Konsumsi bandwidth internet 2018


Kategori : News | Date : 1 October 2018
Setelah jaringan P2P, beban trafik internet bertambah dengan video live
2014 Perkiraan trafik internet
Mungkin kita bertanya, berapa banyak paket data internet yang dipakai. Atau untuk apa saja jaringan internet digunakan. 4 tahun lagi jaringan internet diperkirakan lebih banyak untuk video. Bukan media sosial, chatting, jaringan navigasi bahkan email.

Di era pengunaan internet, teknologi internet lebih diandalkan untuk browsing dan email. Trafik data sampai 2013 hanya 1.3ZTB atau satu triliun GB. Tahun 2018, pengunaan trafik internet akan mencapai 132 exabyte perbulan, lebih tinggi 2x lipat dibanding pengunaan data internet tahun 2014.

Setahun, rata rata penguna internet mengunakan 15GB di tahun 2013, untuk satu jaringan dirumah mengunakan 30GB. Dalam 4 tahun kedepan angkanya mencapai 75GB perbulan untuk satu penguna internet dan 150GB untuk koneksi data di rumah.

Mengapa beban jaringan internet terus meningkat, karena penguna internet akan mencapai 4 miliar orang. Ada 21 miliar perangkat terhubung ke internet. Jaringan broadband akan lebih cepat. Nah yang terakhir, sekitar 78% jaringan IP trafik adalah video. Yang terakhir inilah yang akan meningkatkan pemakaian bandwidth internet di seluruh dunia.

2017 Perkiraan trafik internet
Seberapa besar pengunaan bandwidth internet dalam 4 tahun mendatang. Cisco memperkirakan trafik internet di tahun 2021 naik 82%.
Tahun 2016 saja pengunaan trafik video mencapai 73% dari total trafik internet dunia.

Penguna internet yang menonton tidak hanya melihat video online, tapi mereka membutuhkan kualitas lebih baik. Tentu saja yang habis adalah bandwidth internet.


Pengunaan bandwidth internet dari tahun 2016 dan perkiraan di tahun 2020

Perubahan lain pengunaan TV kabel akan berpindah ke layanan video internet termasuk teknologi video lain
Misalnya layanan Netflix untuk menonton video, atau komunikasi webcam.


Layanan lain dari Faccebook Live akan menambah beban trafik internet, siaran langsung dari Twitter dan layanan video darri Youtube dan Hulu.

Dibawah ini grafik pengunaan trafik video di Internet.
Tahun 2016, Video camera Security dan video live hanya 5%, tahun 2021 meningkat sampai 13%

Pengunaan bandwidth internet dari tahun 2016 dan perkiraan di 
tahun 2020


Laporan Sandvine’s October 2018 Global Internet Phenomena Report.
Bittorrent atau Video Sharing tetap tumbuh, dengan pemakaian bandwidth internet naik 22% dari total konten streaming.
Upstreaming Video Sharing mengkonsumsi bandwidth internet nomor 2 di Amerika. Netflix menduduki rangking 1. Walau Youtube berada di posisi ke 5.
Bahkan di Eropa menduduki rangking 1 konsumsi bandwidth internet terbesar untuk video yaitu Youtube. Disusul Netflix nomor 2, dan nomor 3 adalah Torrent.
Asia nomor 1 adalah koneksi Video Sharing, dususul nomor 2 Facebook, dan nomor 3 Netflix.

Pengunaan bandwidth internet dari tahun 2018 di dominasi Bittorrent

Apa saja yang berubah di tahun 2018 dengan koneksi internet
Web konten hanya naik 20% dengan mengkonsumsi koneksi internet 17% saja.
50% koneksi internet mengunakan enskripsi.
Video mendominasi trafik internet sampai 58% kebutuhan koneksi internet global
Gaming semakin signifikan, khususnya perangkat mobile.
File share tetap bertahan.
Storage backup seperti Box, Drive dan lainnya hanya mengunakan 1,4$.

Beberapa layanan internet dan pengembangan produk di tahun 2016 cukup banyak yang gagal. Bukan produk baru, tapi produk ternama juga gagal dipasaran. Dari nama Nexus, Vine, Blackberry, Firefox OS akhirnya ditinggalkan atau ditutup.

Router di jaringan utama bertugas sebagai alat pembagi peta internet atau disebut border gateway protocol routing tablet. Ketika tabel routing semakin banyak untuk memory router, maka peralatan ini tidak bisa lagi menangani lalulintas internet.

Dimana penguna internet terbesar. Untuk Indonesia ada di pulau Jawa dan Bali. Asia, di dominasi China, Indian, Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, Korea dan Taiwan.



Apa saja yang terjadi dalam setiap menit di internet. Sekitar 204 juta email dikirim setiap menit, dan 47 ribu aplikasi di download. Amazon mendapatkan penjualan $83 ribu permenit. Ada 20 juta foto dan 6 juta halaman di Facebook sedang dibuka disana.

Rata rata koneksi internet broadband di Inggris naik 2 digit. Rata rata kecepatan internet disana meningkat 34% dalam 6 bulan terakhir. Naik dari 9Mbit/s menjadi 12Mbit/s. Sedangkan tahun 2008 baru mencapai 3,6Mbit/s. Lalu siapa provider paling cepat.

Kecepatan internet disana akan naik dan menjadi internet tercepat di Asia pada tahun 2015 mendatang. China Telecom akan meningkatkan koneksi internet 2x lebih cepat sampai 32Mbps akhir tahun ini.


No popular articles found.