Seperti apa struktur komponen baterai Lithium


Technology | 10 July 2012

Susunan baterai Lithium umumnya memiliki 4 wire, dan sebuah sirkuit untuk pelindung baterai. Didalam baterai terdapat satu lapisan luar disebut Foil, bagian tengah ada 3 baik yaitu cathode pemisah lapisan baterai dan anode.

Bagian negatif merangkap sebagai cover baterai. Setiap baterai Lithium umumnya dikemas dengan proteksi sirkuit. Baterai lithium dapat dibuat dalam berbagai bentuk. Dengan model bundar seperti baterai biasa, atau kotak. Pengisian bahan baterai lithium berbeda dibanding baterai konvensional. Lithium mengunakan lempengan / lembaran seperti kertas. Lalu di gulung membentuk baterai.

Inside Lithium-Ion the power source for portable electronics and electric vehicles


Tidak semua baterai lithium dibuat dengan teknik diatas. Tergantung bahan yang dipakai antara anode dan katode, dan jenis serbuk lihitum saat ini dibuat lebih halus dengan teknologi nano, sehingga baterai semakin padat dan lebih kuat menampung power.

Pengembangan baterai Lithium lainnya bisa dilihat pada link dibawah


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/251/1/Battery-Full-Notification-memberi-peringatan-ketika-baterai-penuh
Baterai Lithium, khususnya ukuran 16850 tipe baterai paling umum. 2 model dengan sirkuit proteksi dan tidak. Mengapa baterai lithium dengan proteksi akan mati ketika voltage mencapai 2,5V DC, mengapa baterai bisa terbakar, mengapa baterai tidak boleh dibiarkan sampai kosong. Apa arti lithium IMR, INR, NCR dan ICR

Sebuah satelit milik US Air Force sebagai satelit Defense Meteorological Satellite Program Flight 13 (DMSP-F13) untuk analisa cuaca meledak. ESA yang memiliki beberapa satelit dan berdekatan dengan rute satelit DMSP-F13 mulai khawatir.



Bayangkan saja baterai lithium yang terbakar ketika unit charger mengisi baterai Turnigy Nano-tech. Baterai dengan kekuatan 5000mAh 14.8v. Satu baterai menyambar baterai lain akhirnya ikut terbakar. Bahaya baterai lithium dengan kekuatan besar, seperti apa apinya

Dari SLR Launge menceritakan hasil test dari baterai AA untuk lampu flash. Mengunakan satu model lampu flash dan diuji seberapa cepat  lampu flash dapat menyala dengan satu merek baterai. Hasilnya tidak banyak berbeda

Baterai untuk mobil atau kendaraan listrik akan turun dramatis, setidaknya di tahun 2020. Biaya per kWh hanya 134 euro saja. Data dari Riset Navigant mengatkan tren pasar mobil listrik nantinya hanya berselisih ribuan dollar saja, sementara sekarang masih puluhan ribu.

Baterai lithium memiliki masalah bila bekerja di suhu terlalu dingin atau panas. Baterai akan drop mencapai 30% dari kapasitas aslinya dan baterai akan cepat habis bila dipakai pada suhu ekstrim. Panasonic kembali mengeluarkan baterai NiCa yang tahan dingin.

Baterai Samsung Galaxy S3 meledak lagi. Fanny Schaltter warga Swiss berusia 18 tahun. Dia mendengar suara letupan dan mencium bau aneh. Katanya baterai Samsung Galaxy S3 itu meledak dan terbakar di celananya.



Baterai lithium mampu menampung energi lebih besar dibanding baterai NiMH. Sebagai perbandingan 100Wh/kg NiMH setara 150-250Wh/kg baterai lithium. Baterai lithium kecil, mampu menampung energi lebih besar dan ringan. Bahkan memiliki umur lebih lama dari NiMH.

Baterai Lithium menjadi berbahaya bila mengalami overcharger. Singkatnya atom Lihtium bisa mengkristal menjadi dentrit lalu melepaskan energi sekaligus dan reaksinya seperti melepas panas dan memperkuat reaksi lainnya. Fenomena ini disebut Thermal Runaway di dalam baterai.

TeleGeography, sebuah peneliti dan perusahaan konsulting telekom memberikan gambar sebanyak apa kabel serat optik sekarang. Sampai tahun 2013 sudah ada 244 jalur kabel bawah laut, dan 232 sudah bekerja, 12 jalur dalam perencanaan, dan satu lagi jaringan

Dari Discovery Channel. Baterai Lithium memiliki keunggulan dengan bobot ringan tetapi power besar. Bagaimana bateerai Lithium untuk kendaraan dibuat.




No popular articles found.
< /body>