Agustus 2016, di publikasikan oleh Nasa 19 Agustus 2016



Inilah kondisi planet Mars. Entah kapan ada manusia yang bisa menginjakan kaki di planet ini. Dan mengambil informasi tentang planet tersebut dan kembali dibawah ke Bumi.

Hidup di planet Mars lebih sulit dari planet kita sendiri.
Profesor Stephen Hawking membuat prediksi lagi. Hawking adalah fisikawan teoritis yang sangat dihormati kembali memperingatkan manusia untuk menjadi spesies multi planet pada abad berikutnya. Jika manusia tidak ingin punah.
Tahun 2016, dia mengatakan manusia hanya bertahan sampai 1000 tahun mendatang.
Bumi saat ini mengalami masalah besar. Perubahan iklim membuat suhu bumi terus memanas, tentu saja ulah manusia. Overpopulasi penduduk, setidaknya dalam 50 tahun kedepan benua Afrika akan mengalami lonjakan penduduk. Epidemi seperti penyakit, perlahan sudah terlihat di depan mata dengan penyebaran begitu cepat. Asteroid kapan saja bisa menabrak ke Bumi dan memberi dampak ke manusia.

Tapi apa yang sebenarnya dibutuhkan, manusia harus menemukan rumah kedua.
Planet Mars pilihan yang sangat jelas, paling dekat tapi bukan Bumi 2 yang tepat. Sebenarnya planet Mars lebih buruk dari Bumi. Memiliki tanah beracuns, sangat dingin, dan udara tidak ada yang berhembus seperti di Bumi. Setiap koloni yang berangkat ke planet Mars harus tergantung dari pasokan di Bumi.

seperti apa pemandangan di planet Mars


Bumi 2 pastinya bukan salah satu planet di tata surya. Mungkin ada di bintang lain dimana menyediakan udara untuk bernapas, air, suhu yang hangat dan tanah bisa digunakan untuk tanaman. Tetapi sejauh ini tidak ada planet seperti itu. Dengan teknologi sekarang, seandainya planet 2 ditemukan maka butuh ratusan tahun untuk sampai kesana. Bila manusia bisa mencapai planet lain, mungkin spesies manusia akan berbeda dari mahluk di Bumi.

Untuk pergi ke planet Mars, mungkin hanya memuat 6 orang sekali jalan. Perusahaan antariksa SpaceX ingin membuat sistem transportasi antarplanet untuk mengantar 100 orang sekali jalan. Tapi semuanya masih teori dan rencana.
Rute antar bintang lebih menantang lagi. Karena pesawat yang sangat cepat belum dapat dibangun, bahkan belum dapat direncanakan seperti apa. Apa lagi membawa ribuan orang untuk pindah.
Pertanyaan lain, bila pergi dari Bumi, siapa yang akan berangkat. Apakah orang miskin harus ditinggal.

Di planet Mars, jangan berharap lari pagi atau jalan jalan keluar ruangan perlindungan. Planet Mars baru menjadi Bumi 100 ribu tahun nanti. Biaya ke planet Mars membutuhkan perencanaan 1,5 triliun dollar. Itupun untuk kru pertama. SpaceX memiliki rencana tapi tidak tahu dari mana dana yang akan dimiliki.
Apakah Amerika saja yang mengeluarkan uang. Tentu saja tidak, mungkin ada beberapa orang kaya yang mau membiayai. Intinya pergi ke planet Mars lebih rumit.
Bila bumi memiliki banyak ancaman. Planet Mars tidak berbeda, bisa saja mereka yang pindah terkena jatuhan asteroid bahkan lebih beresiko lebih besar di banding tinggal di Bumi.

Nasa mengirim probe Insight ke planet Mars, yang satu ini dirancang khusus menelaah permukaan tanah planet Mars. Suara di planet Mars, pertama kali di rekam oleh peralatan manusia. Berangkat bulan Mei 2018, telah sampai di Mars Senin 26 November 2018. Panel surya berukuran 2 meter bekerja sangat baik.

Nasa baru mempublikasi bagaimana manusia pergi ke Mars. Tahap pergi ke Mars tidak semudah yang dibayangkan. Pertama astronot singgah di stasiun ruang angkasa baru. Semua masih rancangan, mantan astronot Nasa Chris mengatakan perjalanan ke Mars paling beresiko tanpa teknologi baru yang tidak pernah kita pikirkan harus ada.

Planet Merkurius dengan suhu ekstrem, dari 430 deg.C dan anjlok malam hari -180 deg.C. Satu hari 58 hari waktu bumi, orbit setahun 88 hari ke matahari. Pesawat Messenger terakhir di Merkurius 2015, video planet Merkurius. Bercak merah adalah sejarah adanya gunung berapi



Rover Mars 2020 adalah robot yang akan dikirim ke planet Mars. Mengumpulkan sampel batuan dan analisa lingkungan di planet Mars, dan sampel dikirim kembali ke Bumi untuk dipelajari. Dari 7 rover milik Nasa, baru 1 rover ini yang memiliki kemampuan khusus

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. Berita terbaru, robot tersebut membuat foto 360 derajat. Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Gambar perjalanan di planet Mars direkam dari camera Hazcam.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Film The Martian bercerita dengan petualangan astronot yang berhasil mendarat di planet Mars. Tapi kondisi Mars yang ekstrim membuat para astronot harus kembali keluar dari planet. Seorang astronot tertinggal, karena hilang diterjang badai. Ternyata masih hidup, bagaimana cara penyelamatan astronot.



Bila manusia benar pindah ke Mars, mungkin mereka yang beragama Islam akan dilarang untuk pergi kesana. Kelompok pemimpin di Uni Emirat Arab mengeluarkan keputusan bahwa umat Islam seharusnya tidak pergi ke planet Mars.

Ini bukan film tapi rencana Nasa pada tahun 2020. Nasa akan mengirim Rover ke Mars untuk memompa karbon dioksida ke atmosfer Mars. Sekaligus mempompa oksigen murni, siapa tahu manusia jadi bermigrasi ke Mars.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.

Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.


No popular articles found.