Tidak mudah mencari planet seperti bumi. Manusia modern baru datang setelah bumi sudah indah.

Tetapi kondisi bumi sebelumnya sangat kacau sebelum mencapai masa tenang seperti sekarang.

Bagaimana rencana membuat planet layak huni, misalnya di planet Mars. Apakah manusia mampu membuat planet Mars menjadi seperti Bumi, apakah dahulunya planet Mars memang seperti Bumi.

Sebuah planet siap huni bagi manusia membutuhkan kriteria.
  • Resep sebuah planet yang layak huni adalah planet yang hangat, setidaknya cukup hangat untuk manusia tinggal.
  • Hal terpenting adanya 2 komponen yaitu air dan atmosfer / udara.
Tetapi membuat sebuah planet seperti Mars sampai layak untuk bernapas membutuhkan waktu 100 ribu tahun lagi, walau manusia sudah mengunakan teknologi terbaik saat ini.
Suhu di planet Mars bervariasi, bila jauh dari matahari akan anjlok ke suhu minus dibawah 0. Karena lapisan atmofer disana yang tipis dan tidak bisa menyimpan banyak panas matahari, hal lain tekanan atmofer yang rendah serta penerimaan termal rendah terjadi di permukaan planet.

Karena planet Mars lebih jauh posisinya dari matahari dan ukurannya yang lebih kecil, hanya menerima kekuatan 43% cahaya matahari dibanding planet Bumi yang lebih dekat ke matahari. Planet Mars akan mengalami badai debu kecil sampai badai besar ketika posisinya lebih dekat ke matahari.

Manusia pergi ke luar planet Bumi atau manusia pernah pergi ke planet lain. Jawabannya tidak pernah.
Manusia hanya mencapai ke Bulan. Hanya 12 orang yang pernah menginjakan kaki diluar planet Bumi yaitu di Bulan saja, itupun mengunakan teknologi tahun 60an dari proyek Apollo Amerika.

Pesawat ruang angkasa tanpa awak, sudah terbang puluahn tahun lalu. Dan sekarang menjadi pesawat terjauh di abad ke 21, yaitu Voyager1 dan 2, disusul New Horizon

Sebelum berlanjut, seperti apa kondisi planet Mars saat ini. Foto dibawah ini diambil oleh robot Curiosity tanggal 18 Desember 2015. Dengan kondisi seperti gambar dibawah ini, manusia tidak dapat tinggal di Mars.
Mars hanya dikunjungi oleh Rover seperti Curiosity, atau robot yang di kontrol dari Bumi. Robot tersebut mengunakan bahan bakar nuklir. Untuk komunikasi terhubung dengan sebuah pesawat di atas Mars, dan perintah, gambar dikirim mengunakan sistem relai dari robot ke pesawat ruang angkasa lalu di kirim ke Bumi.

Pemandangan foto dari planet Mars dari Robot Curiosity 18 Desember 2015


Bagaimana bentuk planet Mars sebelum hancur seperti sekarang ini.
5 November 2015, sebuah pesawat ruang angkasa Nasa Maven masih berada disana dan melaporkan data kondisi planet Mars. Kondisi planet Mars mengalami kehilangan gas CO2 yang naik ke atas atmofer dan terbang menghilang. Disebabkan medan magnit planet Mars menutup (melemah) sekitar 4,2 miliar tahun lalu, dan angin matahari membuat tekanan di planet Mars.
Pada gambar dibawah ini dari kiri atas adalah permukaan planet Mars sekarang,  gambar lain setelah terjadi perubahan bentuk secara alami di planet Mars yang sebelumnya yang memiliki air dan atmofer tebal



Apakah sudah ada manusia tinggal di planet Mars.
Tentu saja tidak. Planet Mars baru dikunjungi hanya sebuah robot Rover yang dikirim dari bumi. Rover Coriosity paling canggih melakukan penelitian tentang kandungan atmofer, tanah dan lainnya. Bergerak dengan remote dari Bumi, untuk menganalisa bebatuan disana.
Diluncurkan dari Bumi tahun 2011 dan tiba di Mars 6 Agustus 2012. Telah melakukan perjalanan 560 juta km selama 9 bulan dari Bumi.
Beberapa artikel tentang Planet Mars yang dilihat oleh Rover Coriosity
Di planet Mars
  • Seandainya manusia pergi dengan kecepatan 100km dengan mobil. Baru sampai di Mars 271 tahun 221 hari. Mungkin anda tidak akan sempat makan malam ketika tiba di planet Mars, karena usia manusia sudah habis selama perjalanan.
  • Planet Mars memiliki ngarai dengan dinding sangat curam, dengan kedalaman hampir 4000 meter kebawah. Jatuh anda akan terbang sebelum membentur dasar ngarai.
  • Gunung Olympus di planet Mars adalah gunung terbesar dan tertinggi di tata surya kita.
  • Mars memiliki tebal kerak seperti Bumi. Tapi tidak memiliki lempeng teknotik yang dapat menyebabkan gempa. Di planet Mars tidak akan mengalami gempa berarti
  • Suhu di Mars, jangan ditanya, sangat dingin.
  • Udara di planet Mars. 95% adalah gas CO, 3% nitrogen, 1,6% aron dan sisanya gas lain. Namun ilmuwan percaya suatu haru Mars dapat menjadi planet layak huni dan menciptakan kehidupan seperti di Bumi.
  • Musim. Disana hanya memiliki musim dingin, semi dan panas atau gugur. Pastinya tidak ada musim hujan, karena Mars tidak memiliki air sebanyak Bumi. Sumbu Bumi 23,5 derajat dan Mars 25 derajat. Tapi setiap musim akan berlangsung 2x lebih lama dibanding Bumi.
  • Pada musim dingin, 20% dari udara membeku. Jauh lebih dingin dari Bumi, di kutub mencapai minus 125 derajat C. Bila di Bumi anda sudah mengatakan sangat dingin di kutub utara atau selatan, disana lebih dingin lagi.
  • Debu adalah badai. Badai terbesar di sana bukan angin, tapi berisikan debu dengan kecepatan 200km perjam. Badai bisa tumbuh dalam hitungan jam.
  • Gravitasi. Ini yang menarik bobot kita disana hanya 62,5% dari berat di Bumi. Manusia bisa melompat 3x lebih tinggi.
  • Kawah. Mars memiliki kawah terbesar dari seluruh planet yang pernah dilihat manusia. Disebut cekukan Borealis. Lebar lingkaran mencapai 10,600km , dan menutup 40% permukaan planet.

Air di planet Mars

September 2015, Nasa mengumumkan menemukan jejak air di tebing planet Mars. Ilmuwan dari Georgia Tech melihat adanya alur air di sebuah lereng tebing. Penemuan adanya cairan tersebut sudah terlihat di tahun 2010, dan baru resmi diumumkan baru baru ini. Menurut Ojha dan timnya menyebut apapun yang mengalir di planet Mars adalah garam Hyrdo.

Penemuan adanya cairan di planet mars

Nasa persiapkan simulasi astronot ke Mars
Gas CO di planet Mars, artinya tidak ada yang hidup di planet Mars, dan cuaca sangat dingin. Nanti astronot ke Mars, mereka akan menghadapi masalah tersebut. Apakah manusia bisa bertahan.
Setidaknya sekarang, selama 8 bulan, 6 orang berhasil diuji coba tinggal di Bumi. Letaknya di puncak gunung Mauna Loa di Hawai.
Mereka tidak boleh keluar dari sebuah kuba tanpa baju astronot. Mereka tidak berkomunikasi dengan orang luar seakan terisolasi seperti  planet Mars nanti.
Disini peneliti mencoba melihat apa dampak astronot dengan psikologi, kerja tim dan lainnya bila mereka terisolasi disana. Karena calon astronot nantinya akan mengalami kondisi seperti ini. Tidak ada internet, komunikasi yang lambat, dan kondisi tubuh tidak boleh sakit. Untuk keadaan darurat semua harus dilakukan disana, dan jangan berharap mendapat bantuan dari Bumi. Sebuah pesawat ruang angkasa yang menjemput membutuhkan waktu berbulan bulan untuk tiba di Mars.



Apa yang perlu dilakukan untuk membuat planet layak huni. Selanjutnya